Home Syariah Usaha Mikro dan UKM Aplikasi Online Yang Dapat Membantu Bisnis UMKM

Aplikasi Online Yang Dapat Membantu Bisnis UMKM

|

|

|

Membangun bisnis, bahkan untuk kelas UMKM sekalipun, Anda perlu mulai mengaturnya dengan manajemen yang baik. Beruntung, kini mendukung kinerja pengusaha UMKM, semakin banyak teknologi yang dikembangkan untuk mengatur usaha dengan manajemen yang lebih modern. Cukup lewat gadget, pemilik usaha dapat mengurus soal pajak, pengiriman barang, hingga mendapatkan dana cepat untuk modal usaha. Empat aplikasi berikut ini akan membantu usaha Anda naik kelas.

1.       Mendaftar Alamat di Google Maps

Google Maps secara de facto telah menjadi rujukan utama orang-orang untuk mencari dan menemukan lokasi atau alamat sebuah tempat. Mendaftarkan alamat usaha di Google Maps adalah sebuah langkah awal paling fundamental yang harus Anda lakukan.

Ketika alamat usaha Anda sudah terdaftar di Google Maps, memungkinkan seorang pelancong dari luar negeri menemukan tempat usaha Anda, dan lalu menjadi pelanggan Anda.

2.       Membuat Akun Media Sosial

Media sosial adalah sebuah wadah yang mampu mempertemukan orang-orang dari seluruh penjuru dunia. Kalau Google Maps mampu mengantarkan orang ke alamat fisik bisnis Anda, maka media sosial bisa berperan sebagai semacam curriculum vitae yang bisa memperkenalkan profil usaha Anda secara global ke seluruh dunia.

Berdasarkan basis penggunanya, Facebook, Instagram dan Twitter adalah media sosial terbesar dan paling strategis untuk menampung profil usaha Anda.

UMKM, Pakai Strategi Pemasaran Ini Agar Bisnis Kamu Banyak Pesanan

3.       Membuat Akun Marketplace

Marketplace adalah gerai atau lapak digital, tempat orang-orang di era Revolusi Industri 4.0 ini berjualan dengan aman dan nyaman. Setelah melihat profil usaha Anda di media sosial, para pembeli potensial bisa memesan dan membeli produk Anda melalui marketplace.

Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada dan Blibli saat ini menjadi marketplace paling populer di Indonesia. Luangkanlah waktu untuk membuat akun di marketplace, dan jual produk Anda.

4.       Memiliki Modal yang Cukup untuk Menjalankan Bisnis

Salah satu kendala bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya adalah soal permodalan. Kabar baiknya, kini semakin banyak financial teknologi atau jasa keuangan berbasis teknologi yang melirik peluang permodalam untuk wirausaha. Salah satunya yang dirintis Amartha.com, yang mengatasai kebutuhan dana cepat dengan sistem peer to peer lending.

Keuntungan melakukan pinjaman di Amartha, selain telah terdaftar di resmi di OJK, Amartha juga menyediakan pendampingan dan pelatihan khusus untuk pelaku UMKM. Baik dari segi peningkatan omzet, keuangan, manajemen, hingga pemasaran produk. Proses ini dilakukan dengan membentuk kelompok yang merupakan orang-orang sekitar yang diberdayakan.

Tertarik untuk melakukan pinjaman di Amartha? Caranya mudah, kamu tinggal menghubungi tim Amartha melalui Live Chat untuk mendapatkan informasi seputar pinjaman. Dengan cepat dan ramah tim Amartha akan memberikan petunjuk detailnya.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...