Home Syariah ☪ Apasih Hikmah dan Keutamaan dari Zakat?

Apasih Hikmah dan Keutamaan dari Zakat?

|

|

|

Amalan zakat merupakan salah satu amalan kebaikan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Zakat sendiri dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan batas kewajibannya. Tentu saja hal ini disesuaikan dengan tingkat kemampuan seseorang yang diwajibkan untuk membayar zakat. Sama halnya dengan amal ibadah lainnya, zakat juga memiliki keutamaan dan juga hikmah yang dapat memberikan banyak manfaat.

Keutamaan zakat sendiri akan kembali kepada orang yang membayar zakat tersebut. Hal ini sudah dijamin oleh Allah SWT kepada orang-orang yang mau berzakat dijalan-Nya. Beberapa keutamaannya adalah seperti menolak keburukan dan mendatangkan kebaikan, melindungi dari panasnya suasana di hari kiamat, bentuk rasa syukur kepada Allah SWT, menghapus dosa, dan lain sebagainya.

Hikmah Dibalik Zakat

Tidak hanya memiliki keutamaan yang membawa banyak manfaat, zakat juga memiliki hikmah yang luar biasa faedahnya bagi kehidupan. Baik itu untuk diri sendiri maupun untuk orang lain yang di sekitar kita. Lantas apa sajakah hikmat dibalik dianjurkannya membayar zakat? Berikut di bawah ini bisa kamu simak beberapa hikmahnya :

Menyucikan harta

Harta yang kamu peroleh setiap harinya mungkin ada kalanya secara tidak sadar kamu dapatkan dengan cara yang tidak benar. Lantas hal tersebut tentunya tidak akan membawa keberkahan jika kamu menggunakan harta tersebut. 

Karena itu lah jika kamu ingin hartamu selalu berkah kamu bisa membersihkannya dengan cara membayar zakat dari hartamu tersebut. Islam selalu memudahkan umatnya dalam berbuat baik. 

Menjaga harta dari orang jahat

Orang yang hidup di sekeliling kita ada beraneka ragam jenisnya. Mulai dari orang-orang yang berperangai baik hingga orang yang mungkin gemar berbuat jahat. Dengan membayar zakat dari harta yang kamu miliki, Allah akan menjamin hartamu akan dilindungi dari keserakahan orang-orang jahat tersebut yang mungkin memiliki niatan hari untuk mengambil hartamu dengan jalan yang tidak benar. 

Membantu mengatasi kesenjangan sosial

Tidak semua orang di dunia ini memiliki jalan hidup yang layak. Masih ada banyak sekali orang-orang yang hidupnya terbatas dengan keadaan ekonomi yang susah. Nah dengan membayar zakat maka hartamu juga akan sangat membantu mereka yang memang membutuhkan. Dengan jalan membayar zakat kamu juga jadi ikut andil dalam mengurangi kesenjangan sosial yang ada di masyarakat. 

Menjadi jalan pengembangan potensi umat

Selain dapat menjadi cara pengurangan kesenjangan sosial masyarakat, dengan membayar zakat kamu juga akan turut andi dalam membantu berkembangnya potensi umat. Bagaimana tidak, harta yang kamu berikan akan disalurkan juga kepada lembaga yang memang membutuhkan. Salah satunya adalah lembaga pengembangan potensi. 

Dengan beberapa hikmah dibalik kebaikan zakat dan keutamaannya tersebut semoga lantas menjadi dorongan motivasi untuk kita semua agar bisa lebih banyak membayar zakat dari sebagian harta yang kita miliki. Semoga dapat bermanfaat. 

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

CEO Letter: Dukungan untuk Sektor Usaha Mikro Indonesia

Kepada Pendana Amartha yang terhormat,Semoga Anda dan keluarga dalam keadaan sehat sepenuhnya. Di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung,...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

7 Amalan Sunnah di bulan Ramadhan yang Bikin Ibadahmu Makin Berkah

Akhirnya bulan yang dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim di berbagi penjuru dunia tiba, Ramadhan yang penuh berkah, hikmah dan ampunan, karena berbagai...