Home Tech ⚙ Apa Sih Beda Software and Data Engineer? Kita Bahas Yuk!

Apa Sih Beda Software and Data Engineer? Kita Bahas Yuk!

Pertanyaan tentang apa beda software and data engineer sering kali muncul terlebih bagi mereka yang sedang mencoba melamar kerja di bidang IT. Mungkin kamu salah satunya. Memang kedua pekerjaan ini serupa tapi sebenarnya tak sama. Jadi, coba cek yuk!

Perbedaan Software and Data Engineer

  • Metodologi

Seorang Data Engineer biasanya menggunakan ETL, yaitu proses ekstraksi data dari berbagai sumber, kemudian mentransfernya menjadi format yang lebih mudah diterima, kemudian mengunggahnya menjadi sistem.

Lain halnya dengan software engineer, mereka menggunakan SDLC atau Software Development Lifecycle sebagai dasar metode mereka.

  • Keahlian yang Dibutuhkan

Jika kamu ingin menjadi seorang Data Engineer, maka kamu harus menguasai pengetahuan cara membangun produk data dan memvisualisasikannya sehingga dapat dibaca. Pengetahuan tentang Domain, Data Mining, Pembelajaran tentang mesin, Algoritma, Big Data, Coding, Statistik, dan masih banyak lagi.

Sedangkan untuk seorang Software Engineer, hal yang musti kamu pahami adalah pemahaman dan analisis tentang kebutuhan pengguna, bahasa pemrograman seperti C, C++, Java dan lain sebagainya. 

  • Sumber Data

Seorang Data Enginerr dapat mengambil data dari mana saja, termasuk media sosial seperti Facebook, Twitter dan sebagainya. Mereka juga bisa mendapatkan data dari Data Transaksi, Aplikasi Bisnis, Data Publik, Data mesin log dan masih banyak lagi.

Berbeda dengan Data Engineer, sumber data seorang Software Engineer lebih dekat kepada obyek langsung, yaitu mengamati kebutuhan pengguna. Jadi mereka lah yang harus menyediakan fitur pemenuhan kebutuhan pelanggan untuk memperoleh data yang diperlukan.

Software Engineer vs Data Engineer. Mana yang Lebih Baik?

Bisa dibilang bahwa, secara umum, Software Engineer utamanya adalah menciptakan produk untuk membuat data, sedangkan Data Engineer lah yang menganalisis data tersebut. Atau bisa juga dikatakan bahwa Software Engineer menghasilkan cara untuk mendapatkan informasi, tetapi para Data Engineer mengubah informasi ini menjadi data jadi yang dapat digunakan untuk bisnis.

Jadi mana yang lebih baik? Jawabannya klasik sih, terserah kamu! Tidak ada yang lebih baik, dua-duanya sama baiknya, namun semua bermuara pada preferensi dan minat pribadi. Begitu pula dengan besarnya gaji, semua tergantung dari pengalaman dan juga perusahaan tempat kamu bekerja.

Kalau kamu suka membuat sesuatu dan membangun algoritma dengan hasil yang tetap, maka rekayasa software tepat buat Kamu. Tetapi kalau kamu suka tantangan dan hal yang tidak terduga,  , jatuh cinta dengan statistik dan tren, serta mempunyai kecerdasan bisnis, maka kamu adalah Data Scientist yang dicari di masa depan.

Bidang ilmu data tumbuh setiap hari, yang berarti bahwa keberadaan Software dan Data Engineer akan selalu dibutuhkan. Dengan lebih banyak data yang dimiliki sebuah perusahaan, maka duet profesi ini akan selalu terbuka posisinya karena perusahaan membutuhkan data guna peningkatan bisnis.

Subscribe to Our Newsletter

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

CEO Letter: Dukungan untuk Sektor Usaha Mikro Indonesia

Kepada Pendana Amartha yang terhormat,Semoga Anda dan keluarga dalam keadaan sehat sepenuhnya. Di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung,...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

7 Amalan Sunnah di bulan Ramadhan yang Bikin Ibadahmu Makin Berkah

Akhirnya bulan yang dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim di berbagi penjuru dunia tiba, Ramadhan yang penuh berkah, hikmah dan ampunan, karena berbagai...