Apa Saja yang Harus Dilakukan untuk Menghemat Gaji Bulanan?

|

|

|

Gaji adalah komponen pendapatan bulanan buat banyak orang, terutama yang bekerja sebagai karyawan. Usai gaji turun, banyak orang biasanya berkeinginan untuk memanjakan dirinya mulai dari membeli barang incaran, makan di restoran, hingga berlibur.

Memang boleh-boleh saja menikmati hasil kerja kerasmu, namun jangan sampai di tengah bulan gaji sudah habis. Gaji yang tidak bersisa sebelum akhir bulan biasanya bukan karena jumlah gaji yang tidak cukup, melainkan manajemen uang yang kurang baik.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghemat gaji bulanan:

1. Menerapkan Gaya Hidup Ramah Lingkungan    

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menghemat gaji bulanan adalah mulai menerapkan gaya hidup ramah lingkungan. Pasalnya, gaya hidup semacam ini akan mengurangi penggunaan energi cukup signifikan.

Sebagai contoh, misalnya kamu bisa memasukkan air ke dalam panci besar atau botol PET, tutupi dengan kantong sampah hitam, dan tinggalkan di balkon. Setelah beberapa jam, air menjadi hangat. Jika kamu mengaturnya di pagi hari, air hangat itu bisa digunakan untuk merebus makanan seperti mie. Dengan begitu, kamu bisa mengurangi pemakaian gas. Selain itu, bisa juga menaruh 2 liter air keran botol PET beku di depan kipas angin agar tidak menggunakan AC semaksimal mungkin.

2. Hanya Membeli Barang yang Dibutuhkan

Cara menghemat gaji bulanan yang selanjutnya adalah membeli barang hanya jika benar-benar diperlukan. Jangan mudah tergoda dengan barang yang kamu temui di jalan. Misalnya, ketika melewati toko jam lalu kepincut model jam tangan keluaran terbaru.

Jangan terburu-buru memutuskan, buatlah keputusan membeli sesuatu setidaknya 48 jam setelahnya. Itu adalah waktu yang cukup untuk mempertimbangkan apakah benar-benar membutuhkan barang tersebut atau tidak. Jika menjalankan strategi ini, kamu bisa menghemat lebih banyak uang untuk ditabung atau membeli barang yang memang benar-benar dibutuhkan.

3. Pangkas Biaya Pengeluaran dari Beberapa Aktivitas

Ada banyak cara sebenarnya dalam menghemat uang gaji bulanan, salah satunya dengan memangkas biaya pengeluaran dari beberapa aktivitas. Kebiasaan ini bisa kamu mulai dari hal kecil, seperti membawa minum sendiri dan memasak makanan sendiri. Memang hal ini hanyalah hal sepele namun dengan kamu sudah membawa air minum sendiri dan memasak makanan sendiri, percayalah uang gaji bulananmu akan lebih hemat.

Tidak hanya itu, jika membeli suatu barang, pastikan kamu tahu kapan waktu yang tepat untuk menunggu diskon. Biasanya, bulan-bulan tertentu, seperti tahun baru dan hari raya besar, memberikan banyak penawaran sale dengan harga cukup miring.

4. Buat Tabungan Berencana  

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk menghemat gaji bulanan adalah membuat tabungan berencana. Agar lebih teratur dan arus keluar-masuk uang lebih jelas, kamu bisa mempertimbangkan untuk membuat tabungan berencana. Tabungan berencana ini memiliki sistem yang cukup ketat. Usahakan untuk memisahkan rekening tabungan dan rekening harian.

Perlu dipahami, melakukan penghematan gaji bulanan ini haruslah dilakukan secara konsisten. Adapun, setiap orang yang sudah melakukan beberapa cara penghematan semacam ini pasti akan lebih berhati-hati dalam mempergunakan gaji bulanannya. Ingat juga, jika kamu terus menerus menghabiskan uang tanpa rencana, maka tidak akan bisa melakukan penghematan selamanya.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Moms, Ini Lho Perkiraan Biaya Imunisasi Si Kecil

Buat bayi, imunisasi adalah hal yang sangat penting didapat mengingat daya tahan tubuhnya masih sangatlah lemah. Sebagai informasi, imunisasi merupakan cara meningkatkan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...