Home Amartha Apa Saja Yang Dilakukan Amartha Selama Pandemi Berlangsung?

Apa Saja Yang Dilakukan Amartha Selama Pandemi Berlangsung?

|

|

|

Pandemi Covid-19 telah berlangsung kurang lebih selama enam bulan. Beberapa sektor industri mengalami penurunan akibat diberlakukannya PSBB demi menghambat persebaran virus Corona. Salah satu sektor yang terdampak ialah lembaga keuangan dalam hal ini Amartha.

Para pendana tentunya merasa gelisah akan pendanaannya di Amartha. Muncul banyak pertanyaan seperti mengapa mitra usaha berstatus at risk? Mengapa pembayaran telat? Hingga apakah Amartha melakukan penagihan kepada para mitra usaha?

Menjawab pertanyaan sekaligus kegelisahan para pendana, Amartha menginformasikan bahwa Amartha tetap melakukan penagihan kepada mitra usaha mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. Selama pandemi, penagihan dilakukan melalui tiga metode yaitu sistem titip bayar dari anggota majelis ke ketua majelis, sistem pertemuan kelompok kecil, hingga door to door collection.

Imas, salah satu Business Partner (BP) Amartha Point Majasari, Regional Banten, mengungkapkan bahwa adanya perbedaan melakukan penagihan saat sebelum dan selama pandemi Covid-19. “Tantangan selama ini banyak banget, seperti contohnya kita gak dibolehin masuk ke desa-desa sama kepala desanya.” jelasnya.

Kondisi inilah yang membuat petugas lapangan mengalami kesulitan untuk melakukan penagihan kepada Ibu Mitra. 

Bagaimana kondisi mitra usaha Amartha selama pandemi?

Saat pandemi berlangsung dan diberlakukan PSBB secara ketat membuat sejumlah mitra usaha mengalami kemunduran usaha. Hal ini mengakibatkan kemampuan bayar dari mitra yang mengalami keterlambatan. Beberapa diantaranya juga berdampak kepada psikologis mitra usaha. 

Founder kami, Andi Taufan Garuda Putra, sangat prihatin dan melakukan kunjungan ke Banten dan Jawa Barat di awal September untuk melihat langsung kondisi nyata di area dengan tingkat pengembalian terendah. Dalam kunjungan itu, Mas Taufan secara langsung mengumpulkan fakta untuk menindaklanjuti berbagai pertanyaaan dari Pendana, misal: apakah Mitra tidak mau atau benar-benar tidak bisa bayar. 

Di area yang kami kunjungi, kondisi lapangan terdampak Covid-19 sangat memprihatinkan. Mitra harus mengutamakan pemenuhan kebutuhan pangan bagi keluarga mereka, dan dengan sangat terpaksa tidak menjadikan pengembalian angsuran sebagai prioritas. Mitra-mitra menyesali dan meminta maaf atas keadaan yang dialami saat ini, namun tetap bersemangat untuk memenuhi kewajibannya melakukan pembayaran. Cek liputannya di video berikut ini.

Salah satu upaya untuk mendukung pemulihan terhadap kondisi tersebut, pada Senin (7/9) lalu, Amartha mengadakan pelatihan kewirausahaan kepada 40 mitra usaha di Yogyakarta. Adapun pelatihan tersebut berupa pelatihan pembuatan masker dan juga olahan makanan kreatif seperti nugget, otak-otak ikan, dan tempura.

Dengan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku, pelatihan ini tak hanya fokus pada cara pembuatan saja, melainkan cara menghitung modal sampai pada pemasaran. Diharapkan dengan adanya pelatihan kewirausahaan ini dapat memberikan semangat dan harapan baru kepada para mitra usaha Amartha yang terdampak pandemi Covid-19. 

Apa kebijakan selanjutnya yang ditempuh oleh Amartha?

Selain melakukan penagihan, Amartha juga melakukan upaya-upaya kebijakan sebagai berikut ini untuk menjaga pendanaan dari pada pendana: 

  1. Pengawalan Kualitas Pendanaan Baru
    Peluncuran program pendanaan dengan prioritas memberikan rasa aman melalui perlindungan asuransi kredit dengan rekanan asuransi menjadi 100% dari sebelumnya 75%. (Syarat & Ketentuan berlaku)

    Revisi berkala algoritma Credit Scoring untuk memastikan Amartha tetap bisa menjaga kualitas pendanaan dan pembayaran angsuran bisa dijaga di atas ontime 99%.

    Akselerasi digitalisasi untuk mengurangi dampak Pandemi di kemudian hari.
  2. Peningkatan Recovery Pendanaan Lama 
    Kebijakan Tanpa Penghapusan Kredit Macet (No Write-Off): 
    Mitra yang mendapatkan perpanjangan tenor, tidak akan dikenakan penghapusan kredit macet (write-off). Amartha terus melakukan proses penagihan dan memaksimalkan perpanjangan waktu yang telah diberikan. Anda akan tetap menerima pembayaran pokok dan imbal hasil dari Mitra .

    Dukungan Pelatihan untuk Adaptasi Usaha Baru
    Bagi mitra-mitra terdampak Covid-19, Amartha memberikan pelatihan dan dukungan starter pack untuk memulai kembali usahanya, atau berpindah ke jenis usaha baru. Pelajari mengenai program usaha desa di liputan ini.

    Eksplorasi Kerja Sama untuk Pemulihan Bisnis Mitra Terdampak
    Amartha sedang dalam diskusi aktif dengan beberapa pihak ketiga dengan sumber dana yang dikhususkan untuk pemulihan bisnis mitra terdampak Covid-19. 

Kami harapkan dengan upaya kebijakan yang ditempuh dapat membantu memulihkan kemampuan Mitra untuk melakukan pembayaran serta menjaga pendanaan pendana agar tetap berjalan lancar.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...