Apa Saja Usaha Mikro di Amartha?

|

|

|

Perusahaan yang berdiri sejak 2010 ini fokus memberikan pendanaan kepada pengusaha mikro perempuan di Indonesia. Pada Agustus 2019, sebanyak 220.000 pelaku usaha mikro telah bergabung dengan Amartha. Mereka merupakan pelaku usaha mikro yang bergerak di pelbagai bidang usaha.

Amartha ikut membantu mengurangi kemiskinan di Indonesia. Dalam 2 tahun terakhir, menurut data Amartha Sustainable Accountability Report 2018, jumlah perempuan mitra Amartha yang dibawah garis kemiskinan, berkurang 22 persen.

Tapi, tahukah anda apa saja usaha mikro yang ada di Amartha? Berikut usaha-usaha mikro di Amartha:

Perdagangan

Usaha Perabotan Rumah Tangga milik Ibu Yati

Usaha perdagangan sangat diminati oleh pelaku usaha mikro di Amartha. Dalam SAR 2018, pelaku usaha perdagangan mencapai 69 persen. Dan menduduki posisi teratas dalam usaha terbanyak di Amartha.

Salah satu mitra usaha Amartha yang sukses adalah Ibu Suyanti. Dia merupakan pelaku usaha perabotan rumah tangga. Ibu Yati begitu panggilannya telah ditinggal suami wafat. Sementara anak tunggalnya bekerja di kota. Untuk memenuhi kebutuhannya, Ibu Yati membuka usaha itu sejak enam tahun lalu. Saat ini, dia telah 3 tahun bersama Amartha. Usahanya pun terus berkembang. Tak hanya menjual perabotan, dia juga menjual jajanan anak-anak.

Peternakan

Cerita 10 Perempuan Tangguh Amartha
Ibu Apsiah dengan usaha ikan cupang

Usaha perternakan di Amartha mencapai 5 persen. Dan ini menduduki posisi keempat. Salah satu mitra usaha Amartha yamg sukses adalah Ibu Apsiah. Dia merupakan pelaku usaha ikan cupang di Ciseeng, Bogor. Sejak 2011, dia telah bergabung bersama Amartha. Hingga kini, dia telah memiliki toko ikan di Jakarta. Bahkan, dia juga ingin membuka toko di Bogor. Ibu Apsiah telah sukses memiliki rumah dan mobil untuk keperluan usaha tersebut.

Pertanian

Atih, Petani Pepaya
Atih, Petani Pepaya

Usaha pertanian merupakan usaha yang menduduki peringkat ketiga di Amartha. Usaha ini mencapai 8 persen. Salah satu perempuan tangguh yang sukses membangun usaha pertanian adalah Ibu Junengsih. Dia merupakan pelaku usaha pepaya. Meskipun usaha itu terkadang naik dan turun, tetapi ibu Junengsih tak pernah menyerah. Melalui usaha itu  dia berhasil merenovasi rumah dan membangun MCK.

Industri Rumahan

Ratna, pelaku usaha keset dari Ciseeng, Bogor

Usaha industri rumahan di Amartha mencapai 10 persen di Amartha. Ini menunjukan industri rumahan berada di posisi kedua. Biasanya, industri produk rumahan seperti keripik, keset atau golok. Di Amartha, Ibu Ratna berhasil membangun usaha keset di rumahnya di daerah Ciseeng, Bogor, Jawa Barat. 

Ingin tahu lebih banyak lagi mengenai usaha-usaha mikro di Amartha. Yuk, kunjungi web amartha di amartha.com!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

money plus amartha

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Money Plus will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.