/

Apa Saja Usaha Mikro di Amartha?

Apa Saja Usaha Mikro di Amartha?

Perusahaan yang berdiri sejak 2010 ini fokus memberikan pendanaan kepada pengusaha mikro perempuan di Indonesia. Pada Agustus 2019, sebanyak 220.000 pelaku usaha mikro telah bergabung dengan Amartha. Mereka merupakan pelaku usaha mikro yang bergerak di pelbagai bidang usaha.

Amartha ikut membantu mengurangi kemiskinan di Indonesia. Dalam 2 tahun terakhir, menurut data Amartha Sustainable Accountability Report 2018, jumlah perempuan mitra Amartha yang dibawah garis kemiskinan, berkurang 22 persen.

Tapi, tahukah anda apa saja usaha mikro yang ada di Amartha? Berikut usaha-usaha mikro di Amartha:

Perdagangan

Usaha Perabotan Rumah Tangga milik Ibu Yati

Usaha perdagangan sangat diminati oleh pelaku usaha mikro di Amartha. Dalam SAR 2018, pelaku usaha perdagangan mencapai 69 persen. Dan menduduki posisi teratas dalam usaha terbanyak di Amartha.

Salah satu mitra usaha Amartha yang sukses adalah Ibu Suyanti. Dia merupakan pelaku usaha perabotan rumah tangga. Ibu Yati begitu panggilannya telah ditinggal suami wafat. Sementara anak tunggalnya bekerja di kota. Untuk memenuhi kebutuhannya, Ibu Yati membuka usaha itu sejak enam tahun lalu. Saat ini, dia telah 3 tahun bersama Amartha. Usahanya pun terus berkembang. Tak hanya menjual perabotan, dia juga menjual jajanan anak-anak.

Peternakan

Cerita 10 Perempuan Tangguh Amartha

Ibu Apsiah dengan usaha ikan cupang

Usaha perternakan di Amartha mencapai 5 persen. Dan ini menduduki posisi keempat. Salah satu mitra usaha Amartha yamg sukses adalah Ibu Apsiah. Dia merupakan pelaku usaha ikan cupang di Ciseeng, Bogor. Sejak 2011, dia telah bergabung bersama Amartha. Hingga kini, dia telah memiliki toko ikan di Jakarta. Bahkan, dia juga ingin membuka toko di Bogor. Ibu Apsiah telah sukses memiliki rumah dan mobil untuk keperluan usaha tersebut.

Pertanian

Atih, Petani Pepaya

Atih, Petani Pepaya

Usaha pertanian merupakan usaha yang menduduki peringkat ketiga di Amartha. Usaha ini mencapai 8 persen. Salah satu perempuan tangguh yang sukses membangun usaha pertanian adalah Ibu Junengsih. Dia merupakan pelaku usaha pepaya. Meskipun usaha itu terkadang naik dan turun, tetapi ibu Junengsih tak pernah menyerah. Melalui usaha itu  dia berhasil merenovasi rumah dan membangun MCK.

Industri Rumahan

Ratna, pelaku usaha keset dari Ciseeng, Bogor

Usaha industri rumahan di Amartha mencapai 10 persen di Amartha. Ini menunjukan industri rumahan berada di posisi kedua. Biasanya, industri produk rumahan seperti keripik, keset atau golok. Di Amartha, Ibu Ratna berhasil membangun usaha keset di rumahnya di daerah Ciseeng, Bogor, Jawa Barat. 

Ingin tahu lebih banyak lagi mengenai usaha-usaha mikro di Amartha. Yuk, kunjungi web amartha di amartha.com!

Please follow and like us:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

FACEBOOK
FACEBOOK
GOOGLE
GOOGLE
https://blog.amartha.com/apa-saja-usaha-mikro-di-amartha">
LINKEDIN
%d bloggers like this: