Apa Saja Hubungan Kesehatan Mental dan Kondisi Finansial?

0
280
Ilustrasi mengenai kesehatan mental dan finansial. sumber: www.istockphoto.com
Ilustrasi mengenai kesehatan mental dan finansial. sumber: www.istockphoto.com

Hubungan kesehatan mental dan kondisi finansial sangatlah erat. Kondisi finansial mempengaruhi kesehatan mental seseorang, begitu juga sebaliknya. Memang ada anggapan bahwa tidak semua hal bisa dibeli dengan uang. Atau kebahagiaan tidak semata berurusan dengan materi. Namun faktanya kondisi keuangan mempengaruhi kesejahteraan dan kondisi mental seseorang. 

Di saat kamu berada dalam kondisi ekonomi yang tidak aman, harus berjuang secara finansial, wajar jika rasa takut dan stress muncul. Tekanan finansial ini membuat kamu stress dan akhirnya mempengaruhi kesehatan tubuh, pikiran, dan kehidupan sosial. 

Data dari money and mental health menunjukkan bahwa 46% orang yang memiliki masalah  hutang juga mempunyai permasalahan pada kesehatan mentalnya. 5.500 orang di Inggris yang mengalami gangguan mental menyebutkan bahwa kondisi finansial semakin memperburuk kesehatan mental mereka. 

Hubungan Kesehatan Mental dan Kondisi Finansial

Dilansir dari mind.org.uk ada beberapa hal yang membuat kesehatan mental mempengaruhi cara kamu mengelola keuangan. Di antaranya yaitu:

  • Perasaan tertekan akan membuat kamu tidak termotivasi untuk mengelola keuangan. Bahkan sampai merasa tidak perlu atau tidak ada artinya mengatur keuangan
  • Ketika mengeluarkan uang untuk sesuatu kamu merasa senang tetapi sesaat. Akhirnya kamu terus menghabiskan uang secara impulsif untuk merasa lebih baik
  • Saat kesehatan mental mempengaruhi kemampuanmu dalam bekerja, maka hal ini juga berdampak pada penghasilan kamu yang bisa berkurang
  • Kamu menghindar untuk memikirkan masalah keuangan 

Masalah Keuangan Bisa Memperburuk Kesehatan Mental

Selain kesehatan mental mempengaruhi cara mengelola keuangan, kondisi sebaliknya juga bisa terjadi. Di mana masalah keuangan atau kondisi stress finansial bisa memperburuk kesehatan mental. Hal-hal yang mungkin terjadi yaitu:

  • Tekanan keuangan bisa memicu perasaan panik dan cemas berlebihan
  • Khawatir dengan kondisi keuangan bisa menyebabkan kamu mengalami gangguan tidur
  • Masalah keuangan membuatmu tidak mampu membeli barang-barang kebutuhan untuk menjagamu tetap sehat. Mulai dari kebutuhan dasar yang harus terpenuhi sehari-hari seperti makanan dan tempat tinggal. Sampai kebutuhan seperti perawatan dokter, obat, dan, terapi.
  • Masalah finansial juga akan mempengaruhi kehidupan sosial, merasa kesepian atau terisolasi dari  orang lain. Kamu merasa seolah tidak mampu melakukan hal-hal yang diinginkan. 
Baca Juga: Ini Pentingnya Jaga Kesehatan Finansial dan Caranya!

Solusi Menjaga Hubungan Kesehatan Mental dan Finansial 

Tidak peduli seberat apapun situasi yang kamu hadapi saat ini, selalu ada jalan keluarnya. Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, untuk menjaga hubungan kesehatan mental dan kondisi finansial :    

Bicara dengan Orang yang Kamu Percaya

Ketika kamu menghadapi masalah keuangan kamu mungkin cenderung menutup diri dan tidak ingin bercerita ke siapapun. Karena masalah keuangan adalah sesuatu hal yang pribadi dan kamu menganggap tabu untuk membicarakannya secara terbuka. 

Padahal kamu bisa bercerita kepada orang  yang kamu percaya. Ceritakan masalah yang kamu hadapi, agar pikiran jadi lebih ringan. Atau temui profesional yang berpengalaman  dalam bidang personal finance, untuk mendapatkan saran mengelola keuangan.  

Buat Perencanaan Keuangan

Mau tidak mau, suka tidak suka, kamu harus terbiasa membuat perencanaan keuangan pribadi. Susur kemana pengeluaranmu selama ini, apakah uang yang kamu keluarkan setiap bulan seimbang dengan pendapatan. 

Atau malah melebihi penghasilan. Buat budgeting dan tentukan mana saja yang jadi prioritas. Selain itu sisihkan penghasilan untuk tabungan atau investasi agar menghasilkan.

Kelola Stress

Sambil mulai menata perencanaan keuangan agar lebih rapi dan stabil, kamu juga harus mulai kelola stress. Supaya pikiran lebih tenang dan memberikan dampak baik pada kesehatan finansial. Caranya dengan menjaga pola tidur, olahraga rutin, meditasi, makan makanan sehat, berbagi, dan masih banyak cara lain yang mampu mengatasi stress. 

Hubungan kesehatan mental dan kondisi finansial tidak bisa dipisahkan. Satu sama lain saling mempengaruhi. Selama kamu bisa menjaga kesehatan finansial, kesehatan mental kamu juga akan dalam kondisi baik. Begitu juga sebaliknya, kondisi mental yang sehat akan menunjang produktivitas dan membuat kondisi finansialmu semakin baik.

Salah satu cara menjaga kondisi finansial tetap sehat bisa dengan berinvestasi di Amartha. Kamu akan mendapatkan pendapatan pasif mingguan. Kamu bisa mulai berinvestasi dari Rp100.000 dan imbal hasilnya hingga 15% flat per tahun.

Selain memiliki pendapatan pasif mingguan, dengan menjadi lender di Amartha, kamu juga ikut berkontribusi mengembangkan UMKM di 35.000 desa di Indonesia. Yuk, bersama-sama kita hadirkan kesehatan finansial, dengan mendanai di Amartha! 

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here