Apa Makna di Balik Permainan Lomba 17 Agustusan? 

Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia ke-74!

Setiap tahun, dalam rangka merayakan hari kemerdekaan Indonesia, semua orang bersuka cita dengan mengadakan beragam perlombaan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, mulai dari permainan sederhana sampai permainan terbaru.

Namun, tahu enggak sih sejak kapan mulai adanya lomba untuk merayakan hari kemerdekaan ini? Menurut sejarawan dan budayawan JJ Rizal, tradisi lomba yang kerap menghiasi perayaan HUT Kemerdekaan RI muncul pada tahun 1950-an. Kala itu, masyarakat sangat antusias ingin memeriahkan perayaan HUT Kemerdekaan RI yang berhasil diperjuangkan dengan cara yang menyenangkan, salah satunya dengan perlombaan. Sejak saat itu, kegiatan lomba 17 Agustus terus dilaksanakan hingga sekarang.

Permainan yang dilombakan saat merayakan hari kemerdekaan Indonesia rupanya memiliki makna tersendiri lho. Misalnya lomba balap karung dan makan kerupuk yang mengingatkan pada masa pendudukan Jepang di Indonesia. Dengan keadaan ekonomi yang sulit, rakyat Indonesia kala itu menggunakan karung goni sebagai pakaian dan kerupuk sebagai lauk pauk yang kemudian menjadi simbol pangan.

Lomba lainnya yang kerap dijadikan sebagai penutup kegiatan adalah lomba tarik tambang. Aturannya sangat sederhana, pemain terdiri dari 2 tim dan tim yang melewati garis batas saat menarik tambang dinyatakan kalah. Nah, lomba ini mengajarkan mengenai pentingnya kerja sama, gotong royong, kebersamaan, dan persatuan Indonesia. 

Lomba lainnya yang identik dengan kemerdekaan adalah panjat pinang. Awalnya, lomba ini ditujukan sebagai hiburan bagi orang-orang Belanda yang mengadakan pesta. Bagi mereka, melihat masyarakat Indonesia bersusah payah untuk mendapatkan hadiah yang digantung di atas pohon pinang sangat menyenangkan. Berawal dari itu, maka lomba panjat pinang menjadi spesial dan terasa wajib diadakan setiap merayakan kemerdekaan. 

Ada perlombaan apa saja yang diadakan di daerahmu pada tahun ini?

Please follow and like us:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

FACEBOOK
FACEBOOK
GOOGLE
GOOGLE
https://blog.amartha.com/apa-makna-di-balik-permainan-lomba-17-agustusan">
LINKEDIN
%d bloggers like this: