Apa Itu Takjil? Ini 5 Ide Takjil untuk Berbuka

0
475
contoh menu takjil
Kue Nona Manis, contoh menu takjil. Photos by istockphoto

Penjelasan Tentang Apa Itu Takjil dan Jenisnya

Istilah takjil saat ini menjadi kata serapan yang sangat populer di Indonesia. Istilah tersebut bahkan kian populer di bulan puasa atau Ramadhan.

Lalu, apa itu takjil? Nah, di artikel ini kami akan coba membahas istilah tersebut dan apa saja jenis-jenisnya.

Apa Itu Takjil?

Apa itu takjil Ramadhan? Takjil sendiri merupakan istilah serapan yang sudah biasa digunakan di Indonesia. Takjil adalah kata yang berakar pada kata ‘ajla’ yang artinya menyegerakan. Itu artinya, takjil sendiri pada dasarnya bukan kata yang merujuk pada makanan maupun hidangan seperti yang banyak digunakan saat ini.

Saat ini, istilah atau kata tersebut menjadi kata serapan yang merujuk pada sebuah hidangan berbuka puasa. Padahal arti takjil dalam Islam yaitu merujuk pada perintah untuk menyegerakan berbuka puasa jika sudah waktunya.

Contoh takjil yaitu merujuk pada kebiasaan Nabi Muhammad saat menyegerakan berbuka puasa dengan memakan kurma.

5 Ide Bisnis Takjil yang Menguntungkan untuk Buka Puasa

Umumnya menu takjil identik dengan yang manis-manis. Berikut beberapa ide bisnis takjil modal kecil untung besar yang bisa kamu jalankan:

1. Kolak Biji Salak

Selain harganya yang murah, makanan khas nusantara ini juga sangat lezat untuk berbuka puasa. Bahan-bahannya pun tergolong mudah seperti pisang, ubi, gula merah, dan santan saja.

Biji salak yang dimaksud bukan biji yang sesungguhnya. Namun campuran ubi dan pisang yang dibentuk serupa biji salak.

2. Puding Buah

Kesegaran buah-buahan selalu menggoda orang yang sedang puasa. Kamu bisa mengolah buah menjadi menu puding yang lezat dan menggoda. Buah yang kamu gunakan bisa disesuaikan sendiri mulai dari stroberi, mangga, dan lainnya.

Takjil Ramadhan ini menjadi incaran anak-anak hingga orang dewasa. Selain itu cara pembuatannya pun tergolong mudah. Artinya sangat cocok juga untuk pemula yang baru terjun di bisnis kuliner.

3. Aneka Jenis Gorengan

Menu takjil yang manis biasanya dimakan pertama kali saat berbuka puasa. Kemudian biasanya disusul dengan aneka makanan asin, salah satunya seperti gorengan. Karena kebanyakan orang yang berpuasa hanya mengonsumsi sedikit makanan pada saat berbuka lalu kemudian dilanjut sholat Magrib.

Itulah yang menjadi alasan kenapa gorengan juga menjadi salah satu menu takjil yang banyak dilirik. Selain itu, aneka gorengan juga bisa menjadi alternatif menu buka puasa untuk mereka yang tidak suka makanan yang manis-manis.

Baca Juga: Peluang Usaha Menjanjikan Di Bulan Ramadan

4. Olahan Kurma

Kurma menjadi menu takjil Nabi Muhammad SAW. Hal ini sudah kami jelaskan di atas. Selain menjual langsung buah kurma yang sudah matang, kamu juga bisa mengolahnya menjadi makanan atau minuman yang istimewa.

Ada banyak ide olahan kurma yang bisa kamu buat menjadi menu takjil yang lezat. Salah satunya yaitu membuat kue cubit dengan topping kurma di atasnya. Selain itu juga bisa kamu olah menjadi pai susu buah kurma dan aneka olahan menu lainnya.

5. Pisang Ijo  

Menu berbuka puasa ini merupakan makanan khas Makassar. Di tahun-tahun ke belakang, menu ini banyak dicari untuk berbuka. Bahkan tahun ini dan selanjutnya diduga menu pisang ijo tetap menjadi salah satu makanan takjil yang banyak disukai.

Selain rasanya yang lezat, bentuknya pun begitu menggoda. Di sisi lain, bahan-bahan untuk membuatnya pun tergolong mudah sekali ditemukan. Hanya saja menu yang satu ini memerlukan keahlian mengolah makanan yang baik.

Demikian penjelasan tentang apa itu takjil dan beberapa jenisnya. Selain menjalani bisnis kuliner ramadan seperti takjil, kamu juga bisa lho modalin usaha para perempuan CEO UMKM di P2P Lending Amartha. Ada imbal hasil sampai 15% yang bisa kamu dapatkan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here