Apa Itu Skimming ATM dan Begini Cara Menghindarinya

0
99
ilustrasi skimming atm
Ilustrasi skimming atm. Photos by istockphoto

Beberapa waktu belakangan ini, public dihebohkan dengan kasus skimming ATM rekening salah satu nasabah bank terbesar di Indonesia. Ia kehilangan uang hingga ratusan juta, tentu saja kasus ini viral di media sosial. 

Ia mengaku jika tidak pernah melakukan penarikan dengan nilai tersebut. Saat ditelusuri oleh pihak perbankan, ternyata terdapat jejak transaksi dengan nilai tersebut dari rekening korban di Surabaya, sedangkan ia berdomisili di Bandung. 

Kasus seperti ini memang marak terjadi, bahkan meskipun bank sudah memberikan keamanan berlapis, namun jika kita lalai dalam menjaga data perbankan, hal yang tidak diinginkan dapat terjadi. 

Pengertian Skimming

Skimming ATM adalah sebuah tindakan pencurian informasi maupun data pribadi mulai dari nomor rekening, PIN ATM dan yang lainnya dengan cara menyalin informasi yang berada di strip magnetic kartu debit secara illegal. 

Tindakan pencurian ini dilakukan dengan cara melakukan modifikasi di perangkat pembayaran maupun menggunakan alat pembaca kartu. Harus diakui jika pencurian data nasabah yang berada di dalam kartu debit ini sering terjadi ketika transaksi di mesin ATM maupun menggunakan mesin EDC. 

Baca Juga: Kenali Modus Penipuan Yang Sering Terjadi di ATM

Sesudah pelaku memperoleh informasi tersebut, pelaku akan mencuri dana korban tanpa diketahui pemilik biasanya, tujuan pelaku mempunyai data korban ialah membuat kartu tiruan untuk melakukan transaksi. 

Salah satu ciri-ciri rekening kena skimming adalah terdapat transaksi uang mencurigakan. Contohnya saldo tiba-tiba berkurang padahal kamu merasa tidak melakukan sejumlah transaksi.  

Cara Menghindari Skimming

Sebenarnya, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menghindari kejahatan skimming ini. Berikut cara menghindari skimming ATM, antara lain:

1. Menghindari menggunakan ATM di lokasi yang sepi

Bila kamu melakukan transaksi dari ATM, lebih baik lakukan di lokasi yang ramai. Lokasi sepi akan mempermudah aksi orang-orang yang ingin melakukan kejahatan. Jangan mendatangi ATM dengan lokasi yang tidak terawat. Kamu bisa memilih ATM di SPBU, mall, minimarket dan supermarket.

2. Pastikan terdapat CCTV di sekitar ATM

Cara untuk menghindari skimming ATM berikutnya adalah memastikan keberadaan CCTV ATM. Keamanan ruang ATM yang harus diperhatikan adalah terdapat CCTV di dalamnya. Dengan CCTV, sudah pasti seluruh keadaan dapat terekam serta terpantau di kantor bank. Sehingga, adanya CCTV bisa membuat kamu sedikit bernafas lega ketika menggunakan ATM.

3. Cek mesin ATM sebelum menggunakannya

Kamu harus memperhatikan dengan baik kondisi fisik mesin ATM dengan jeli. Ketika terdapat kejanggalan contohnya seperti selotip atau goresan, hindari melakukan transaksi. Kamu juga harus memperhatikan dengan baik bagian keypad ATM. 

Bila terdapat hal yang janggal, lebih baik hubungi customer service serta melaporkannya pada petugas yang berwajib. 

4. Ubah PIN berkala

Melakukan penggantian PIN ATM secara berkala merupakan hal yang penting dilakukan. Penggantian PIN dilakukan agar terhindar dari risiko skimming ATM. Kamu dapat melakukan penggantian PIN ATM maksimal 3 bulan sekali.

Bukan hanya itu, kamu juga harus menggunakan PIN yang unik seperti hindari angka yang berurutan hingga hindari menggunakan tanggal lahir. 

5. Musnahkan bukti transaksi

Pada bukti transaksi terdapat nomor rekening, bukti transaksi tersebut dapat digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Oleh sebab itu sesudah melakukan transaksi, langsung musnahkan bukti transaksi tersebut.

Skimming ATM memang merupakan sebuah tindak kejahatan. Selain melakukan tips di atas, kamu dapat menghindari menyimpan uang dalam jumlah terlalu besar di ATM. Sebagai gantinya, kamu dapat mengalihkannya ke investasi P2P lending

Salah satu investasi P2P lending yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan adalah Amartha. Di sini, kamu bisa memperoleh imbal hasil hingga 15% flat per tahun. Yuk, jangan biarkan uangmu mengendap di ATM begitu saja!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here