Apa Itu Paylater: Definisi, Contoh, dan Cara Pakai

0
122
Ilustrasi penggunaan paylater. sumber: www.pexels.com
Ilustrasi penggunaan paylater. sumber: www.pexels.com

Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Paylater

Tahukah kamu tentang apa itu paylater? Paylater adalah sebuah fitur transaksi secara online yang kian populer beberapa tahun ke belakang. Bahkan, hampir semua sistem pembayaran yang ada saat ini telah menyediakan sistem pembayaran paylater

Hal ini berkaitan dengan meningkatnya kebutuhan hidup yang tidak seiring dengan jumlah pendapatan yang stagnan, bahkan ada yang kian menurun. Fenomena inilah yang membuat banyak orang mulai mencari informasi seputar pembayaran paylater mulai dari definisi hingga cara pakainya. Yuk, disimak!

Definisi Paylater

Secara umum, paylater merupakan sebuah sistem pembayaran secara angsuran tanpa perlu menggunakan kartu kredit. Ada pula yang mengartikan sebagai sistem pembayaran yang memungkinkan kamu untuk melakukan transaksi pembelian dan membayarnya di masa mendatang.

Perusahaan digital atau aplikasi yang bersangkutan lah yang akan membayarkan terlebih dahulu pada saat kamu membeli barang. Nantinya, kamu akan membayar tagihan tersebut sesuai dengan tanggal jatuh tempo di bulan berikutnya, baik secara penuh maupun angsuran. 

Untuk jangka waktu pembayarannya bisa disesuaikan dengan tenor yang dipilih. Sebenarnya, sistem paylater bukanlah hal baru. Itu sebabnya paylater ini lebih dikenal sebagai fitur pembayaran dengan sistem kredit. 

Contoh Sistem Pembayaran Paylater

Banyaknya penawaran dari berbagai platform yang memiliki layanan paylater mungkin membuat kamu bingung dan ragu untuk memilih. Sebab, tidak semua fitur tersebut telah memiliki izin resmi oleh OJK. Jadi, sangat penting untuk menggali informasi terlebih dahulu sebelum mengaktifkan fitur ini. 

Ada beberapa aplikasi yang menyematkan fitur paylater untuk memudahkan pengguna. Beberapa contoh paylater yang bisa ditemukan di berbagai jenis aplikasi tersebut diantaranya adalah sebagai berikut: 

1. Aplikasi E-commerce

Aplikasi pertama yang menawarkan sistem pembayaran paylater adalah E-commerce. Hampir sebagian besar marketplace telah menyematkan fitur ini, baik marketplace dengan background warna oranye, hijau, atau biru. 

2. Pinjaman Online

Contoh aplikasi kedua yang menyediakan layanan pembayaran paylater adalah aplikasi pinjaman online atau pinjol. Jika sudah memiliki gambaran apa itu paylater, sedikit banyak kamu akan memahami bahwa rata-rata pinjol menyediakan layanan paylater. Walau memiliki nama yang berbeda, namun sistem pembayaran yang tersemat di aplikasi pada dasarnya sama saja. 

Baca Juga: Kartu Kredit vs Paylater, Pilih yang Mana Ya?

3. Aplikasi Ojol

Selain E-commerce, aplikasi ojol atau ojek online juga telah mulai menggunakan metode pembayaran paylater. Untuk sistem pembayarannya, ada yang bekerjasama dengan pihak ketiga yang berwarna ungu dan ada pula yang menggunakan sistem pembayaran sendiri. 

4. Aplikasi Pembayaran

Aplikasi terakhir yang menggunakan layanan paylater adalah aplikasi pembayaran yang menamakan diri sebagai dompet digital atau e-wallet. Aplikasi jenis ini memang dibuat secara khusus untuk berbagai transaksi digital (cashless). 

Cara Pakai Paylater

Pada dasarnya, cara menggunakan aplikasi Paylater ini cukup mudah dipahami. Ketika menyetujui menggunakan sistem pembayaran paylater saat bertransaksi, itu artinya di bulan berikutnya akan muncul tagihan yang harus dibayar. 

Ya, paylater sebenarnya adalah sama dengan hutang. Untuk bisa menggunakan sistem pembayaran ini, kamu harus mengaktifkannya terlebih dahulu, yaitu dengan cara: 

  • Mengisi data pribadi seperti foto KTP, nama, alamat email, dan lain sebagainya. 
  • Pihak aplikator paylater akan melakukan proses verifikasi terlebih dahulu. 
  • Jika disetujui, akan muncul notifikasi yang dikirim melalui email.
  • Aplikasi sudah bisa digunakan untuk membayar berbagai transaksi yang kamu lakukan. 

Perlu diingat, paylater juga memiliki limit layaknya kartu kredit. Umumnya, limit tersebut akan semakin meningkat apabila kamu sering menggunakannya untuk berbelanja dan membayar tagihan tepat waktu.  

Itulah informasi seputar paylater yang menarik untuk diulas. Intinya, sistem pembayaran paylater sama dengan berhutang tanpa menggunakan kartu kredit. Sudah paham kan tentang apa itu paylater dan cara pakainya?

Namun, daripada pusing memikirkan membayar hutang alias paylater, lebih baik mulai siapkan dana untuk membeli secara tunai sekaligus menyiapkan keuangan masa depan di Amartha microfinance marketplace.

Dari nominal kecil mulai Rp100.000, kamu bisa mendorong kesejahteraan para perempuan pengusaha mikro di desa. Serta bisa mendapatkan keuntungan bagi hasil hingga 15% flat per tahun untuk setiap mitra yang dimodalin. 

Sedikit-sedikit, lama-lama akan menjadi bukit, jika dilakukan secara berkala, tabungan akan bertambah dan dana masa depan pun sudah aman di tangan.

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here