Home Lifestyle Apa Itu Mental Block? Ini Pengertian dan Cara Mengatasinya

Apa Itu Mental Block? Ini Pengertian dan Cara Mengatasinya

0
2583
Ilustrasi mental block. sumber: www.freepik.com
Ilustrasi mental block. sumber: www.freepik.com

Apakah kamu pernah merasa seperti tiba-tiba tidak dapat berpikir? Hati-hati, ini menjadi pertanda dari mental block. Kondisi ini terjadi ketika secara mendadak kamu merasa tidak dapat memikirkan ide yang diminta. 

Tentu saja kondisi tersebut dapat mengganggu produktivitasmu. Yuk cari tahu pengertian, ciri-ciri serta cara untuk mengatasi masalah ini!

Pengertian Mental Block

Bila kamu pernah mendengar istilah seperti writer’s block, kondisi ini sebenarnya tidak jauh berbeda. Tidak mampunya berkonsentrasi dan mengakibatnya dorongan menjadi gambaran dari kondisi ini. 

Kondisi ini juga dapat diartikan seperti tidak mampunya seseorang melanjutkan serta menyelesaikan alur pemikiran, seperti di dalam Kasus writer’s block. 

Berikut berbagai ciri-ciri mental block, antara lain:

  1. Tidak memiliki gairah dan energy
  2. Mudah tersinggung dan lebih sensitif
  3. Selalu merasa tegang
  4. Emosi meluap-luap serta berlebihan
  5. Merasakan tekanan psikologis.

Sedangkan kondisi ini dapat disebabkan karena berbagai macam hal, contohnya seperti kekurangan vitamin B12, efek samping mengkonsumsi obat, waktu tidur yang kurang. Mental block dalam bisnis juga dapat disebabkan kelelahan mental karena harus membuat keputusan terlalu banyak.

Penyebab yang lainnya seperti kekacauan yang disebabkan karena lingkungan yang kacau atau berantakan sehingga hormone stress meningkat dan menyebabkan kecemasan. 

Menunda tugas penting juga menjadi penyebab dari kondisi ini, sehingga pikiran menjadi stress dan akhirnya mempersulit melanjutkan proyek. 

Baca Juga: Mental yang Harus Dimiliki Pengusaha Perempuan

Cara Mengatasi Mental Block

Untuk menghadapi kondisi ini, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan, antara lain:

1. Menganalisa Mental Block dengan Menulis Bebas

Ketika merasa mandek, kamu dapat mulai menulis mengenai hal apa saja yang berada di pikiran. Teknik ini memiliki nama freewriting. Umumnya, teknik ini digunakan oleh penulis prosa agar dapat bertukar pikiran mengenai poin plot baru serta menghidupkan proses berpikir. 

Teknik ini juga terkenal untuk mengatasi writer’s block. Kamu dapat meluangkan waktu 10 sampai 15 menit kemudian tulis berbagai macam hal yang ada di dalam pikiran, baik yang berkaitan maupun yang tidak berkaitan dengan pekerjaan. 

2. Mulai dengan Langkah Hidup Sederhana dan Pola Hidup Sehat

Salah satu contoh mental block adalah kita merasa kelelahan dan merasa kemajuan pekerjaan yang dicapai hanya sedikit. Jika ini juga terjadi padamu sekarang ini, kamu bisa beristirahat dan kerjakan tugas kecil terlebih dulu. 

Kamu dapat mencuci piring, menyaring email yang belum terbaca atau bahkan mencuci pakaian. Dengan menyelesaikan sejumlah tugas kecil, kamu akan mengembangkan kepercayaan diri untuk mengatasi masalah ini. 

Selain itu, mengambil langkah mundur juga bisa membantumu memperoleh kejelasan serta perspektif yang menyebabkan pemikiranmu menjadi terhambat. 

3. Tata Ulang Pikiran dan Lingkungan Sekitar

Kebersihan meja kerja bisa mempengaruhi kinerja serta suasana hati yang kamu miliki di tempat kerja. Oleh sebab itu, miliki meja yang teratur dan rapi, agar produktivitas dan fokus menjadi semakin bertambah. 

Bila kamu merasa mandek, kamu dapat mengubah pemandangan yang berada di sekitar area kerjamu. Hal ini disebabkan karena pikiran mengaitkan tempat kerja dengan aktivitas dan pikiran. 

Jika terus menerus merasa frustasi dan akhirnya menunda pekerjaan, mungkin hal ini dapat disebabkan karena pikiranmu merasa tidak nyaman dengan area kerja yang kamu miliki sekarang ini. 

Ketika menyelesaikan pekerjaan, kamu dapat berpindah ke kedai kopi atau halaman belakang rumah untuk mengatasi masalah ini. 

Mental block menjadi masalah yang dapat dialami siapa saja. Bila pikiran sedang buntu, kamu juga dapat memikirkan hal lain yang lebih menyenangkan, contohnya seperti merencanakan masa depan khususnya masalah finansial. 

Di microfintech marketplace Amartha kamu bisa membantu UMKM Indonesia dengan melakukan permodalan untuk menyemangati mereka, atau mengirim tulisan ke Money +. Jika kamu berinvestasi di Amartha, maka kamu akan memperoleh imbal hasil hingga 15% flat per tahun, serta voucher pendanaan gratis saat mengirim tulisan ke Money +.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here