Apa Itu Gluten Free? Simak Pengertian dan Manfaatnya

0
99
Ilustrasi makanan gluten free. sumber: www.istockphoto.com
Ilustrasi makanan gluten free. sumber: www.istockphoto.com

Apa itu gluten free? Pertanyaan tersebut kerap dilontarkan oleh orang awam yang belum mengetahui dan memahaminya. Bagaimana dengan kamu? Apakah telah mengetahui pengertian dari gluten free? Atau, mungkin manfaatnya?

Jika belum, maka lebih baik cari tahu tentang informasi satu ini, sebab, gluten free baik makanan atau dietnya sangat bermanfaat untuk kesehatan. Penasaran seputar gluten free? Maka jangan lewatkan pembahasan dalam artikel satu ini! 

Apa Itu Gluten Free?

Berdasarkan KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, gluten adalah protein yang tersedia di dalam tepung maupun sejumlah jenis kacang-kacangan atau biji-bijian alami contohnya gandum, quinoa, dan jagung. 

Gluten free sendiri adalah bebas gluten. Dalam gaya hidup sehat individu yang intoleran terhadap gluten, mereka biasanya menerapkan diet gluten free yaitu mengonsumsi makanan gluten free atau membatasi kandungan gluten.

Memang, mereka yang intoleran akan selalu membutuhkan makanan bebas gluten. Jika tidak, maka tubuh akan memberikan reaksi negatif. Contohnya yakni kembung, sembelit, kram perut, diare, sampai anemia. Sehingga memunculkan penyakit celiac. 

Penelitian lebih lanjut pun menyatakan bahwa terdapat pula bentuk lain dari intoleransi gluten, yakni gluten non-celiac. Intinya sama, namun tanpa disertai gangguan pada usus. Nah, apakah kamu adalah individu yang intoleran terhadap gluten?

Manfaat Gluten Free

Meskipun makanan atau diet bebas gluten umumnya untuk individu yang intoleran terhadap kandungan tersebut, namun mereka yang baik-baik saja sebenarnya tetap bisa mengonsumsi atau menerapkannya. Sebab terdapat manfaat positif gluten free yang diperoleh tubuh sebagai berikut. 

  • Menstabilkan Berat Badan Ideal

Lazimnya, individu yang intoleran terhadap gluten bisa sering mengalami perubahan berat badan. Ini dikarenakan mereka mengalami defisit nutrisi ketika menderita diare. Melalui konsumsi makanan yang bebas dari gluten, maka berat badan dapat menjadi ideal.

  • Memberi Tenaga

Tingginya konsumsi gluten dapat menyebabkan risiko kerusakan usus serta memicu gangguan pada sistem penyerapan nutrisi zat besi. Tentu saja dengan kurangnya zat besi, maka seseorang bisa mengalami anemia sehingga mudah lelah serta lemah. 

Mengetahui hal tersebut, menjalankan diet gluten free adalah solusi atas permasalahan tersebut, karena usus bisa terbantu untuk sembuh serta nutrisi pun bisa diserap tubuh secara optimal. 

Baca Juga: Mengenal Sorgum, Tanaman Pengganti Gandum asal Afrika
  • Meminimalisir Nyeri Sendi

Biasanya, penyakit celiac bisa memberikan reaksi kekebalan abnormal. Ini terjadi disebabkan kenaikan risiko peradangan. Dengan demikian, penderita bisa berisiko merasakan kenyerian pada sendi. 

Mengetahui apa itu gluten free serta mengenali apa saja makanan yang termasuk dalam daftar bebas gluten adalah suatu hal yang wajib kamu pelajari jika ingin mengatasi nyeri sendi. 

  • Meringankan Masalah Pencernaan

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa makanan mengandung gluten dapat memicu masalah pencernaan contohnya perut kembung, sembelit, kram perut, atau diare.  Nah, apakah kamu tengah mengalami hal ini?

Jika iya, maka bisa jadi hal tersebut dikarenakan tubuh memberikan respon negatif saat masuknya makanan yang mengandung gluten. Jadi, sebaiknya tidak meremehkan apa itu gluten free karena bisa bermanfaat untuk meringankan masalah pada pencernaan. 

  • Mengurangi Sakit Kepala

Tubuh manusia adalah satu kesatuan. Ini berarti apabila terdapat gangguan pada bagian tertentu, maka bisa menyebabkan sakit kepala. Demikian juga dengan individu yang menderita penyakit celiac.

Jika usus mereka menjadi terganggu akibat konsumsi makanan mengandung gluten, tentunya kepala pun bisa merasa sakit. Hal ini dikarenakan otak dan usus saling terhubung. Makanan bebas gluten adalah solusi yang bermanfaat untuk mengatasinya. 

Nah, itulah pembahasan seputar apa itu gluten free dari pengertian hingga manfaatnya. Ternyata, hal satu ini sangat bermanfaat dan tentunya sayang untuk dilewatkan. Setelah mengetahui hal ini, apakah kamu tertarik untuk menjalani diet gluten free?

Selain diet gluten free, yuk diet jajan berlebihan juga dan gunakan dana yang kamu miliki dengan berinvestasi di Amartha. Amartha adalah microfinance marketplace yang membantu para pengusaha mikro di Indonesia untuk mendapatkan akses permodalan untuk menjadi lebih sukses!

Mulai investasi atau pendanaan mulai dari Rp 100.000 aja, kamu sudah bisa mendapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahun. Setiap pendana dapat memonitor portofolio mitra secara mingguan di aplikasi Amartha. Amartha juga sudah resmi terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak tahun 2019.

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here