Home Finance Apa Itu Frugal Living dan Manfaat Menerapkannya di Masa Pandemi

Apa Itu Frugal Living dan Manfaat Menerapkannya di Masa Pandemi

|

|

|

Di masa pandemi Covid-19 ini, semakin banyak orang yang mulai mengubah gaya hidupnya. Karena pandemi, banyak orang yang kehilangan pekerjaan atau mendapat penghasilan kurang dari biasanya sehingga membuat mereka harus mengubah gaya hidup.

Salah satu gaya hidup yang semakin populer dan jadi pilihan banyak orang di masa pandemi Covid-19 adalah Frugal Living. Sesuai namanya, gaya hidup ini akan mengajak kamu untuk lebih berhemat dalam hidup.

Lantas, apa sih sebenarnya Frugal Living tersebut?

Banyak orang yang sering mengartikan Frugal Living dengan gaya hidup minimalis. Meski begitu, hal ini tidaklah sama. Pada dasarnya, Frugal Living merupakan gaya hidup berdasarkan kecermatan dalam memutuskan pengeluaran sehari-harimu. Gaya hidup Frugal Living membantu kamu menahan diri, lebih disiplin soal keuangan dan tidak menumpuk barang sia sia di rumah.

Nah, jika, kamu ingin menerapkan gaya hidup Frugal Living, ada banyak manfaat yang bisa diperoleh. Berikut beberapa manfaatnya!

1. Melatih Kedisiplinan Diri

Dengan menerapkan gaya hidup Frugal Living, artinya kamu sudah siap untuk melakukan pengelolaan uang yang ketat. Karena itu, tidak ada cara lain untuk mewujudkannya kecuali dengan disiplin. Kamu juga akan belajar pengendalian diri untuk tidak menggunakan uang sembarangan. Uang yang kamu belanjakan akan diterapkan sesuai dengan anggaran serta kebutuhan.

2. Lebih Hemat

Gaya hidup Frugal Living dapat membuat kamu semakin berhemat dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Sebab, kamu pasti akan lebih mempertimbangkan kualitas dan nilai suatu barang sebelum membelinya. Kamu juga akan lebih cerdas memanfaatkan promo dan penawaran yang ada untuk memenuhi kebutuhanmu. Pengeluaran pun menjadi lebih terencana dan sesuai dengan keperluan.

3. Meraih Tujuan Keuangan yang Kamu Rencanakan

Semakin banyak penghematan yang dapat kamu lakukan, semakin banyak uang bisa dialokasikan untuk investasi, bisnis, dana darurat, atau keperluan masa depan lainnya. Jika dana bisnis atau investasi bertambah, kamu bisa berharap mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Keuntungan yang besar akan membuat tujuan keuanganmu tercapai lebih cepat.

Menjalani gaya hidup frugal akan mengijinkan kamu untuk mengapresiasi hal kecil di dalam hidup. Kamu bisa lebih cepat mencapai tujuan keuanganmu karena berhasil menghemat pengeluaran dan mengalokasikan penghematan tersebut ke dalam produk investasi yang melayani tujuanmu.

Salah satu instrumen investasi masa kini yang patut kamu coba adalah dengan bergabung menjadi pendana di Amartha. Pasalnya, dengan menjadi pendana bagi para perempuan pengusaha mikro mitra Amartha, kamu berarti telah berpartisipasi menciptakan dampak sosial yang nyata berupa kesejahteraan merata loh.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan keuntungan hingga 15% per tahun dan cash flow mingguan. Apalagi, pembayaran angsurannya juga bisa bisa diambil kapan saja lho!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...