Mengenali Konsep Gaya Hidup Frugal dan Manfaatnya

0
483
Gaya Hidup Frugal
Gaya Hidup Frugal

Gaya hidup frugal menjadi salah satu gaya hidup yang banyak diterapkan oleh masyarakat, terutama milenial. Mengenali konsep gaya hidup frugal memiliki banyak manfaatnya, terutama soal keuangan.

Di masa pandemi Covid-19 ini, semakin banyak orang yang mulai mengubah gaya hidupnya. Karena pandemi, banyak orang yang kehilangan pekerjaan atau mendapat penghasilan kurang dari biasanya sehingga membuat mereka harus mengubah gaya hidup.

Gaya hidup frugal adalah salah satu pilihan terbaik, tidak hanya di masa pandemi saja, tetapi juga di masa normal nantinya.

Lantas, apa dan bagaimana gaya hidup frugal itu?

Mengenali Konsep Gaya Hidup Frugal

Gaya hidup frugal sering diartikan sebagai gaya hidup yang pelit. Padahal, hal tersebut tidaklah benar. Makna dari oelit adalah enggan untuk mengeluarkan uang guna memenuhi suatu kebutuhan.

Pada dasarnya, gaya hidup Frugal merupakan gaya hidup berdasarkan kecermatan dan hemat dalam memutuskan suatu pengeluaran.

Secara sederhana, konsep gaya hidup frugal mengajarkan kita untuk mengetahui kebutuhan dan kemampuan kita dalam membelanjakan uang.

Baca Juga: Cara Berhemat Yang Perlu Kamu Lakukan Saat Memulai Hidup Sendiri

Manfaat Menerapkan Gaya Hidup Frugal

Nah, jika, kamu ingin menerapkan gaya hidup Frugal, ada banyak manfaat yang bisa diperoleh. Berikut beberapa manfaatnya!

1. Melatih Kedisiplinan Diri

Dengan menerapkan gaya hidup Frugal, artinya kamu sudah siap untuk melakukan pengelolaan uang yang ketat. Karena itu, tidak ada cara lain untuk mewujudkannya kecuali dengan disiplin.

Kamu juga akan belajar pengendalian diri untuk tidak menggunakan uang sembarangan. Uang yang kamu belanjakan akan diterapkan sesuai dengan anggaran serta kebutuhan.

2. Lebih Hemat

Gaya hidup Frugal dapat membuat kamu semakin berhemat dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Sebab, kamu pasti akan lebih mempertimbangkan kualitas dan nilai suatu barang sebelum membelinya.

Kamu juga akan lebih cerdas memanfaatkan promo dan penawaran yang ada untuk memenuhi kebutuhanmu. Pengeluaran pun menjadi lebih terencana dan sesuai dengan keperluan.

Baca Juga: Mengenal Time Value of Money Yang Jarang Diketahui Banyak Orang

3. Meraih Tujuan Keuangan yang Kamu Rencanakan

Semakin banyak penghematan yang dapat kamu lakukan, semakin banyak uang bisa dialokasikan untuk investasi, bisnis, dana darurat, atau keperluan masa depan lainnya.

Jika dana bisnis atau investasi bertambah, kamu bisa berharap mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Keuntungan yang besar akan membuat tujuan keuanganmu tercapai lebih cepat.

Menjalani gaya hidup frugal akan mengijinkan kamu untuk mengapresiasi hal kecil di dalam hidup. Kamu bisa lebih cepat mencapai tujuan keuangan karena berhasil menghemat pengeluaran dan mengalokasikannya ke produk investasi yang melayani tujuanmu.

Salah satu instrumen investasi masa kini yang patut kamu coba adalah dengan bergabung menjadi pendana di Amartha.

Dengan menjadi pendana bagi para perempuan pengusaha mikro mitra Amartha, kamu berarti telah berpartisipasi menciptakan dampak sosial yang nyata berupa kesejahteraan merata loh.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan bagi hasil hingga 15% flat per tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here