Apa Itu FreeWater, Startup Minuman Gratis Pertama di Dunia

0
382
FreeWater

FreeWater, merupakan startup asal Amerika Serikat yang memiliki model bisnis yang terbilang cukup unik dan menarik. Bagaimana tidak, FreeWater menjadi startup minuman gratis pertama di dunia. 

Pada minuman ini terpasang iklan di bungkus produk dan dibagikan secara gratis kepada konsumen. Dilansir dari situs www.freewater.io/ , FreeWater bergerak sebagai platform periklanan yang inovatif, yang memanfaatkan mata air premium sebagai model media periklanan baru dengan mengutamakan filantropi dan keberlanjutan.  

Sepuluh sen dari setiap minuman disumbangkan sebagai amal untuk membangun sumur bagi orang yang membutuhkan. Kami hanya membutuhkan 10% orang Amerika untuk memilih FreeWater sehingga kami dapat menyelesaikan krisis air global secara permanen, di mana setiap 150 FreeWater menyumbangkan cukup uang untuk menyediakan bagi satu orang sumber air yang aman selama sisa hidup mereka, tulis FreeWater di laman resminya. 

Melansir dari Bigalpha, FreeWater memperoleh keuntungan dari iklan hasil kerjasama dengan klien (B2B). 

Sang klien dapat menaruh kode QR di kemasan fisik FreeWater, sehingga konsumen dapat memindai kode tersebut dan akan mendapatkan:

  • Voucher gratis
  • Survei
  • Informasi pengiklan. 

Bukan hanya model bisnis dan periklanan yang fresh dan berbeda, FreeWater juga menjunjung tinggi kesehatan alam. Hal ini dibuktikan dengan penggunaan kemasan yang ramah lingkungan dan bebas BPA (Bisphenol-A) dalam produk yang dipasarkannya.

Selain itu, FreeWater juga berkeinginan untuk menjadi wahana periklanan yang positif dan tidak mengganggu para penggunanya. FreeWater ingin membuat orang merasa bahagia dengan menghemat uang, merawat lingkungan, dan terlibat dalam menyelamatkan nyawa manusia. 

Operasi Bisnis FreeWater

Pendiri dan CEO FreeWater, Joss Cliffords mendirikan startup ini setelah menjadi relawan yang membantu pengungsi dalam kelangkaan atau mengakses air bersih. Menurut FreeWater, sekitar 800 juta orang hidup tanpa sumber air minum yang aman, dan 3,6 miliar lainnya berada di kawasan yang sulit air bersih. 

Operasional FreeWater berbasis pada empat hal utama, yaitu hemat uang, air yang premium, ramah lingkungan, dan menyelamatkan nyawa dengan program amalnya. 

Perusahaan FreeWater juga menjalin kerja sama dengan organisasi non-profit atau komunitas dengan potensi margin keuntungan yang didapat, dan membantu mereka yang membutuhkan.

FreeWater menyisihkan sebagian keuntungan dari setiap minuman yang dibagikan untuk menyumbangkannya dan membangun sumur air.

Sebagai informasi, hingga saat ini, setidaknya ada 800 juta orang tidak memiliki akses ke air minum yang aman. Sementara, sekitar setengah populasi global (3,6 miliar jiwa) tinggal di daerah yang menderita kelangkaan air setidaknya selama satu bulan dalam di setiap tahun.

Tahukah kamu? Di Amartha ada banyak perempuan CEO UMKM yang juga punya semangat yang sama dengan founder FreeWater dalam mensejahterakan banyak orang. Kamu bisa lho modalin usaha mereka dan mendapatkan bagi hasil sampai 15% flat per tahun. Kamu pun ikut serta dalam membantu para wirausaha kecil lainnya yang tengah berjuang untuk mengembangkan bisnis, sekaligus memberikan dampak positif dengan berinvestasi. Jadi, yuk segera bergabung.di Amartha.

Download aplikasi Amartha di Android

Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here