Home Finance Apa Itu Financial Minimalism?

Apa Itu Financial Minimalism?

|

|

|

Di masa pandemi Covid-19 ini, financial minimalism menjadi hal yang penting untuk dilakukan bagi semua orang. Pasalnya, financial minimalism adalah filosofi yang dapat membantu kamu dalam menemukan kebebasan finansial.

Pada dasarnya, financial minimalism adalah sebuah filosofi yang tak sekadar bertujuan untuk menata kondisi finansial pribadi. Lebih dari itu, konsep hidup ini juga diciptakan untuk membantu setiap orang melepaskan diri dari stres dan rasa takut akibat hal-hal yang bersifat duniawi.

Sama seperti kebebasan finansial, konsep ini dapat membantu kamu untuk terbebas dari rasa takut, masalah keuangan, stres, rasa bersalah, ataupun kecemasan atas tindakan berlebihan yang dilakukan oleh diri sendiri. Pada akhirnya, ini berarti kebebasan untuk memilih, karena ketika pengelolaan keuangan menjadi lebih sederhana, kamu pun punya banyak ruang untuk melakukan hal lainnya dalam hidup.

Cara Mengatur Keuangan di Tengah Serangan Corona

Nah, agar dapat menjalankan konsep financial minimalism, ada baiknya kamu melakukan beberapa hal berikut:

  • Mulailah dengan langkah yang konkret. Pada dasarnya untuk memperbaiki kondisi finansial haruslah dimulai dengan langkah nyata, seperti mengurangi pengeluaran sampai 30 persen ataupun menyisihkan pendapatan untuk ditabung setiap bulan.
  • Ambil keputusan finansial dengan cermat dan hati-hati. Ini berarti kamu tidak boleh menghabiskan uang sesuai keinginan, agar finansial tetap aman. Kamu perlu memastikan bahwa semua kebutuhanmu telah terpenuhi sebelum menggunakan uang untuk membeli barang-barang yang diinginkan.
  • Berkomitmen untuk menjalankan filosofi tersebut. Tidak dapat dipungkiri bahwa konsep financial minimalism akan membuat kamu lebih hemat dan hidup sederhana. Meski begitu, hal itu tentu akan membuatmu jenuh karena tidak bisa membeli barang-barang yang kamu inginkan. Karena itu, komitmen sangat dibutuhkan agar tidak lalai karena godaan sesaat.
  • Menyeimbangkan kehidupan. Terus menerus membandingkan hidupmu dengan orang lain itu tidak baik dan menciptakan tekanan sosial yang tidak sehat. Financial minimalism berarti mempunyai gaya hidup seimbang, mengetahui di mana kamu berada dan apa yang tepat untukmu.
  • Menemukan kebahagiaan untuk diri sendiri. Pada dasarnya, kebahagiaan tidak hanya bersumber dari harta semata. Jadi, kamu tak perlu membandingkan pencapaian diri sendiri dan orang lain. Temukanlah kebahagiaan yang sederhana tanpa memprioritaskan materi.

Perlu kamu tahu, menjadi minimalis bukan berarti hidup sengsara. Semua hal itu membutuhkan proses, termasuk saat kamu ingin menerapkan financial minimalism. Efek dari menjalani financial minimalism pun bisa dirasakan pada keuanganmu nantinya. Pengelolaan uang menjadi lebih baik dan bisa menabung atau berinvestasi lebih banyak.

Salah satu instrumen investasi masa kini yang patut kamu coba adalah dengan bergabung menjadi pendana di Amartha. Pasalnya, dengan menjadi pendana bagi para perempuan pengusaha mikro mitra Amartha, kamu berarti telah berpartisipasi menciptakan dampak sosial yang nyata berupa kesejahteraan merata loh. 

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan keuntungan hingga 15% per tahun dan cash flow mingguan. Apalagi, pembayaran angsurannya juga bisa bisa diambil kapan saja.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...