Apa Itu Chat GPT? Simak Pengertian & Cara Menggunakannya

0
51333
Ilustrasi penggunaan chat gpt. sumber: www.pexels.com
Ilustrasi penggunaan chat gpt. sumber: www.pexels.com

Chat GPT yang dikembangkan oleh OpenAI, perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, telah menjadi fokus banyak pecinta teknologi. Bagaimana tidak, platform ini menghadirkan kemampuan kecerdasan buatan yang digadang-gadang dapat mengalahkan Google Search. 

Diluncurkan pada November 2022 lalu, platform ini telah memantapkan posisinya di berbagai perusahaan industri teknologi dan internet. Lantas, apa yang dimaksud dari dan keunggulan chat GPT? Bagaimana cara menggunakannya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Chat GPT?

Chat GPT adalah robot atau chatbot berbasis Artificial Intelligence (AI). Kecerdasan buatan ini mampu melakukan percakapan dan memberikan jawaban terhadap kebutuhan serta pertanyaan penggunanya. Interaksi percakapan yang terjadi pun dapat terlihat sangat natural.

Kamu seperti tidak sedang berbicara dengan robot! Istilah GPT merujuk pada Generative Pre-Trained Transformer, di mana chatbot akan memberikan jawaban persis manusia di saat pengguna mengirimkan perintah atau pertanyaan. Jawaban yang diberikan berbentuk teks otomatis.

Contohnya, pengguna dapat mengirimkan perintah untuk membuat teks copywriting. Nah, AI akan mengelola pertanyaan dan memberikan jawaban berbentuk teks copywriting dengan gaya bahasa yang diinginkan pengguna. Bahkan, platform ini dapat memberikan struktur bahasa dan teks yang benar sesuai dengan aturan yang ada. 

Selain teks copywriting, teknologi ini mampu membuat hal lain seperti membuat puisi, mendeskripsikan suatu hal atau benda, menjelaskan cara kerja, menulis esai, membuat rencana perjalanan, membuat musik, dan masih banyak lagi.

Terlebih lagi, AI ini mampu memberikan jawaban dari pertanyaan yang tergolong rumit. Jadi, kamu bisa belajar suatu materi dan bertanya kepada AI jika tidak memahami sesuatu. Karena Chat GPT dapat memberikan solusi untuk masalah yang sedang dihadapi.

Inilah keunggulan dari kecerdasan buatan ini, di mana ia mampu mengelola dan memahami dialog manusia, serta memberikan solusi atau jawaban seperti manusia pula. Pengguna bisa menggunakan produk OpenAI ini melalui chat.

Cara kerja chatbot menggunakan algoritma dan konten internet yang telah ada sebelumnya untuk menciptakan hal baru seperti teks, video, kode, gambar, dan lain sebagainya. Platform ini dikembangkan berlandaskan GPT-3.5, yaitu suatu model bahasa alami yang menghasilkan teks dengan ukuran lebih panjang dalam hitungan detik.

Baca Juga: Catat 5 Kunci Bisnis Sukses untuk Pemula

Bagaimana Cara Menggunakan Chat GPT?

Jika kamu penasaran dengan teknologi ini, kamu bisa mengikuti langkah di bawah untuk memakai AI. Platform ini masih merupakan versi Beta dan dapat diakses oleh siapa saja secara gratis!

Berikut langkah registrasi untuk memakai platform:

  • Buka browser kamu mau di PC atau ponsel, lalu kunjungi situs https://chat.openai.com. 
  • Sign Up untuk membuat akun dengan memilih ‘Create an OpenAI account’.
  • Kamu bisa memilih ingin registrasi melalui email, akun Microsoft, atau akun Google.
  • OpenAI akan mengirimkan kode verifikasi melalui WhatsApp.
  • Setelah memasukkan kode, kamu akan langsung dialihkan ke dashboard platform.
  • Masukkan perintah yang diinginkan dalam bahasa Inggris dan AI akan memberikan jawaban kurang dari 5 detik.

Keunggulan Chat GPT dianggap dapat menghilangkan banyak pekerjaan di berbagai industri dengan kecerdasannya untuk menghasilkan berbagai macam teks dalam hitungan detik.

Namun, dibalik itu chat GPT juga memiliki cukup banyak keuntungan yang bisa membantu pekerjaan dan mendapatkan penghasilan tambahan. Tidak familiar dengan chat GPT? Tenang, kamu juga bisa mencari penghasilan tambahan dengan berinvestasi di microfinance marketplace, Amartha.

Sebagai lender, kamu bisa mendapat sumber penghasilan tambahan hanya dengan menyalurkan modal mulai dari Rp100 ribu saja. Terlebih lagi, aksi pemberdayaan perempuan sebagai pelaku bisnis kecil ini memberikan imbal hasil hingga 15% flat per tahunnya. Pasti aman, platform microfinance marketplace Amartha telah berizin dan diawasi oleh OJK. Yuk, sebarkan dampak impact investing dengan dukung bisnis UMKM di Indonesia!

Download aplikasi Amartha di Android

Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here