Apa Itu Business Plan dan Manfaatnya Bagi Bisnis Kamu?

    1
    4751

    Business plan yang matang dan terencana tentunya akan sangat menentukan kesuksesan sebuah bisnis yang dirintis. Pada dasarnya, business plan dapat diartikan sebagai roadmap yang akan mengarahkan ke arah mana bisnis yang kamu rintis akan berjalan.

    Sebuah business plan biasanya punya format berupa dokumen tertulis yang menjelaskan tentang sifat dari sebuah bisnis. Business plan biasanya berisikan strategi penjualan dan pemasaran secara lengkap, rencana modal, dan proyeksi pendapatan maupun pengeluaran selama bisnis dijalankan. Selain itu, terdapat juga tujuan bisnis serta cara untuk mencapainya di dalam sebuah business plan.

    Lantas, apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika merancang sebuah business plan sebelum menjalankan bisnis? Berikut ulasannya!

    1. Rencana Bisnis Jadi Lebih Terarah  

    Dengan memiliki business plan, perencanaan pada bisnis yang kamu rintis pun menjadi lebih terarah.  Sebuah bisnis yang baru dirintis tentu saja akan sulit berkembang jika dijalankan tanpa memiliki sebuah perencanaan yang jelas.

    Perencanaan ini terbagi menjadi beberapa bagian seperti awal mula saat harus memulai bisnis, bagaimana bisnis ini akan berjalan nantinya, serta bagaimana caranya agar bisnis ini tetap bertahan. Tentu hal-hal semacam itu sebaiknya sudah kamu pikirkan terlebih dahulu sebelum merintis sebuah bisnis. Dengan menyusun sebuah business plan, tentunya kamu akan lebih terarah dalam meraih target yang ingin dicapai ketika merintis bisnis.

    2. Meminimalisir Risiko Kegagalan

    Menyiapkan sebuah business plan artinya kamu sedang mencoba merintis bisnis secara serius dan profesional. Pasalnya, saat menyiapkan business plan, kamu akan memprediksi masalah yang bakal kamu hadapi serta merencanakan jalan keluar atas setiap masalah yang ada. Hal-hal semacam ini pastinya akan membantu untuk meminimalisir risiko kegagalan dari bisnis yang kamu rintis.

    3. Membuat Proyeksi Masa Depan dari Bisnis yang Kamu Rintis

    Ketika menyiapkan business plan, secara tidak langsung kamu sedang membuat proyeksi perkembangan bisnis yang kamu rintis di masa depan. Layaknya sebuah penelitian, proyeksi yang logis tentunya akan dihasilkan dari data dan riset faktual. Sebelum membuatnya, kamu harus membuat riset, mulai dari riset pasar, riset produk, riset harga sampai riset untuk pesaing.

    5 Kesalahan Bisnis Yang Sering Dilakukan UMKM

    4. Meningkatkan Level Bisnis

    Manfaat terakhir dari business plan yang terakhir adalah memberikan peluang bagi bisnis milikmu untuk naik ke level yang lebih tinggi. Business plan yang disusun dengan matang dan terencana akan membawa gairah pengusaha untuk menjalankan roda bisnisnya.

    Saat kamu sudah semakin semangat dalam menggerakkan bisnis, otomatis peluangnya untuk bisa tumbuh dan berkembang akan semakin besar. Selain merintis bisnis, kamu juga bisa loh berinvestasi sekaligus membantu bisnis rintisan UMKM dengan bergabung menjadi pendana di Amartha.

    Dengan menjadi pendana bagi para perempuan pengusaha mikro mitra Amartha, kamu juga akan mendapatkan keuntungan hingga 15% per tahun dan cash flow mingguan. Selain itu, pembayaran angsurannya bisa diambil kapan saja.

    1 COMMENT

    1. betul dalam mebuat bisnis kita perlu business plan agar bisnis kita jadi lebih terarah. terima kasih ya kak artikelnya membuat saya ingin mempelajari bisnis plan lebih mendalam.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here