Apa itu Blockchain? Teknologi Ajaib di Balik Kehebatan Bitcoin

0
730
Blockchain
Ilustrasi blockchain

Blockchain sebenarnya merupakan sebuah kekuatan yang menjadi dasar terciptanya bitcoin. Dari pernyataan tersebut dapat diketahui bahwa di antara bitcoin dengan blockchain terdapat sebuah hubungan. Penjelasan di bawah ini akan memberikan Anda pemahaman terkait hal tersebut.

Pengertian Blockchain

Blockchain merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk menyimpan transaksi yang bersifat digital dengan melakukan pencatatan pada seluruh transaksi dengan permanen, di mana penyimpanan tersebut terletak di dalam database publik atau yang dikenal dengan istilah ledger. Dengan demikian, dapat diketahui bahwa data yang tersimpan adalah data yang valid.

Berbeda dengan sistem yang bersifat tradisional yang rawan terhadap serangan yang dilakukan oleh peretas, di sistem ini akan terhindar dari serangan tersebut.

Sebab, data yang disimpan dalam sistem tidak terpusat hanya pada satu jenis otoritas. Tidak seperti pada sistem tradisional yang hanya terpusat pada satu jenis otoritas.

Baca Juga: Mengenal Bitcoin, Mata Uang Virtual yang Populer di Dunia Saat Ini

Cara Kerja Blockchain

Apabila diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, Blockchain memiliki arti rantai blok. Sehingga dapat disebut sebagai blok atas transaksi yang tersimpan dalam rantai, yang dalam hal ini adalah basis data.

Blok tersebut diciptakan oleh jaringan komputer yang ada di semua wilayah di dunia. Setiap perangkat yang ikut dalam rantai tersebut dikenal dengan istilah konsensus.

Setiap blok menyimpan berbagai macam informasi yang terkait dengan transaksi, yakni waktu terjadinya lengkap dengan jamnya, nominal dalam bentuk dollar, kode transaksi, serta tanda tangan dari peserta yang bersifat digital. Antar satu blok dengan blok yang memiliki kaitan, sehingga menjadi satu kesatuan.

Korelasi Antara Blockchain dan Bitcoin

Penggunaan sistem ini dapat membantu Bitcoin untuk memastikan jika nilai dari transaksi yang dikirimkan dari satu individu ke individu yang lain tidak mengalami perubahan.

Di samping itu, biaya yang diperlukan untuk melakukan transaksi juga menjadi lebih murah jika dibandingkan dengan pemanfaatan layanan keuangan yang ada di era sekarang.

Namun demikian, teknologi yang pertama dalam sistem ini, yang dikenal dengan istilah cryptocurrency akan selalu berusaha melakukan upaya perbaikan serta perkembangan desain.

Hal tersebut dilakukan dengan tujuan supaya dapat menciptakan harga yang cenderung stabil serta dapat mempercepat proses pembuatan blok.

Blockchain tentu sangat membantu Anda yang ingin menyimpan transaksi dengan tingkat keamanan yang tinggi. Sebab, jika data Anda mengalami kebocoran, dapat menyebabkan penyalahgunaan data oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Selanjutnya dapat menimbulkan kerugian yang tak Anda inginkan.

Jika Anda masih merasa asing, Anda bisa memilih alternatif lain seperti investasi P2P Lending di Amartha. Sudah berizin OJK yang memastikan transaksimu aman dan terjaminn. Pelajari soal Amartha di www.amartha.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here