Apa Itu Bisnis Lokal? Ini 5 Bisnis Lokal yang Menjanjikan

0
245
ilustrasi usaha bisnis. sumber: www.pexels.com
ilustrasi usaha bisnis. sumber: www.pexels.com

Memulai sebuah usaha merupakan hal yang menantang karena ada banyak hal yang perlu kamu siapkan. Pertama, kamu harus mengetahui apa itu bisnis lokal. Dan untuk seterusnya kamu harus mencari tahu lebih dalam tentang jenis bisnis yang ingin kamu geluti. 

Dengan memulai bisnis lokalmu sendiri, kamu bisa mendapatkan keuntungan tanpa harus bekerja di kantor. Kamu juga bisa mendapatkan passive income dari bisnismu ini.

Kenali Apa Itu Bisnis Lokal dan Jenisnya

Sebelum melangkah lebih jauh tentang jenis bisnis lokal, kamu terlebih dahulu pengertian dari bisnis lokal. Bisnis lokal adalah suatu badan usaha, tidak harus dalam bentuk perusahaan, yang menawarkan produk ataupun jasa kepada masyarakat sekitar. Ini tidak hanya mengenai kepemilikan bisnis di daerah tertentu, namun juga kantor cabang atau franchise.

Untuk bisa memiliki bisnis yang lancar, kamu harus menemukan ide bisnis yang oke terlebih dahulu. Belum mendapatkan ide untuk bisnismu? Tenang, kamu bisa menyimak contoh bisnis lokal yang bisa kamu jadikan referensi berikut ini.

1. Camilan

Salah satu bisnis lokal yang menjanjikan adalah di bidang makanan. Hal ini disebabkan karena makanan adalah hal pokok yang dibutuhkan oleh semua orang. Karena sekarang makin marak penjualan via online, kamu bisa mencoba memasarkan camilan lokal khas daerahmu di marketplace. 

Ini akan mempermudah pemasaran dan bisa dijangkau oleh semua orang. Kamu juga bisa coba menjual camilan berbentuk keripik atau kerupuk.

2. Frozen Food

Dengan gaya hidup yang serba sibuk saat ini, frozen food menjadi salah satu opsi makanan yang diminati oleh sebagian besar orang. Kamu bisa menyasar ke orang yang mengutamakan kepraktisan karena frozen food bisa disimpan dalam jangka waktu lama di freezer. 

Ketika kamu ingin makan, maka tinggal digoreng atau direbus. Kamu tidak perlu mulai dari awal karena sekarang banyak reseller atau yang menawarkan menjadi mitra.

3. Tanaman Hias

Tidak hanya melulu soal makanan, kamu juga bisa membuat ide bisnis yang berasal dari hobimu, misal koleksi tanaman hias. Bisnis ini bisa menjadi angin segar karena saat ini sedang tren memelihara tanaman hias untuk menghilangkan kejenuhan. 

Untuk bisa mengetahui apa itu bisnis lokal yang berfokus pada tanaman hias, kamu perlu mendalaminya lebih jauh. 

Apalagi, kini untuk masalah pemasaran dan penjualan tidak perlu lagi menggunakan cara konvensional. Coba manfaatkan penggunaan media sosial dimana kamu bisa mempromosikan bisnismu dengan mudah.

Baca Juga: 5 Usaha Sampingan PNS, Untung Besar Tanpa Ganggu Pekerjaan!

4. Katering Sehat

Bisnis ini saat ini mulai populer dan dilirik banyak orang. Ini disebabkan karena orang tidak memiliki waktu untuk memasak makanan yang sehat sendiri. Kamu bisa membuat menu katering yang sehat dan tentunya diminati oleh banyak orang. Ketahui dulu apa itu bisnis lokal katering yang diminati orang sekitarmu.

5. Thrifting

Bisnis menjual pakaian yang sudah dipakai saat ini juga bisa dijadikan opsi. Kamu bisa mulai sendiri atau juga mencari supplier.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi bisnis lokal yang bisa kamu coba. Tentunya kamu harus tahu dulu tentang apa itu bisnis lokal sebelum memulai.

Ingin mendapatkan passive income meskipun tidak melakukan bisnis secara langsung? Kamu bisa berinvestasi di Amartha, sekaligus mendukung UMKM dengan akses permodalan agar bisnis mereka semakin berkembang dan menghadirkan kesejahteraan merata. Makin untung dengan imbal hasil mencapai 15% flat per tahun loh.

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here