Apa Itu Bisnis B2B?

|

|

|

Beberapa waktu belakangan ini, istilah Business to Business (B2B) semakin populer seiring dengan perkembangan model bisnis online atau e-commerce. Lantas, apakah kamu tahu apa sebenarnya itu B2B? Berikut pembahasannya!

Pada dasarnya, B2B adalah salah satu model bisnis suatau perusahaan yang berfokus pada penjualan produk dan layanan untuk perusahaan lain, bukan untuk konsumen individual.

Konsep mudahnya, dalam menjalankan usahanya, perusahaan dengan fokus bisnis B2B berorientasi untuk mendukung perusahaan lain melalui produk dan layanan yang dimilikinya.

Konsep B2B ini sendiri berbeda dengan Business To Consumer (B2C). Pasalnya, dalam B2C perusahaan menjual produk atau jasanya langsung ke pelanggan yang menjadi konsumen.

Kelebihan Model B2B

Terdapat beberapa kelebihan dari model Business to Business (B2B) seperti di bawah ini:

1. Stabilitas

Berbeda dengan model Business To Consumer (B2C), di mana perusahaan dan pelanggan merupakan hubungan perusahaan serta satu pembeli atau penjual ke pembeli maupun penjual berikutnya.

Di sisi lain, B2B (antara pembeli dan penjual) adalah hubungan yang sangat stabil yang berlangsung selama bertahun-tahun.

2. Loyalitas

Sebelum menandatangani kontrak apa pun dalam model B2B, pembeli dan penjual sama-sama merencanakan anggaran, pendapatan, serta tarif mereka.

Ketika kedua belah pihak mencapai kesepakatan, maka mereka mengandalkan satu sama lain dalam hal persediaan dan pembayaran. Pasar pemasok bisnis ke bisnis tidak besar dan terbatas, diisi oleh pihak yang loyal satu sama lain.

3. Lebih Sedikit Biaya

Dalam hubungan konsep Business to Business (B2B), kedua belah pihak menghabiskan banyak waktu untuk merencanakan dan mengerjakan detail.

Oleh karena itu, tidak ada ruang untuk kesalahan dan kesalahan. Akibatnya, semuanya berjalan sesuai rencana tanpa mengeluarkan biaya tambahan.

Yang terpenting, kamu dapat membeli produk atau layanan melalui lelang online dengan harga yang jauh lebih murah. Oleh karena itu, mereka jadi lebih mudah menghitung penjualan karena angkanya berdasarkan fakta.

Mengenal Sharing Economy, Produk Persilangan Internet dan Teknologi

Kekurangan Model B2B

Selain kelebihan, ada juga kekurangan dari menjalankan model Business to Business (B2B), yaitu:

1. Lebih Sedikit Pelanggan

Di pasar B2B, kamu tidak akan menemukan banyak pembeli dan penjual seperti yang terdapat di pasar B2C. Meskipun pasarnya kecil dengan lebih sedikit pembeli dan penjual, tetapi pesanan mereka besar.

2. Memakan Waktu

Karena pesanan bisnis ke klien bisnis besar, dan hubungan mereka bersifat jangka panjang. Tetapi proses menemukan dan membangun dengan klien B2B sangat lama sehingga kamu tidak dapat pergi begitu saja dan membeli produk dan layanan seperti di pasar B2C.

3. Formalitas

Ini juga melibatkan banyak formalitas seperti dokumentasi, data, negosiasi, dan pertemuan. Terkadang, kamu harus melakukan negosiasi dan membuat kesepakatan di bawah tabel untuk menandatangani kontrak.

Well, itulah penjelasan seputar model bisnis B2B serta kelebihan dan kekurangannya. Semoga informasi ini bermanfaat buatmu ya!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Semua Orang Bisa Jadi Sultan. Investasi di Amartha Mulai dari 100 Ribu Rupiah!

Good News From Amartha!  Dalam rangka mempercepat indeks inklusi keuangan di Indonesia sekaligus menjangkau lebih banyak pendana untuk mendorong...

Profil 9 Naga Penguasa Ekonomi Indonesia

Dalam dunia perekonomian Indonesia, pasti kamu pernah mendengar istilah “9 Naga”. Istilah ini sendiri merujuk kepada tokoh-tokoh pengusaha yang kebanyakan keturunan Tionghoa...

Black Card, Bisa Punya Gak Ya?

Belum lama ini, muncul video viral di TikTok tentang charge card paling istimewa di Dunia yang disebut Black Card.