Apa Hukumnya Tidur Saat Puasa? Ini Penjelasannya

0
1117

Boleh tidaknya tidur saat puasa menjadi salah satu pertanyaan yang banyak ditanyakan. Maklum saja, ketika masuk bulan Ramadhan, jam tidur beberapa orang sering terganggu karena harus bangun sahur sekitar pukul 3 hingga 4 pagi menjelang subuh. 

Harus diakui, bila bulan Ramadhan sedikit banyak mengubah gaya hidup masyarakat, khususnya umat muslim. Ketika bulan Ramadhan, pertemuan sosial dengan teman dan kerabat meningkat di malam hari, sehingga seseorang sering mengalami kekurangan waktu tidur saat malam hari.

Akibatnya di siang hari menjadi lebih sering menghabiskan waktu untuk tidur. Lantas, bagaimana hukum tidur saat puasa ramadan?

Hukum Tidur Saat Puasa Dalam Islam

https://downloader.la/temp/%5bDownloader.la%5d-624e72084ec50.jpg
Ilustrasi mengantuk dan ingin tidur seharian saat puasa ramadan. Photos by istockphoto.

Akibat dari tidak tercukupinya waktu tidur saat malam hari, kebanyakan orang akan melanjutkan tidur kembali seperti di siang hari. Ada pula yang menghabiskan waktu luangnya untuk tidur ketika puasa sepanjang hari, kemudian baru bangun saat berbuka puasa. 

Bahkan, karena terdapat anggapan tidur saat puasa adalah ibadah, serta mendapat pahala, banyak orang dengan sengaja tidur hingga berlama-lama. Pada dasarnya, memang terdapat hadist yang menyebut jika tidur merupakan ibadah. 

Hadis tersebut diriwayatkan Al Baihaqi di Syu’abul Iman. Tetapi, dilansir dari salah satu website muslim, hadir yang menjelaskan mengenai tidur ketika puasa merupakan ibadah termasuk hadis dengan derajat yang sangat lemah. 

Bukan hanya itu, waktu yang sangat lama dihabiskan untuk tidur ketika bulan puasa juga bisa memberi dampak negatif bagi yang mengaplikasikannya di kehidupan sehari-hari. Dampaknya, membuat seseorang menjadi lebih malas serta menghabiskan waktu selama puasa hanya untuk tidur.

Baca Juga: Perhatian! Ini 7 Hal yang Membatalkan Puasa

Bahkan, tidak melakukan amalan karena menganggap jika sudah memperoleh pahala dari tidur yang dilakukannya, bahkan sudah terhitung ibadah. Sebenarnya, hukum tidur pagi saat puasa tidak membatalkan puasa, tetapi selalu pastikan bila kamu tetap menjalankan kewajiban yang diperintahkan Allah SWT. 

Jangan sampai karena asyik tidur saat puasa, kewajiban ibadah yang lain menjadi terbengkalai. Padahal, bulan Ramadhan merupakan bulan yang istimewa.

Berbagai Amalan di Bulan Puasa

Bila bingung mengisi waktu saat Ramadhan, berikut beberapa amalan di bulan Ramadhan yang dapat kamu lakukan, seperti:

1. Menjauhi dusta

Telah menjadi rahasia umum jika berbohong selama menjalankan ibadah Ramadhan tidak akan menerima pahala. 

2. Bersedekah

Selain menjauhi dusta, ketika di bulan Ramadhan, kamu juga dapat bersedekah. Bersedekah dapat membawa manfaat serta pahala bagi mereka yang melakukannya. Bahkan, kamu dapat menghabiskan waktumu untuk merancang penyaluran sedekah bersama dengan teman-teman. 

3. Membaca Alquran

Alquran adalah tuntutnan umat Islam yang diturunkan pada bulan Ramadhan, sehingga membaca Alquran ketika bulan Ramadhan menjadi sebuah amalan yang baik bukan hanya di bulan Ramadhan namun juga bulan lainnya.

4. Memberdayakan orang lain

Agar mendapatkan pahala dan berkah puasa ramadan, kamu bisa melakukan amalan baik seperti membedayakan orang lain. Amalan ini tidak hanya akan menguntungkanmu tetapi juga menguntungkan orang yang kamu berdayakan.

Misalnya saja kamu modalin usaha perempuan UMKM di Amartha. Modal tersebut nantinya bisa digunakan oleh mitra untuk berjualan sehingga bisa menjalankan roda ekonominya. Sebagai imbalannya, kamu menerima imbal hasil sampai 15% flat per tahun.

Tunggu apalagi, ayo modalin perempuan UMKM melalui Amartha dan ciptakan sejuta peluang kebaikan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here