Anti Ribet! Ini 5 Cara Buat Portofolio Online

0
41
Sumber Foto: Freepik

Cara Buat Portofolio Online bagi Pemula – Saat ini, membuat portofolio tidak harus mengetiknya pada Microsoft Word. Kini ada cara buat portofolio yang jauh lebih mudah dan optimal. Caranya adalah dengan membuatnya secara online.

Untuk membuatnya pun tergolong mudah. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari aplikasi membuat portofolio online.

Daftar Website untuk Membuat Portofolio Online

Sumber Foto: Freepik

Sebelum kami jelaskan caranya, alangkah baiknya kami coba bahas terlebih dahulu daftar web yang bisa kamu gunakan. Berikut beberapa aplikasi atau web untuk membuatnya.

  • Dribble
  • Behance
  • Clippings.me
  • Coroflot
  • Adobe Portofolio
  • Carbonmade
  • WordPress Portfolio
  • Deviantart

Silahkan kamu pilih salah satunya. Kemudian sign up atau daftarkan langsung ke salah satu platform tersebut. Beberapa di antaranya ada yang berbayar, ada juga yang gratisan.

Bagi yang ingin membuatnya melalui website pribadi, silahkan pilih WordPress Portfolio. Namun kamu harus membuat dan mendaftarkan domain terlebih dahulu.

Cara Buat Portofolio Online yang Menarik

Sumber Foto: Freepik

Pertama-tama, carilah contoh portofolio lamaran kerja yang bagus dan menarik. Setelah itu, silahkan langsung ikuti langkah-langkah pembuatan berikut ini:

1.   Membuat Biodata dan Menceritakan Diri Sendiri

Contoh portofolio yang menarik yaitu dapat menceritakan diri sendiri melalui sebuah biodata. Tujuan dari hal ini yaitu sebagai personal branding kamu.

Untuk membuatnya menjadi lebih menarik, ceritakanlah diri sendiri ke dalam bentuk cerita. Jika kamu tidak bisa membuat tulisan yang bagus dan profesional, buatlah cerita ke dalam sebuah tulisan sederhana saja.

Ceritakan juga pengalaman unik yang berkaitan dengan motivasi yang mendorong kamu dalam dunia karier.

2.   Buat Desain Portofolio yang Menarik

Saat ini cukup banyak tutorial cara membuat portofolio desain yang bisa kamu temukan di internet. Carilah tutorial yang menurut kamu sesuai dengan desain yang diinginkan.

Desain akan membantu portofolio yang kamu buat agar mudah dilirik. Terlebih portofolio ini akan menjadi tempat untuk menyimpan berbagai proyek yang sudah kamu selesaikan atau kerjakan.

Dengan visual portofolio yang bagus, maka contoh proyek yang kamu miliki pun akan tampak menarik.

Baca Juga: 5 Tips CV untuk Fresh Graduate!

3.   Menulis Konten Portofolio yang Baik

Tulisan di dalam portofolio juga sangat penting untuk diperhatikan. Portofolio berkualitas harus memiliki tulisan yang bagus.

Bagus yang kami maksud di sini yaitu bisa menjelaskan informasi terkait diri pribadi dan informasi karier kamu tanpa berbelit-belit.

Konten tulisan ini juga sangat penting sekali bagi kamu yang memilih website pribadi sebagai media portofolio. Konten tulisan akan membantu kamu untuk menemukan banyak klien.

4.   Perhatikan Kualitas Gambar

Carilah gambar-gambar dari proyek yang sudah kamu selesaikan. Silahkan pilih gambar-gambar yang memiliki kualitas bagus. Tujuannya yaitu agar portofolio yang kamu buat menjadi lebih menarik dengan gambar-gambar yang jelas.

Kualitas gambar meliputi berbagai aspek, mulai dari pencahayaan gambar, tingkat kejelasan, dan gambar-gambar yang relevan dengan proyek.

Gambar berkualitas dan desain portofolio yang eye catching akan membantu kamu untuk menarik perhatian klien atau perekrut pekerjaan.

5.   Masukkan Informasi Kontak

Langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah mencantumkan informasi kontak.  Silahkan masukkan alamat email, alamat rumah, dan nomor telepon. Tujuannya agar visitor atau klien bisa berkomunikasi dengan kamu.

Cara buat portofolio online cukup mudah bukan? Yuk, ikuti langkah-langkah di atas untuk membuatnya. Nah, setelah membuat portofolio dan mendapatkan penghasilan, yuk, berinvestasi P2P lending di Amartha! Kamu bisa mendapatkan bagi hasil hingga 15% flat per tahun, lho!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here