Anti Gagal! 5 Tips Menabung untuk Liburan Setelah Pandemi

0
31
tips menabung untuk liburan
Tips menabung untuk liburan. Photos by istockphoto

Setelah 2 tahun lebih masyarakat Indonesia harus “membatasi diri” terkait pandemi, di tahun 2022 ini pemerintah memberi kelonggaran kepada orang-orang yang hendak melakukan perjalanan jauh. 

Apalagi berbagai negara juga sudah mulai membuka kembali izin berkunjung bagi wisatawan asing. Agar tidak ketinggalan menikmati momen liburan terkait dana yang minim, berikut ini lima tips menabung untuk liburan yang bisa kamu terapkan mulai hari ini. 

Tips Menabung untuk Liburan Di Era New Normal

1. Tentukan Tujuan dan Rinci Prediksi Biaya Traveling

Tips yang pertama agar bisa menikmati liburan dengan uang tabungan adalah dengan terlebih dahulu menetapkan destinasi tujuan liburan kali ini. Dengan cara ini, kamu bisa mengestimasikan berapa biaya yang dibutuhkan untuk bisa berlibur di tempat tersebut. 

Kamu bisa menulis secara rinci kota atau negara mana yang ingin dituju serta destinasi wisata yang ingin dikunjungi lengkap dengan perincian biayanya. Kemudian, hitung total biaya yang dibutuhkan mulai dari biaya akomodasi, biaya penginapan, biaya tiket masuk ke tempat wisata, biaya transportasi, dan sebagainya. 

Dengan membuat perincian tersebut, kamu bisa memperkirakan berapa lama yang dibutuhkan agar dana untuk liburan tersebut bisa tercapai. 

2. Sisihkan Dana dari Gaji

Tips yang kedua adalah dengan menyisihkan dana dari gaji yang kamu peroleh. Umumnya, sebagian besar masyarakat akan menabung dari sisa uang gajian mereka. Namun jika kamu ingin sukses dalam menabung, cara menabung yang baik adalah dengan menyisihkan uang untuk ditabung di awal. 

Hal ini diperlukan untuk mengantisipasi uang habis sebelum waktunya. Selain itu, buatlah rencana anggaran mengenai berapa lama waktu yang dibutuhkan agar uang tabungan bisa mencapai target. 

Jika masih berstatus pelajar, kamu bisa menerapkan tips menabung pelajar yaitu dengan cara:

  • Menyisihkan sebagian uang jajan untuk ditabung. 
  • Membawa bekal ke sekolah.
  • Mengurangi kegiatan jajan di kantin.
  • Menggunakan celengan yang unik dan menarik agar semangat menabung. 
Baca Juga: 6 Tips Menabung bagi Karyawan dengan Gaji Kecil

3. Buka Rekening Khusus dan Konsisten Menabung

Tips menabung untuk liburan yang ketiga adalah membuka rekening khusus tabungan traveling yang terpisah dari rekening utama. Ini dimaksudkan untuk menghindari kemungkinan uang tabungan untuk liburan tersebut dipakai untuk keperluan lain apabila dananya jadi satu di rekening utama. 

Apabila rekening sudah dipisahkan, maka menabunglah secara konsisten. Tidak masalah walau jumlah yang ditabung tidak selalu sama setiap hari. Setidaknya, dengan cara ini kamu bisa menabung setiap hari sehingga dana untuk liburan bisa cepat terkumpul. 

4. Kurangi Pengeluaran

Menunggu uang terkumpul agar bisa digunakan untuk pergi berlibur memang memiliki sensasi tersendiri. Agar tips menabung harian yang kamu rencanakan bisa terlaksana dengan aman dan lancar. 

Maka, sebaiknya kurangi pengeluaran yang tidak terlalu penting. Minimal, kamu harus menahan diri hingga dana yang dibutuhkan telah terkumpul. 

Contoh pengurangan pengeluaran yang tidak penting diantaranya adalah, mengurangi kebiasaan mengunjungi cafe dan mall untuk sekadar nongkrong bersama teman-teman, nonton bioskop, atau makan di restoran mahal.  

5. Mencari Penghasilan Tambahan

Tips terakhir yang perlu kamu lakukan agar target uang tabungan cepat tercapai adalah dengan mencari penghasilan tambahan. Selain bekerja, kamu mencari pekerjaan sampingan seperti menjadi affiliate marketing, menjadi reseller, dropshipper, jastip, dan lain sebagainya. 

Atau, bisa juga dengan cara atau membuka usaha kecil-kecilan. Misalnya, berjualan keripik, gorengan, atau camilan lain yang bisa dititipkan ke toko dan warung sekitar rumah. 

Itulah kelima tips menabung untuk liburan yang bisa diterapkan untuk mengumpulkan uang dari gaji dan penghasilan tambahan. Untuk meningkatkan tabungan traveling, kamu bisa ikut mendanai di Amartha

Merupakan P2P lending yang memberikan imbal hasil mencapai 15% flat per tahun. Dengan cara ini, kamu masih punya dana cadangan yang bisa digunakan saat liburan nanti. Tunggu apalagi, daftar sekar ang.  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here