Home Finance Antara Emas Fisik dan Emas Digital, Mana yang Lebih Untung?

Antara Emas Fisik dan Emas Digital, Mana yang Lebih Untung?

|

|

|

Investasi emas dari dulu hingga sekarang tetap menjadi primadona bagi banyak orang. Pasalnya, emas dianggap sebagai produk investasi yang memiliki risiko sangat rendah dan mudah untuk diuangkan kapanpun dibutuhkan. Mengikuti perkembangan zaman yang serba digital hari ini, produk investasi emas pun berkembang dari yang semula hanya berbentuk fisik menjadi digital. Lantas apa perbedaannya?

Perbedaan antara Kepemilikan Emas Fisik vs Emas Digital

1. Dari Segi Permodalan

Ada perbedaan mendasar antara kepemilikan emas secara fisik dan digital ditinjau dari segi permodalannya. Ketika Anda ingin membeli emas batangan fisik, maka nilai terkecil yang bisa dibeli adalah 1 gram atau pada beberapa penerbit emas menjualnya dengan besaran 0,5 gram. Untuk harga emas 1 gram saat ini berada di kisaran Rp900 ribuan sampai Rp1 jutaan.

Bagi sebagian orang, nilai uang tersebut cukup besar sehingga menyebabkan banyak orang menunda membeli emas. Berbeda dengan emas digital yang mana Anda sudah dapat membeli emas dengan besaran mulai dari 0,01 gram sekalipun sehingga lebih terjangkau. Anda bisa menabung sedikit demi sedikit untuk membeli emas digital.

2. Rasa Kepemilikan

Jika dilihat dari rasa kepemilikan, maka tentu saja emas fisik menang. Pasalnya, saat membeli emas fisik maka Anda dapat memegang barang tersebut di tangan Anda. Anda juga bisa menyimpan emas tersebut di tempat yang Anda inginkan. 

Berbeda dengan emas digital yang mana barang berupa emas tidak bisa Anda lihat. Total jumlah emas yang Anda miliki tercatat di dalam rekening akun Anda. Secara umum memang lembaga yang mengeluarkan emas digital sudah terdaftar secara resmi sehingga dapat memberikan rasa aman. Namun tentu saja bagi Anda yang ingin lebih yakin, maka emas fisik tentu menjadi pilihan.

3. Perbedaan Harga Emas

Jika berbicara lebih untung yang mana, maka sesungguhnya antara keduanya sama mendatangkan keuntungan apabila mengikuti harga resmi dari lembaga yang mengeluarkan emas. Hanya saja, pada beberapa tempat yang tidak terdapat lembaga resmi yang mengeluarkan emas harus membeli dari pihak ketiga yang cenderung lebih mahal.

Hal ini berbeda dengan membeli emas digital yang harganya akan mengikuti harga emas resmi penerbit emas. Namun apabila Anda tinggal di daerah yang memiliki cabang lembaga penerbit emas batangan, maka tentu hal ini tidak menjadi masalah.

4. Kecepatan Update Informasi

Berbeda dengan membeli emas di lembaga fisik, perubahan harga emas digital akan langsung terupdate secara langsung di sistem mengikuti harga emas resmi yang berlaku. Sementara untuk emas fisik, pada umumnya harga emas akan berlaku tetap pada waktu seharian penuh dan tidak mengalami perubahan.

Dari segi kepraktisan, tentu membeli emas digital jauh lebih praktis karena Anda bisa bertransaksi dari rumah. Namun untuk segi rasa nyaman dan kepemilikan, tentu emas fisik lebih menang.

Selain investasi emas, ada juga lho investasi yang lebih praktis, menguntungkan, sekaligus memberikan dampak sosial yang nyata bagi UMKM di pedesaan dan juga Indonesia, yaitu Amartha. Di Amartha, Anda bisa mendapatkan keuntungan sampai 15% flat per tahun dan repayment mingguan yang bisa ditarik kapan saja.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...