Home Finance Angel Investor, Bukan Sekedar Berinvestasi

Angel Investor, Bukan Sekedar Berinvestasi

|

|

|

Menjadi Angel Investor dan Tebarkan Manfaat untuk Lingkungan Sekitar
Menjadi Angel Investor dan Tebarkan Manfaat untuk Lingkungan Sekitar

Mendengar istilah Angel investor, mungkin terbayang oleh Anda sosok seorang investor berjubah malaikat. Tapi tahukah Anda definisi sesungguhnya dari Angel investor ini? Apa bedanya dengan investor pada umumnya?

Nah pada kesempatan kali ini, kami mendapat insight yang menarik dari Financial Wisdom – sebuah gerakan untuk mengkampanyekan dan mengedukasi publik untuk membangun kesadaran sekaligus edukasi kepada masyarakat Indonesia mengenai pentingnya literasi keuangan (Financial Literacy), yang salah satunya tentang Angel Investor ini.

Mari kita cari tahu ulasan lengkap yang diberikan oleh Eko P. Pratomo berikut, yang merupakan Praktisi Keuangan & Founder Financial Wisdom tentang apa itu Angel Investor.

Angel investor adalah investor atau penyedia dana, umumnya dalam bentuk penyertaan saham bagi usaha yang baru dimulai, di mana lembaga keuangan formal seperti modal ventura, bank atau lembaga keuangan lain belum atau tidak bisa menyediakan permodalan atau pinjaman uang.

Angel investor biasanya juga memberikan bantuan berupa bimbingan manajemen dan bisnis, selain bantuan modal awal. Mereka berorientasi lebih untuk membantu agar sebuah ide bisnis yang baik, tidak berhenti sebatas ide, namun bisa direalisasikan dan dikembangkan.

Bagi mereka yang ingin memulai usaha, punya ide cemerlang tapi tidak cukup modal, ada baiknya memahami dan mencari Angel investor sebagai mitra memulai usaha atau mengembangkan usaha yang masih di tahap awal (start-up). Dengan adanya fasilitas internet, sangat mudah mencari akses keberadaan Angel investor.

Ajang kompetisi ide bisnis sering menjadi jalan bagi mereka yang ingin memulai usaha dan menemukan Angel investor. Bagi pengusaha pemula, kompetisi bisnis bisa sekaligus menjadi lahan pengujian apakah ide atau bisnis yang sudah dijalankan merupakan ide atau bisnis yang menarik didanai oleh para investor berjubah malaikat ini. Angel investor sering mencari lahan investasi melalui ajang kompetisi ide bisnis.

Mungkin timbul pertanyaan, dengan predikat “malaikat” apakah mereka akan secara suka rela memberikan uangnya tanpa ada motivasi meraih keuntungan dan pengembalian modal yang sudah ditanamkannya? Tidak, walau mereka berorientasi untuk membantu merealisasikan ide bisnis, mereka tetap memiliki motivasi meraih keuntungan dan pengembalian modalnya.

Tentu tak ada yang salah dengan motif itu, karena akan memacu semangat si pengusaha yang dibantu untuk bersungguh-sungguh menjadikan bisnisnya sukses.

Angel investor yang juga disebut investor informal, penyandang dana malaikat, investor swasta, investor benih atau pelaku bisnis ini, gemar menyuntikkan modal untuk pengusaha pemula dengan imbalan ekuitas kepemilikan atau hutang konversi. Beberapa Angel investor membangun jaringan investor malaikat dalam aktivitas pemodalan atau berinvestasi melalui platform investasi  secara online layaknya FinTech, seperti salah satunya di Amartha.

Nah tentu saja para investor kami di Amartha, bisa kita kategorikan sebagai Angel investor ini. Mengapa demikian? Sudah jelas, berinvestasi di Amartha = mendorong pengusaha kecil dan mikro serta masyarakat prasejahtera untuk dapat memulai, dan mengembangkan usahanya menjadi lebih maju. Mereka mitra Amartha yang tidak terjangkau oleh akses perbankan konvensional telah tertolong dengan dorongan dan pembiayaan yang diberikan oleh para Angel investor di Amartha.

Bahkan telah terbukti, hasil penelitian yang dilakukan oleh Amartha pada Desember 2016 lalu kepada 400 sample pelaku usaha informal seperti peternak ikan cupang, penganyam keset, dan pedagang warung kelontong di wilayah Bogor dan Bandung, menyatakan bahwa pengusaha mikro mengalami 41% peningkatan pendapatan bisnis perbulan setelah menerima pinjaman modal kerja mulai 2 juta Rupiah.

Investor Amartha Mengunjungi Pengusaha Tahu, Mitra Andalan Amartha di Desa Ciseeng
Investor Amartha Mengunjungi Pengusaha Ikan Hias, Mitra Andalan Amartha di Desa Ciseeng dalam Kegiatan A Village Tour.

Tentu hal ini merupakan hasil yang sangat baik untuk mengurangi angka kemiskinan di Indonesia.

Bagaimana? Anda pun bisa menjadi bagian dari gerakan baik ini. Menjadi seorang Angel investor yang bukan sekedar berinvestasi saja, namun memberikan dampak positif pada lingkungan dan orang yang membutuhkan.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

3 COMMENTS

  1. Suatu gerakan yg mulia bagi investor ini, Tdk hanya memikirkan keuntungan besar saja.tapi bergeraknya usaha kecil yg berkesinambungan yg menjadi misinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...