Amartha Terpilih Menjadi Pemenang Pada Flourish Prize 2022 for Global Goal #5 : Gender Equality

0
62

Prestasi untuk Kita Semua!

Dari 685 nominasi, Amartha berhasil menjadi pemenang pada Flourish Prize 2022 for Global Goal #5 : Gender Equality.

Flourish Prize yang diselenggarakan oleh AIM2Flourish merupakan penghargaan yang diberikan untuk perusahaan dengan inovasi bisnis yang mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) dari UN Global, salah satu nya adalah memberantas kemiskinan dan turut serta meningkatkan keadilan.

Amartha Dinilai Memiliki Banyak Dampak Positif

Amartha bertujuan untuk merancang dampak langsung dari bisnis permodalan. Hipotesis awal dari Amartha adalah ketika perempuan memiliki modal kerja yang cukup, maka secara langsung meningkatkan pendapatan dan selanjutnya akan meningkatkan kesejahteraan wanita itu sendiri.

Salah satu contoh penelitian Amartha juga adalah jika kesejahteraan meningkat maka metrik kesejahteraan juga akan meningkat (misalnya: pendidikan anak meningkat, rumahnya lebih layak, toiletnya lebih layak, keluarga memiliki makanan bergizi.)

Singkatnya, dampaknya bisa dilihat. Peningkatan pendapatan pengusaha wanita dengan pendapatan kurang dari 1 juta per minggu dapat menghasilkan 3-7x lebih tinggi.

Secara total, pendapatan semua perempuan (sekitar 870 ribu perempuan di lebih dari 18 ribu desa) meningkat rata-rata lebih dari 10%.

Dari perempuan yang lebih berdaya ini, keluarga mereka juga lebih berdaya. Anak-anak mereka juga bisa sekolah, tetangga mereka bisa dipekerjakan untuk bisnis mereka, dll.

Amartha kini telah menyalurkan dananya ke lebih dari 870 ribu usaha kecil yang 100% dijalankan oleh perempuan. Dari pinjaman kecil-kecilan hanya Rp 1 – 5 juta, kini Amartha telah menyalurkan kurang lebih Rp 4,8 triliun dan 17 provinsi di Indonesia di antara 18.600 desa).

Dampak jangka pendeknya adalah membangun pemberdayaan perempuan. Diharapkan dana yang mereka terima dapat menciptakan usaha kewirausahaan mereka di daerah mereka. Dampak jangka panjangnya adalah banyaknya perempuan pengusaha di wilayahnya. Saat ini sudah lebih dari 870 ribu perempuan yang telah ditolong oleh Amartha. Tujuannya adalah untuk memberikan dampak yang lebih besar pada lebih banyak perempuan dan keluarga serta lingkungan mereka.

Penghargaan ini tentunya bukan hanya milik A-team, tapi milik seluruh #TemanMartha, karena berkat dukunganmu yang selalu percaya kepada Amartha untuk terus maju memberikan kesejahteraan yang merata bagi perempuan pelaku UMKM di seluruh Indonesia.

Terima kasih #TemanMartha Semoga penghargaan ini menjadi bukti nyata atas dampak besar untuk Indonesia yang telah terwujud sekaligus sebagai pemacu semangat untuk terus berinovasi menjadi lebih berdampak lagi bagi perempuan tangguh di Amartha.

Baca Selengkapnya di: Shared Prosperity of Women Micro and Small Medium-Entrepreneur (MSME) in Rural Area in Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here