Amartha: Tahun Baru, Semangat Baru

Amartha Tahun Baru Semangat Baru

Di tahun 2018, Amartha telah melakukan pencapaian yang luar biasa. Amartha mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari jumlah mitra maupun total dana yang disalurkan. Amartha telah menyalurkan dana sebesar Rp 700 miliar kepada lebih dari 167.000 perempuan pelaku usaha mikro di pelosok Indonesia. Pada 2017, Amartha menyalurkan sebesar Rp 200 miliar kepada lebih dari 70.000 mitra.

Perkembangan ini tak terlepas dari peran pendana dan peminjam yang memercayakan Amartha sebagai penghubung pendanaan tersebut. Amartha berkomitmen untuk turut membantu mencapai sustainable development goals melalui pilar pengentasan kemiskinan, partisipasi perempuan dalam pembangunan dan mengurangi ketimpangan pendapatan di pedesaan.

“Amartha sebagai fintech yang terpercaya dan aman telah menempatkan diri sebagai perantara untuk membantu pendana yang ingin memberikan pendanaan untuk kebaikan kepada mitra usaha perempuan di pelosok desa yang bertekad untuk meningkatkan taraf hidup keluarga,” kata Vice President, Amartha, Aria Widyanto di Jakarta, seperti dilansir dari Republika.co.id, beberapa waktu lalu.

Dengan semakin bertumbuhnya jumlah karyawan di Amartha, maka pada pertengahan 2018 lalu, Amartha juga menempati kantor baru di Jl. Ampera Raya, No 16, Cilandak, Jakarta Selatan. Setelah sebelumnya menempati kantor di Jl. Kemang Selatan VIII No. 18, Jakarta Selatan.

Saat ini, Amartha juga telah menjangkau 3500 desa di pulau Jawa. Pada 2017, Amartha menjangkau 500 desa di pulau Jawa. Tahun ini, Amartha akan menjangkau desa di luar pulau Jawa. Seperti dilansir Katadata.co.id, Amartha akan mengkaji prospek bisnis di beberapa lokasi, seperti Sumatra, Sulawesi, dan area Nusa Tenggara.

Beberapa penghargaan dari luar dan dalam negeri juga telah diraih oleh perusahaan fintech peer to peer lending ini seperti 30 Promising Growth-stage Startups 2018 dari Forbes Indonesia, Frontier Innovators 2018  yang digagas oleh Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia, Digital Inclusion Awards 2018 dari Masyarakat Telematika Indonesia (MASTEL) yang bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Republik Indonesia (RI) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dan UN Capital Development Fund (UNCDF) 2018 di  Singapore Fintech Festival 2018.

Selain itu, Amartha telah bekerja sama dengan perbankan seperti Bank Mandiri, Bank Permata, Bank Ganesha dan beberapa Bank Perkreditan Rakyat di Jawa Timur untuk penyaluran pembiayaan modal di seluruh Indonesia. Pada 2017, Mandiri Capital juga memberikan pendanaan untuk perusahaan yang telah berdiri sejak 2010 ini.

Di tahun baru ini, Amartha akan terus memperluas jangkauan di desa hingga di luar pulau Jawa. Bahkan, perusahaan yang berawal dari microfinance ini akan terus berkolaborasi dengan perbankan serta institusi lainnya. Tak menutup kemungkinan, Amartha akan terus mengembangkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi operasional sehingga dapat menjangkau desa-desa terpencil dan memproses pengajuan pinjaman dengan lebih cepat.

Please follow and like us:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

FACEBOOK
FACEBOOK
GOOGLE
GOOGLE
https://blog.amartha.com/amartha-tahun-baru-semangat-baru">
LINKEDIN
%d bloggers like this: