Amartha Serahkan Bantuan untuk Ibu dan Anak Korban Gempa Lombok

0
21

LOMBOK- Amartha telah menyerahkan bantuan untuk para ibu dan anak-anak korban gempa pada 18 September 2018 di Lombok Utara. Bantuan ini merupakan hasil donasi dari Amartha dan masyarakat melalui rekening Amartha di Bank Mandiri.

Donasi yang telah terkumpul selama 17-29 Agustus 2018 sebesar Rp 15.040.000 ini dikirimkan dalam bentuk lauk kering, kacang kedelai, minyak telon, pembalut, dan popok bayi telah didistribusi di posko Pemenang, Nipah dan Gangga, Lombok Utara.

“Kami telah memberikan lauk kering 10 kg, kacang kedelai 8kg, minyak telon, pembalut, dan popok bayi. Untuk non makanan, kami memberikan 75 paket,” Kata Risyad Tri Setiaputra selaku Impact  Analyst, Amartha.

Amartha Lombok

Risyad mengatakan bantuan ini telah diberikan kepada Dinas Kesehatan Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk disalurkan ke posko-posko tersebut. Dia mengakui masyarakat sangat membutuhkan bantuan ini. “Bantuan donasi Lombok sudah sampai di  posyandu mekar sari desa gondang kec gangga kab lombok utara, bantuannya akan didistribusi ke 11 posyandu untuk ibu menyusui” ujarnya.

Kemudian, lanjut Risyad, pada 19 September 2018 akan dimulai pembuatan dapur di Posyandu Mekar Sari. Daput ini digunakan untuk makanan bayi dan anak. “Kami mulai pembuatan dapur  sudah diorientasi tentang PMBA (pemberian Makan Bayi dan Anak),” jelas Risyad.

Amartha Lombok

Lombok Utara merupakan lokasi yang paling parah dari dampak gempa berkekuatan 7SR pada 5 Agustus lalu. Donasi yang telah terkumpul melalui rekening Amartha di Bank Mandiri dari 17-19 Agustus 2018 sebesar Rp 15.040.000.

Selain itu, menurut analisis dari  London School of Economics di 141 negara pada 2008 menunjukkan bahwa ketika terjadi bencana, jumlah korban perempuan relatif lebih besar hingga empat kali lipat, jika dibandingkan dengan jumlah korban laki-laki (KPPPA, 2017).

“Hal inilah yang mendorong Amartha untuk mengajak masyarakat ikut serta dalam penggalangan dana untuk didonasikan khusus bagi perempuan (ibu menyusui) dan anak, di daerah pengungsian bencana Lombok. Hal ini juga dilakukan guna mendukung poin dalam Sustainable Development Goal (SDG) tentang membuka akses asupan gizi bagi sebanyak mungkin orang, terutama balita,” kata CEO Amartha, Andi Taufan Garuda Putra.

Amartha Lombok

Andi mengucapkan terima kasih kepada para penyumbang, Dinas Kesehatan Nusa Tenggara Barat serta masyarakat yang telah membantu berjalannya donasi ini.“Seluruh donasi yang terkumpul akan digunakan untuk membantu Ibu dan anak korban gempa di Lombok agar tetap berdaya. Kami ucapkan terima kasih atas donasi yang telah dikirimkan ke Amartha. Kami berharap donasi ini akan meringankan beban saudara-saudara kita di Lombok Utara,” ucap Andi.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here