Amartha Raih Penghargaan Indonesia HR Excellence Award, Bukti Kesiapan Organisasi SDM Menghadapi Era Pasca-Covid

0
126

PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) berhasil meraih penghargaan dari acara prestisius Indonesia HR Excellence Conference & Awarding 2022. Amartha memenangkan 2 kategori yakni, Learning & Development and Knowledge Management dan Managing Transformation.

Indonesia HR Excellence Conference & Awarding 2022 membawa tema “Menemukan Kembali Strategi & Peran SDM untuk Mempercepat Pertumbuhan Bisnis di Masa Pasca Pandemi” yang digelar melalui acara prestisius Indonesia HR Excellence Conference & Awarding 2022. Acara ini merupakan hasil kolaborasi Majalah SWA beserta Lembaga Management Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LMFEB UI). 

Penilaian HR Excellence Award 2022

Kemal E. Gani, Group Chief Editor SWA Media menjelaskan, sasaran penilaian dalam HR Excellence Award 2022 menyoroti praktik-praktik terbaik pada segmen-segmen dalam rangkaian manajemen SDM.  Mulai dari segmen rekrutmen SDM (talent recruitment/ acquisition),  pengembangan  SDM (people development),  manajemen dan penilaian kinerja (performance management), manajemen imbalan (reward management), hingga manajemen retensi SDM (retention management).

Penjurian dilakukan secara virtual. Dewan juri terdiri atas pakar SDM, akademisi, dan mantan praktisi senior di bidang HR/mantan CEO perusahaan papan atas. Perusahaan yang memperoleh predikat “Excellent” dan “Very Good” dari hasil penjurian tersebut akan mendapatkan penghargaan, yang akan diserahkan pada acara Indonesia HR Excellence Conference & Awarding 2022.

Seperti kita ketahui, pandemi Covid-19 memaksa perusahaan menata ulang organisasi SDM agar dapat merespons tren-tren terbaru yang membutuhkan kecepatan, kelincahan, dan kelenturan dalam situasi bekerja. Dalam 2 tahun terakhir ini dan ditengah kondisi VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity) banyak hal yang sudah tim Amartha lewati mulai dari pandemi sampai sekarang pasca pandemi. Kondisi business yang uncertainty, tim yang sangat diverse, segmentasi market yang sangat challenging. Hal ini tentunya menjadi challenge dan issue tersendiri khususnya dalam pengelolaan sumber daya manusia di Amartha sehingga bisnis tetap sustain bahkan tumbuh berlipat-lipat sehingga dapat meningkatkan ekonomi digital di Indonesia. 

Rine, SVP People & Culture Amarta menyampaikan, “kami mengajak setiap orang yang berada di Amartha untuk menerapkan culture kami yakni, spirit Above & Beyond yang diturunkan ke dalam DNA masing-masing dalam mengelola SDM kami”.

“Di Amartha kami berharap dapat menciptakan Great Place to Work dengan 4 fokus utama, yakni Attract, Engage, Develop dan juga Retain. Di mana setiap individu dapat menjadi the best version dari diri mereka sendiri yang didasarkan pada spirit Above & Beyond dan menjadi the better person saat gabung di Amartha”.

Rine melanjutkan, “kami percaya ketika kita dapat meretransform SDM di Amartha, maka mereka dapat memberikan usaha yang luar biasa terhadap bisnis ini sehingga dapat sustain lagi di kedepannya. Visi misi perusahaan untuk meningkatkan derajat perekonomian Indonesia pun dapat tercapai”.

Untuk mencapai kondisi yang diinginkan, ada 3 challenge yang dihadapi oleh Amartha: 

  • Challenge dalam hal transformasi bisnis 
  • Challenge dalam hal people & technology 
  • Challenge bertumbuh disaat pandemi.  

Meski di tengah situasi yang berat, Amartha tetap menunjukkan komitmennya untuk mewujudkan tempat bekerja terbaik bagi karyawannya dengan: 

  • Transformasi Manajemen terutama people untuk mendukung transformasi bisnis yang semakin pesat 
  • Mencukupi kebutuhan Primer Employee 
  • Learning & Development yang fleksibel dan terstruktur 

About HR Excellence Award: 

Indonesia HR Excellence Conference & Awarding 2022 adalah pentas pembuktian kesiapan organisasi SDM menghadapi era pasca-Covid. Sebanyak 37 perusahaan dari berbagai sektor industri ikut dalam pentas ini. Mereka berasal dari kalangan perbankan, lembaga keuangan non bank, industri manufaktur, properti dan real estate, perdagangan, transportasi, pertambangan dan energi, serta distribusi dan logistik. Berdasarkan status perusahaan, para peserta ini mewakili BUMN, swasta nasional dan multinasional, serta startup fintech yang ikut ambil bagian.

Adapun kategori Indonesia HR Excellence Conference & Awarding 2022 terdiri dari: Compensation & Benefit HR Technology, HR Transformation, Learning & Development, Performance Management, Recruitment Strategy, dan Retention Strategy.

Download aplikasi Amartha di Android

Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here