Amartha Luncurkan Fitur Baru Ciptakan Impact Investing

0
867

Apa itu Impact Investing? Impact investing atau pendanaan berdampak adalah strategi investasi yang menghasilkan keuntungan sekaligus menciptakan dampak positif untuk ekonomi, sosial dan lingkungan.

Kehadiran perusahaan teknologi keuangan (fintech) microfinance atau fintech pendanaan menjadi salah satu pilihan yang digemari oleh generasi milenial, karena dinilai dapat menyelesaikan isu sosial, ekonomi dan lingkungan di masyarakat.

Berdasarkan studi Angel Investor Network Indonesia (ANGIN) pada 2020 lalu, salah satu sektor yang menjanjikan impact investing adalah pada perempuan pelaku usaha mikro yang dinilai dapat memberikan kontribusi 135 miliar dolar AS (sekitar Rp 1,8 kuadriliun) pada PDB tahunan.

Sektor Apa Saja yang Potensial untuk Menerima Pendanaan Berbasis Impact Investing di Indonesia?

Sektor UMKM Perdagangan

Lebih dari 64 juta UMKM berkontribusi pada PDB Indonesia, di mana sekitar 64,5% UMKM telah dijalankan oleh kaum perempuan.

Sektor Gender

Faktanya, partisipasi perempuan dalam dunia pekerjaan hanya 55% sementara laki-laki mencapai 83%. Sehingga pendanaan yang dilakukan dipercaya dapat memberdayakan perempuan yang juga mendukung penciptaan dampak sosial.

Sektor Pertanian

Sekitar 93% petani kecil masuk ke rantai pasokan pertanian dan menyumbang 33% tenaga kerja di lapangan.

Komposisi Pendana di Amartha Didominasi oleh Generasi Milenial

Sumber: Laporan Akuntabilitas Sosial Amartha Tahun 2019

Berdasarkan laporan Amartha yang bertajuk Social Accountability Report (SAR) 2019, jumlah pendana Amartha didominasi oleh generasi milenial yakni sebesar 68 persen, kemudian disusul 19 persen oleh generasi X, dan 10 persen oleh generasi Z. 

Hal ini menunjukan generasi milenial tertarik dengan impact investing. Ketertarikan generasi milenial untuk mendanai di Amartha merupakan wujud kepedulian generasi milenial terhadap investasi yang berdampak. 

Disinilah peran bagi pendana milenial sangat berpeluang besar untuk menyuburkan tren impact investing di Indonesia. Dengan karakter yang melek digital serta kemampuan dan literasi keuangan yang baik, Amartha melihat dominasi generasi milenial dalam impact investing masih akan terus berkembang. Kontribusi generasi milenial ini merupakan hal yang harus kita dukung dengan teknologi

Oleh sebab itu, saat ini aplikasi Amartha sudah dilengkapi dengan fitur impact investing, di mana pendana dapat mengetahui dampak apa saja yang sudah mereka ciptakan, serta memilih pendanaan berdasarkan kategori impact-nya.

Indikator Dalam Fitur Impact Investing di Aplikasi Amartha

Economy: Kamu akan memberi kesempatan pada perempuan tangguh untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga dan sekitarnya.

Social: Kamu akan meningkatkan ekonomi dan taraf hidup perempuan tangguh dan UMKM.

Lingkungan: Kamu akan mendukung sektor usaha ramah lingkungan serta mengurangi efek perubahan.

Tampilan Terbaru Dalam Fitur Impact Investing di Aplikasi Amartha

Dengan indikator dan tampilan terbaru ini, diharapkan teman-Martha akan mengenal lebih dekat dengan Mitra yang akan didanai. Diharapkan juga kamu jadi semangat dan antusias mendukung mitra UMKM di Indonesia agar dampak positif yang diciptakan dapat menjadi lebih besar lagi.

Dampak apa yang telah diciptakan dari penerapan impact investing di Amartha?

Dampak Ekonomi 

  • 95,5% Mitra sudah mampu memenuhi kebutuhan dasar.
  • 96,6% Mitra pendapatannya naik sejak bergabung di Amartha sekitar 10,5% saat pandemi (2020) dan 200-700% saat beraktivitas normal.
  • Mitra Amartha berhasil menyerap hingga 87.000 tenaga kerja informal dan 75% diantaranya adalah perempuan.
  • Selanjutnya sekitar 94,3% Mitra merasa hidup mereka jadi lebih baik setelah bergabung dengan Amartha. Misalnya akses ke pasar jadi lebih besar, pendapatan menjadi lebih tinggi serta lebih optimis dalam melihat masa depan.

Dampak Sosial

  • 70% Mitra memiliki skill baru dari pertemuan kelompok yang diadakan oleh Amartha dengan sistem tanggung renteng berkelompok. Di mana para mitra dapat meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan keuangan, bisnis, problem solving, leadership dan membuat keputusan.
  • 97,9% Mitra mampu menyekolahkan anak-anaknya, termasuk kesempatan sekolah bagi anak perempuan dengan pendidikan yang layak.
  • 86,6% Mitra dapat mengambil keputusan lebih baik dalam keluarga, karena lebih percaya diri dengan pendapatan yang mereka miliki.
  • 66% Mitra memiliki jejaring sosial baru, relasi bisnis dan pertemanan setelah bergabung dengan Amartha.

Amartha sebagai perusahaan yang menerapkan prinsip bisnis berkelanjutan, sangat mengutamakan penciptaan dampak dari layanan yang diberikan. 

Sebagai microfinance marketplace yang berfokus pada pemberdayaan perempuan pengusaha mikro lewat layanan keuangan inklusif, Amartha optimis bahwa kedepannya tren impact investing dapat terus berkembang, mengingat dampak yang diciptakan sangat terasa bagi masyarakat.

Tren berinvestasi dengan prinsip impact investing belakangan ini juga mulai banyak dipertimbangkan oleh berbagai investor berskala global. Di Amartha sendiri, beberapa investor seperti Women’s World Banking, Norfund dari Norwegia, dan Mandiri Capital, menyatakan ketertarikannya bergabung sebagai pendana di Amartha adalah karena kesamaan nilai, yakni semangat untuk menciptakan dampak lewat layanan keuangan.

Kalau investor profesional saja sudah bergabung di Amartha, berarti tidak ada salahnya kamu juga ikut bergabung mendanai perempuan tangguh di Amartha!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here