Amartha Ketat Atur Strategi Hadapi PPKM Darurat

|

|

|

Lonjakan kasus Covid-19 akhir-akhir ini membuat Amartha mengambil langkah cepat dengan menerapkan prinsip kehati-hatian dalam menyalurkan modal usaha dan pendampingan kepada para mitra usaha di Pulau Jawa sekaligus menjaga kepercayaan dan transparansi kepada para pendana setia Amartha.

Di gelombang kedua Covid-19 yang beriringan dengan diberlakukannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Pulau Jawa dan Bali. Amartha menerapkan strategi yang lebih ketat seperti melakukan diversifikasi portofolio ke lebih banyak mitra di Luar Pulau Jawa, membangun sistem pembayaran secara online serta meneruskan perbaikan di sisi skor kredit. 

Selain itu, Amartha juga telah menerapkan SOP protokol kesehatan secara ketat dan pemberlakuan program vaksinasi untuk Tim Business Partner (BP) yang bertugas memberikan pendampingan kepada Mitra Amartha.

Hal tersebut bertujuan untuk mengedepankan dan memastikan keselamatan dan kesehatan Tim BP dalam memberikan pendampingan kepada Mitra Amartha secara maksimal dalam situasi saat ini. 

Model bisnis Amartha yang masih menerapkan sistem online to offline dan dijembatani oleh Tim BP di desa menjadi salah satu kekuatan Amartha untuk dapat memberikan pendampingan dan memastikan usaha Mitra berjalan lancar, serta lebih sensitif terhadap perkembangan di level mikro, terutama terkait penerapan PPKM.

Salah satu upaya yang dilakukan Amartha dalam mendukung PPKM dan menjaga kinerja portofolio adalah dengan menghentikan pencairan baru di daerah-daerah yang berisiko tinggi atau usaha-usaha yang dilarang untuk dilakukan selama pelaksanaan PPKM. 

Strategi di atas adalah strategi yang digunakan dalam menjaga kinerja portofolio Amartha pada tahun 2020 lalu seperti memperbarui sistem credit scoring, memperketat monitoring operasional, risiko, dan audit. Melalui strategi tersebut, Amartha berhasil mempertahankan tingkat kredit bermasalah atau NPL sebesar 0,07 persen untuk seluruh pencairan setelah Juni 2020. 

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Semua Orang Bisa Jadi Sultan. Investasi di Amartha Mulai dari 100 Ribu Rupiah!

Good News From Amartha!  Dalam rangka mempercepat indeks inklusi keuangan di Indonesia sekaligus menjangkau lebih banyak pendana untuk mendorong...

Black Card, Bisa Punya Gak Ya?

Belum lama ini, muncul video viral di TikTok tentang charge card paling istimewa di Dunia yang disebut Black Card.

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...