Amartha Hadiri Hari BPR-BPRS Nasional dan MOU dengan BPR

MALANG, 8 Juli 2018- Amartha terus membangun kerjasama dengan pelbagai lembaga keuangan lainnya. Ini merupakan langkah awal dalam merajut sinergi antara bank dengan financial technology (fintech). Keberadaan fintech tidak bisa terlepas oleh bank, begitu juga sebaliknya. Diharapkan dengan adanya sinergi ini, masyarakat akan lebih mudah, aman dan efisien dalam menggunakan fintech sebagai garda terdepan dalam membangun inklusi keuangan.

Empat BPR Malang menandatangani MOU dengan Amartha

Empat BPR Malang menandatangani MOU dengan Amartha


Amartha baru saja menandatangani
Memorandum Of Understanding (MOU) dengan empat Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yakni Pujon Jaya Makmur, Dhana Lestari, Central Djaja Pratama dan Mitra Catur Mandiri pada 7 Juli 2018 di Malang. Beberapa waktu lalu, Amartha juga telah bekerja sama dengan Bank Permata, Mandiri Tunas Finance serta bank dan lembaga keuangan lainnya. Ini merupakan pertama kalinya Amartha bekerja sama dengan BPR.

Kerjasama Amartha dengan BPR Malang 2018

“Kerja sama antara Amartha dengan BPR, tujuannya agar kita bisa membantu pengusaha mikro di daerah untuk bisa mendapatkan akses pendanaan dan  pendampingan dengan menggandeng BPR sebagai lenders,” kata Vice President of Amartha, Aria Widyanto di Malang, baru-baru ini.

Aria menambahkan kerjasama ini bisa menjadi pilot project dengan Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat (Perbarindo). Tak menutup kemungkinan, beberapa BPR lainnya di Indonesia akan turut bekerja sama dengan Amartha. Dengan MOU ini, Amartha mendukung perkembangan fintech di BPR. Apalagi, saat ini,fintech terutama peer to peer lending terus berkembang pesat. Seperti diketahui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun mendorong adanya sinergi antara BPR dengan fintech.

“Kita saling membantu agar mendigitalize BPR melalui platform kita. Sehingga distribusi dana bisa dikelola Amartha bersama BPR, selain menambah dampak positif bagi masyarakat, hal ini juga dapat membantu BPR dalam hal mitigasi risiko”, ujarnya.  

Kepala OJK Regional 4 Jawa Timur, Heru Cahyono dalam seminar dan halal bihalal DPD Perbarindo Jatim juga menekankan pentingnya kolaborasi antara BPR dengan berbagai pihak, agar BPR juga mendapatkan semakin banyak kemudahan untuk menjangkau sektor mikro, sembari saling memantau ketaatan pada regulasi yang ditetapkan OJK.

CEO dan Founder Amartha, Andi Taufan Garuda Putra menyambut baik MOU ini. Dia berharap dengan MOU ini akan memberikan sinergi yang baik antara tekfin dengan BPR. “Kebaikan yang lebih besar akan tercipta jika kita bekerja bersama. Sinergi ini dapat membantu kita dalam  pengentasan kemiskinan, partisipasi perempuan dalam pembangunan dan pengurangan ketimpangan pendapatan di pedesaan,” ujar Andi.

Amartha juga turut menghadiri acara Hari Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS) Nasional, BPR-BPRS “Bank Milik Anak NegRI”, Funwalk pada 8 Juli 2018 di lapangan Rampal, Malang. Acara ini diselenggarakan oleh Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Persatuan Bank BPR Indonesia (Perbarindo) Jawa Timur untuk memperingati hari BPR-BPRS nasional yang jatuh pada 21 Mei 2018.

Kerjasama Amartha dengan BPR Malang 2018_2
Keikutsertaan Amartha di acara ini memantapkan kerjasama Tekfin-Amartha dengan BPR Malang sekaligus membuka peluang kolaborasi dengan BPR lainnya di Jatim dan seluruh Indonesia. “Saya mengharapkan rekan-rekan untuk bekerjasama dengan Fintek seperti Amartha ini”, kata Sapto Liyantoro, Komisaris Utama BPR Pujon Jayamakmur di acara Fun Walk 2018. “Fintek Amartha ini memang bukan sekedar Fintek, karena memberikan pendampingan juga pada ibu-ibu peminjamnya. Jadi saya lebih yakin dengan Amartha”, tambahnya ketika ditanya dengan latar belakang bekerja sama dengan Amartha.

Hari peringatan BPR-BPRS ini diselenggarakan secara nasional yang dipusatkan di Malang. Sehubungan dengan bulan puasa, penyelenggaraan ini diundur pada 8 Juli 2018 yang akan diikuti BPR-BPRS secara nasional, BPR-BPRS Jawa Timur, Pengurus DPP Perbarindo Pusat, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Pusat, OJK Wilayah Jawa Timur, Pengurus DPD Perbarindo Jawa Tengah, Pengurus DPD Perbarindo Jogyakarta, Pengurus DPD Perbarindo Bali dan masyarakat Malang yang di hadiri sekitar 30.000 peserta.

Kerjasama Amartha dengan BPR Malang 2018_3

Titik awal pemberangkatan Fun Walk berada di lapangan Rampal Malang. “Acara ini merupakan tindak lanjut rapat koordinasi nasional atau Rakornas Perbarindo pada tanggal 4 Mei 2018 di Sorong, Papua yang salah satu keputusannya menyangkut pelaksanaan kegiatan peringatan hari jadi BPR-BPRS Nasional, dipusatkan pada wilayah kerja DPD Perbarindo Jawa Timur,” kata Ketua Panitia Pelaksana Fun Walk 2018, Syamsul Anam.

Please follow and like us:
Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

FACEBOOK
FACEBOOK
LINKEDIN
%d bloggers like this: