Amartha Dorong Transformasi Digital Perempuan UMKM di Indonesia

|

|

|

Literasi digital merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki pada abad 21. Penggunaan teknologi mengubah banyak perilaku dan interaksi antar manusia. 

Bila dulu membeli makanan dapat dilakukan dengan pergi ke warung, saat ini orang dapat dengan lebih mudah memesan makanan tanpa harus beranjak dari rumah – melalui aplikasi. 

Di satu sisi, hal ini memberikan potensi yang luar biasa untuk berkembang, namun di lain sisi juga merupakan sebuah tantangan untuk terus bersaing yang semakin ketat.

Maka dari itu, siapapun dapat dengan mudah tertinggal oleh cepatnya arus teknologi bila tidak dibekali dengan literasi digital.

Sebagai salah satu perusahaan teknologi keuangan, Amartha mengupayakan transformasi digital kepada para perempuan pelaku usaha UMKM di Indonesia untuk mendorong mereka agar lebih bisa bersaing dengan kemajuan teknologi sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan mereka.

Baca Juga: Upaya Amartha Kikis Kemiskinan dan Menciptakan Lapangan Kerja

Upaya transformasi digital yang dilakukan oleh Amartha diwujudkan dengan melakukan pelatihan-pelatihan literasi digital kepada para perempuan pelaku usaha UMKM di Indonesia.

Transformasi Digital Melalui Pelatihan Literasi Digital

Festival Foodpreneur Bersinar

Salah satu bentuk transformasi digital yang dilakukan oleh Amartha adalah dengan menjalin kerjasama dengan beberapa mitra strategis untuk melakukan pelatihan literasi digital. Salah satu mitra strategis tersebut adalah kerjasama dengan UKM Indonesia, Sunlight, dan Tokopedia.

Pelatihan literasi digital kali ini diberikan kepada para perempuan pengusaha mikro yang melakukan usaha offline namun ingin mengembangkan usahanya ke ranah online.

Melalui program Festival Foodpreneur Bersinar yang berlangsung dari bulan Agustus hingga September 2021, Amartha telah memberikan pelatihan literasi digital kepada 165 perempuan pelaku UMKM.

Program ini memberikan pelatihan praktis untuk membuat toko online kepada para perempuan pengusaha makanan/minuman siap saji. 

Aktif Promosi Selama Pandemi, Pengusaha Jamu Ini Raih Penghargaan dari Amartha

Selain itu, Amartha juga bekerjasama dengan UKM Indonesia untuk memberikan pelatihan pemasaran digital melalui program ScaleUp with WhatsApp.

Program literasi digital ini diberikan kepada 31 mitra usah Amartha yang telah mampu mengoperasikan smartphone agar semakin cakap dalam memasarkan produk dan layanan mereka secara online.

Melalui kedua program tersebut, Amartha berharap dapat mendorong transformasi digital perempuan pelaku usaha UMKM di Indonesia. Sehingga UMKM Indonesia dapat naik kelas dan mendapatkan kemandirian ekonomi.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Semua Orang Bisa Jadi Sultan. Investasi di Amartha Mulai dari 100 Ribu Rupiah!

Good News From Amartha!  Dalam rangka mempercepat indeks inklusi keuangan di Indonesia sekaligus menjangkau lebih banyak pendana untuk mendorong...

Profil 9 Naga Penguasa Ekonomi Indonesia

Dalam dunia perekonomian Indonesia, pasti kamu pernah mendengar istilah “9 Naga”. Istilah ini sendiri merujuk kepada tokoh-tokoh pengusaha yang kebanyakan keturunan Tionghoa...

Black Card, Bisa Punya Gak Ya?

Belum lama ini, muncul video viral di TikTok tentang charge card paling istimewa di Dunia yang disebut Black Card.