Amartha dan OJK Tingkatkan Literasi Keuangan Perempuan Pelaku UMKM di Jawa Tengah

0
130

Jakarta, 08 April 2021 – PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) perusahaan teknologi finansial peer to peer lending yang berfokus dalam pemberdayaan perempuan pelaku usaha mikro di desa berpartisipasi bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam mengakselerasi pemulihan ekonomi melalui kegiatan edukasi literasi dan inklusi keuangan dengan tema “Inklusi Wanita Kuat Ekonomi Hebat” kepada segmen perempuan, khususnya pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang diselenggarakan di Semarang, Jawa Tengah  (05/04).

Berdasarkan data OJK, tingkat literasi dan inklusi keuangan perempuan di Indonesia baru mencapai 36,13 persen dan 75,15 persen. Hal ini masih sangat rendah dibandingkan tingkat literasi dan inklusi keuangan laki-laki yang mencapai 39,94 persen dan 77,24 persen. 

Sebagai salah satu perusahaan fintech peer to peer lending, tercatat hingga tahun 2020 Amartha telah menyalurkan dana lebih dari 500 Miliar kepada lebih dari 110 ribu perempuan pengusaha mikro di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah. Di tahun 2021, Amartha menargetkan penyaluran pendanaan sebesar 384 Miliar Rupiah di wilayah DIY dan Jawa Tengah.

Aria Widyanto, Chief Risk and Sustainability Officer Amartha memaparkan bahwa masih ada fintech-fintech yang serius menyalurkan pendanaan modal kerja kepada masyarakat untuk pemulihan ekonomi di masa pandemi, khususnya kepada para perempuan. 

“Tujuan Amartha adalah agar mitra-mitra kami mendapatkan kesejahteraan dan kemandirian finansial. Kami melihat melalui penyaluran modal kerja, pendampingan, dan pelatihan secara konsisten dapat membantu akselerasi pemulihan ekonomi pengusaha mikro yang terdampak pandemi dan dapat mandiri secara finansial,” ujar Aria. 

Lebih lanjut, “Kelebihan dari Amartha dengan fintech lainnya adalah, kami berinteraksi dan memonitor langsung usaha mitra sehingga kami bisa cepat dan tanggap kalau mitra mengalami masalah dalam usahanya. Misalnya saat awal pandemi lalu kami mengadakan pelatihan usaha alternatif seperti pembuatan masker dan frozen food untuk mitra di Yogyakarta,” jelas Warsuwan, Head of Micro Business Amartha Regional Jawa.

Melalui acara ini pula diberikan penyerahan secara simbolis untuk pembiayaan sebesar 4.5 juta Rupiah dari Amartha kepada Tutik Suryaningsih, mitra usaha Amartha.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here