Amartha dan CIMSA Kerja Sama Bantu Kesehatan Ibu-Ibu di Desa

Amartha sebagai pelopor fintech peer to peer lending untuk pengusaha mikro perempuan di desa terus melakukan terobosan dalam meningkatkan kesehatan ibu-ibu. Setelah memberikan kacamata gratis di seluruh pulau Jawa pada November lalu. Kini, Amartha dan CIMSA (Center for Indonesian Medical Student’s Activities) akan menggelar program sosial layanan cek kesehatan gratis pada 15 Desember 2018 di Kalisah dan Jenggawah, Jember, Jawa Timur.

Untuk membantu pemerintah dalam mengembangkan Sustainable Development Goals (SDGs), Amartha Mikro Fintek bersama CIMSA melakukan kerja sama berupa program sosial layanan cek kesehatan gratis. Penandatanganan kerja sama dilakukan pada Minggu (2/11) lalu di kantor pusat Amartha, Jakarta.

Presiden CIMSA tahun 2018-2019, Nurul Gina Fadillah mengatakan kerja sama ini didasari oleh tujuan yang sama dalam mendukung SDGs. “CIMSA juga melihat bahwa apa yang dilakukan oleh Amartha memiliki tujuan yang sama untuk membantu meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat,” katanya.

CIMSA merupakan organisasi nasional mahasiswa kedokteran yang bersifat independen, non-politik dan non-profit. Hingga kini, sudah ada 23 universitas yang bergabung dengan CIMSA di Pulau Jawa dan Sumatera.

Adapun kerja sama ini, lanjut Nurul, mereka akan mengandalkan tiap perwakilan CIMSA di daerah untuk melakukan survei mengenai permasalahan yang terjadi di suatu desa. Selanjutnya, CIMSA dan Amartha akan turun lansung ke lapangan untuk aksi dan memantau perkembangan di desa tersebut sebagai bentuk keberlanjutan.

“Nah, dengan melakukan intervensi ataupun seperti kegiatan penyuluhan terkait permasalahan yang ada di sana, kita berharap mereka bisa meningkatkan kesadaran dari kesehatan tersebut dan mau untuk melakukan perubahan,” ujar Nurul yang merupakan mahasiswi Universitas Andalas.

Saat ditanyai mengenai kerja sama ini, Nurul kagum dengan Amartha karena peduli dengan kesehatan mitranya. “Bahwa akar dari permasalahannya nanti akan timbul lagi nih karena masalah kesehatan yang akan menyebabkan ibu mitra kembali lagi dari yang misalkan di atas garis miskin akan turun lagi ke bawah karena masalah kesehatannya,” lanjutnya.

“Bahwa akar dari permasalahannya nanti akan timbul lagi nih karena masalah kesehatan yang akan menyebabkan ibu mitra kembali lagi dari yang misalkan di atas garis miskin akan turun lagi ke bawah karena masalah kesehatannya,”

Dia berharap kerja sama ini  dapat membantu pemerintah dalam menjalankan SDGs terutama dalam bidang kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, kerja sama ini sesuai dengan visi dan misi CIMSA yakni empowering medical students, improving nation’s health.

Vice President of Amartha, Aria Widyanto mengatakan, program kesehatan ini sangat dibutuhkan bagi ibu-ibu di desa. Ini karena, mereka tidak mempunyai akses yang mumpuni untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Oleh karena itu, peran CIMSA sangat dibutuhkan di desa. “Nah, dengan adanya program ini ibu-ibu mendapatkan pelayanan yang baik dari CIMSA. Masalah kesehatan di desa sangat penting bagi kelansungan hidup mereka,” ucapnya.

 

Please follow and like us:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

FACEBOOK
FACEBOOK
GOOGLE
GOOGLE
https://blog.amartha.com/amartha-dan-cimsa-kerja-sama-bantu-kesehatan-ibu-ibu-di-desa">
LINKEDIN
%d bloggers like this: