Home Money+ Amartha dan Benih Baik Galang Donasi Bantuan Paket Alat Usaha untuk ...

Amartha dan Benih Baik Galang Donasi Bantuan Paket Alat Usaha untuk Perempuan Pengusaha Ultra Mikro di Desa

|

|

|

Jakarta, 18 Juni 2020 PT Amartha Mikro Fintek atau Amartha, pionir fintech peer to peer lending yang berfokus pada pemberdayaan perempuan pengusaha mikro di desa, bekerja sama dengan BenihBaik.com, yakni sebuah platform penggalangan dana digital untuk menggalang donasi mendukung pemulihan ekonomi mikro desa yang terdampak oleh pandemi Covid-19.  

Penggalangan donasi Bantuan Paket Usaha Demi Keberlangsungan Pengusaha Ultra Mikro di Desa menargetkan dana sebesar Rp 100 juta rupiah, akan disalurkan dalam bentuk paket alat usaha kepada lebih dari 660 perempuan pengusaha ultra mikro di sektor usaha warung makan, pengusaha makanan dan warung kelontong di desa wilayah Banten, Jawa Barat dan Jawa Timur.

Andi Taufan Garuda Putra, Founder and CEO Amartha menyatakan, “Pemberlakuan Pembatasan sosial berskala Besar (PSBB) ataupun lockdown lokal di sejumlah wilayah Indonesia, menyebabkan banyak usaha mikro di desa yang mengalami kesulitan ekonomi. Sehingga dalam menghadapi new normal, Amartha berkomitmen mendampingi Mitra serta masyarakat desa dengan memberikan paket alat usaha dan pelatihan usaha online, agar perempuan pengusaha ultra mikro di desa dapat membuka atau mengembangkan usaha baru”.

Andy F Noya, Founder BenihBaik.com, mengatakan, “Terima Kasih atas kerja sama PT. Amartha Mikro Fintek dengan kami, BenihBaik.com. Kami sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Amarta untuk membuat perempuan di pedesaan semakin berdaya. Seperti yang kita ketahui potensi desa sangat besar, hanya saja kurang tergarap dengan baik. Jika potensi tergarap dengan baik, maka dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat.” 

Paket Usaha yang akan disalurkan berisikan antara lain alat masak (wajan dan spatula) serta sembako berupa minyak dan beras. Amartha pun mempersiapkan video pelatihan online pembuatan berbagai makanan ringan berbahan dasar umbi-umbian yang dapat dipraktekan dengan mudah dan dengan modal usaha yang ringan. Sehingga bantuan yang disalurkan dapat dimaksimalkan dengan baik oleh para perempuan pengusaha mikro untuk dapat meningkatkan pendapatan keluarga mereka.

Andi Taufan menambahkan, “Kami sangat berterima kasih kepada BenihBaik.com telah berkenan bekerjasama dan mendukung penggalangan donasi ini. Sebelumnya pada Jumat (12/06) Amartha telah dipercaya oleh BenihBaik.com untuk menyalurkan 1000 masker dan 500 hand sanitizer kepada 20 puskesmas desa di Jawa Timur. Penggalangan donasi ini merupakan bagian dari program kemanusiaan #DesaLawanCorona yang diinisiasi oleh  Amartha pada Maret 2020 lalu”.

Halaman Galang Dana : https://bit.ly/Tambahkebaikan

***

Tentang BenihBaik.com

Yayasan Benih Baik Indonesia (“YBBI”) didirikan oleh Andy Flores Noya, Khristiana Anggit Mustikaningrum, dan Firdaus Juli (“Para Pendiri”) sebagai bentuk kepedulian Para Pendiri terhadap beragam isu sosial, kemanusiaan, kebudayaan, keagamaan, dan kesejahteraan sosial lainnya yang mengalami kesulitan memperoleh dukungan pendanaan untuk memenuhi kebutuhan dasar, pengembangan diri, dan/atau potensi ekonomi atau operasional lainnya yang mungkin belum terakomodir oleh pemerintah baik secara keseluruhan maupun sebagian kebutuhan tersebut dalam waktu yang singkat.

Berawal dari persoalan tersebut, Para Pendiri dengan beragam latar belakang menghadirkan sebuah platform digital yang dapat memfasilitasi kegiatan pengumpulan dana masyarakat secara sukarela (filantropi) agar dapat langsung membantu dengan sesamanya. Selanjutanya, YBBI memperkenalkan brand layanan dan sistem elektronik kepada masyarakat dengan sebutan Benih Baik.

Tentang Amartha

PT Amartha Mikro Fintek atau Amartha didirikan pada 2010 sebagai Lembaga Keuangan Mikro. Pada tahun 2016 Amartha bertransformasi menjadi perusahaan teknologi finansial terpercaya yang kini telah memiliki izin usaha dan di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan.

Amartha memiliki visi untuk mewujudkan kesejahteraan merata bagi kita, Indonesia. Dimulai dengan layanan peer to peer lending, Amartha menghubungkan pendana di kota dengan para perempuan pelaku usaha mikro di desa melalui teknologi.

Amartha memberikan akses, layanan dan edukasi keuangan kepada perempuan perempuan tangguh pengusaha mikro yang merupakan penggerak ekonomi bangsa. Hingga bulan Juni 2020, lebih dari Rp 2,41 Triliun modal usaha dari pendana Amartha telah disalurkan kepada lebih dari 507 ribu mitra usaha perempuan di Indonesia.

Pendana Amartha pun mendapatkan keamanan dengan implementasi upaya sistem tanggung renteng, meraih imbal hasil hingga 15% per tahun, dan menciptakan dampak sosial yang nyata di masyarakat.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

CEO Letter: Dukungan untuk Sektor Usaha Mikro Indonesia

Kepada Pendana Amartha yang terhormat,Semoga Anda dan keluarga dalam keadaan sehat sepenuhnya. Di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung,...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...