Home News Amartha Bantu Pemerintah Dorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Amartha Bantu Pemerintah Dorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional

|

|

|

Dengan semakin bertumbuhnya mitra usaha yang bergabung bersama Amartha serta pendanaan yang mencapai Rp 1 triliun.

Founder dan CEO Amartha, Andi Taufan Putra optimis pertumbuhan ini akan membantu Pemerintah dalam mendorong pertumbuhan Ekonomi Nasional.

“Hingga 2019, Amartha telah menyalurkan pendanaan lebih dari Rp 1 triliun kepada lebih dari 240 Ribu pengusaha UMKM di hampir seluruh Pulau Jawa dengan pelatihan dan pendampingan mitra setiap minggunya,” kata Taufan.

Pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menargetkan indeks inklusi keuangan dapat ditingkatkan menjadi 75% di tahun 2019. Hal ini yang turut diutarakan oleh Presiden Jokowi agar akses layanan keuangan di masyarakat terus ditingkatkan

Mitra Usaha Amartha

Peningkatan ini diharapkan dapat dilakukan fintech lending dalam menjangkau masyarakat yang belum tersentuh perbankan. Dengan teknologi keuangan, masyarakat terutama di desa dapat maju secara ekonomi.

Sepanjang tahun 2018, Taufan menjelaskan, Amartha sebagai perusahaan fintech peer to peer (p2p) lending berhasil meningkatkan pendapatan ratusan ribu mitranya secara signifikan, dari Rp 4,2 juta menjadi Rp 6,7 juta per bulan. Kenaikan pendapatan mitra Amartha ini berhasil menurunkan angka kemiskinan sebanyak 22 persen, lebih cepat dari rata-rata penurunan tingkat kemiskinan nasional.

Kenaikan pendapatan mitra Amartha ini berhasil menurunkan angka kemiskinan sebanyak 22 persen, lebih cepat dari rata-rata penurunan tingkat kemiskinan nasional.

Direktur Pengaturan Perizinan dan Pengawasan Fintech Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Hendrikus Passagi mengungkapkan, masih sedikit UMKM yang mendapatkan kredit.“Inklusi keuangan yang sedang kita hadapi adalah 60% GDP kita berasal dari UMKM dan 95% angkatan kerja di Indonesia diserap oleh UMKM. Celakanya hanya ada 16 juta yang mendapat kredit.” katanya.

Menjawab permasalahan tersebut, Sharly Rungkat selaku Advisory Partner PwC menyatakan  fintech lending merupakan solusi alternatif para pelaku UMKM untuk mendapatkan pinjaman modal. Menurutnya, fintech lending akan membantu pelaku UMKM untuk mendapatkan akses kredit, terutama masyarakat yang tidak mempunyai sejarah kredit di layanan keuangan.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

CEO Letter: Dukungan untuk Sektor Usaha Mikro Indonesia

Kepada Pendana Amartha yang terhormat,Semoga Anda dan keluarga dalam keadaan sehat sepenuhnya. Di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung,...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

7 Amalan Sunnah di bulan Ramadhan yang Bikin Ibadahmu Makin Berkah

Akhirnya bulan yang dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim di berbagi penjuru dunia tiba, Ramadhan yang penuh berkah, hikmah dan ampunan, karena berbagai...