Amartha Bangun Sinergi dengan Bank Mandiri

Amartha Bangun Sinergi dengan Bank Mandiri

Amartha menggandeng Bank Mandiri untuk memberikan akses pembiayaan ke pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di seluruh Indonesia. Dengan kerja sama ini, Amartha mendukung sinergi antara fintech dengan bank agar akses pembiayaan akan semakin mudah dan diharapkan dapat memperkuat modal kerja dan ekspansi pasar UMKM.

Perjanjian Kerjasama ini ditandatangani oleh SVP Micro Banking Bank Mandiri Wawan Setiawan dan SVP SME Banking Bank Mandiri Anton Herdianto serta Vice President of Amartha Aria Widyanto di Plaza Mandiri, Jakarta, Senin (27/8) dengan disaksikan oleh Pejabat Eksekutif Retail Banking Bank Mandiri Donsuwan Simanjuntak​.

Aria mengatakan, pihaknya menyambut baik kerja sama dengan Bank Mandiri yang memiliki rekam jejak yang sangat baik dalam pembiayaan UMKM di Indonesia. “Kebaikan yang lebih besar akan tercipta jika kita bekerja bersama. Sinergi ini dapat membantu kita dalam pengentasan kemiskinan, partisipasi perempuan dalam pembangunan dan pengurangan ketimpangan pendapatan di pedesaan,” kata Aria.

Sebagai platform peer-to-peer lending, Aria melanjutkan, Amartha menghubungkan para pelaku UMKM perempuan di pedesaan yang membutuhkan modal dengan masyarakat, institusional atau organisasi di kota yang ingin membantu mendanai usaha mereka.“Melalui kerja sama ini, kita bisa membantu pengusaha mikro di daerah untuk bisa mendapatkan akses pembiayaan dan pendampingan dengan menggandeng Bank Mandiri,” jelas Aria.

Dengan memanfaatkan kemudahan dari teknologi, tambah Aria, Amartha dapat meningkatkan efisiensi operasional sehingga dapat menjangkau desa-desa terpencil dan memproses pengajuan pinjaman dengan lebih cepat.“100 persen mitra usaha Amartha adalah perempuan karena kami memahami bahwa pembangunan yang sustainable harus memperhatikan kesetaraan gender. Hal penting yang dilakukan oleh Amartha adalah melakukan pelatihan literasi keuangan dan memberdayakan mereka secara ekonomi untuk mempersiapkan keluarga yang lebih sejahtera,” ujar Aria.

Menurut Donsuwan, sinergi perbankan konvensional dan perusahaan fintech sangat strategis untuk memberikan akses pembiayaan ke pelaku UMKM agar mereka mampu berkembang. “Bank Mandiri akan memanfaatkan sinergi dengan Amartha untuk memperkuat penetrasi pembiayaan hingga ke kelompok-kelompok usaha yang masih belum bisa dijangkau atau unbanked karena struktur usaha dan arus kas yang masih belum memenuhi syarat bank konvensional,” kata Donsuwan.

Dalam kerjasama ini, Amartha akan mereferensikan mitra UMKM yang sesuai dengan kriteria kepada Bank Mandiri. Selanjutnya, Bank Mandiri akan menentukan mitra UMKM mana yang dapat memperoleh fasilitas kredit. Dengan hasil seleksi dari Amartha diharapkan dapat membantu Bank Mandiri meminimalisir peluang terjadinya non-performing loan di kemudian hari.”Bank Mandiri memastikan dapat menjangkau rentang Nasabah UMKM yang lebih luas, sehingga dapat mengakomodasi keterbatasan dari mitra UMKM,” lanjut Donsuwan.

Direktur Utama Mandiri Capital Investama (MCI) , Eddi Danusaputro mengatakan perusahaan fintech sangat membutuhkan bank. Begitu juga dengan fintech yang tidak bisa hidup tanpa perbankan. “Jadi perlu adanya kolaborasi antara bank dengan fintech startup seperti Amartha. KIta butuh kolaborasi bersama,” kata Eddi.

Ini bukan pertama kalinya, Aria mengatakan perusahaan yang didirikan oleh Andi Taufan Garuda Putra ini telah bekerja sama dengan pihak lain. Sebelumnya, Amartha telah bekerja sama dengan Mandiri Tunas Finance, Bank Perkreditan Rakyat, Bank Permata serta lembaga keuangan lainnya.“Kami selalu membuka pintu kerja sama dengan pihak manapun, demi mewujudkan kesejahteraan merata” tutup Aria.

Please follow and like us:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

FACEBOOK
FACEBOOK
GOOGLE
GOOGLE
https://blog.amartha.com/amartha-bangun-sinergi-dengan-bank-mandiri">
LINKEDIN
%d bloggers like this: