Amartha Bangun Desa Sejahtera bersama Rumah Zakat

0
126

Amartha merupakan pionir fintech peer to peer lending yang berfokus pada pemberdayaan perempuan pengusaha mikro di pedesaan. Selama 10 tahun berkarya, Amartha menemukan bahwa berinvestasi dapat menciptakan dampak sosial. Dengan menciptakan kemudahan dalam mendapatkan akses permodalan untuk usaha mikro, ternyata dapat berkontribusi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat piramida bawah.

Sehingga Amartha merupakan perusahaan berdampak sosial yang terbuka untuk memberikan kontribusi lebih luas lagi pada masyarakat. Di kesempatan kali ini, Amartha bekerjasama dengan Rumah Zakat, lembaga filantropi yang mengelola zakat, infak, sedekah, serta dana sosial lainnya melalui program-program pemberdayaan masyarakat, dan didukung oleh Bank Ganesha untuk membangun sarana sanitasi di Desa Sejahtera Amartha dalam program “Hidup Sehat Demi Hidup Sejahtera #BersamaAmartha” dalam bentuk communal waterwell.

Peletakan batu pertama, Kelurahan Sumber – Kab.Cirebon, 20 Juli 2020.

Inisiasi ini berdasarkan informasi yang dicatatkan dari Kementerian PPN / Bappenas tahun 2018 bahwa Indonesia baru memenuhi 74,58% dari 265 juta jiwa yang memiliki  akses sanitasi yang layak, meninggalkan  67 juta jiwa yang belum mempunyai akses sanitasi layak.

Dengan kurangnya sanitasi yang layak dapat amenyebabkan pencemaran sungai dan tanah, sehingga berpotensi besar menjadi sumber berbagai  penyakit di sekitar wilayah tersebut, seperti kolera, diare, hepatitis, dan sebagainya. Banyak wilayah di Indonesia yang belum memiliki akses sanitasi yang layak termasuk beberapa desa mitra Amartha di antaranya adalah di Desa Tukmudal, Sukaraja dan Sumber.

Pada tanggal 20 Juli 2020, Amartha dan pihak Desa Sumber, Cirebon melakukan seremonial peletakan batu pertama. Semoga dengan pembangunan sanitasi water-well komunal di beberapa desa binaan Amartha dapat meningkatkan kualitas hidup mitra Amartha dan juga masyarakat di wilayah-wilayah tersebut. #KitaJanganMenyerah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here