Amalan Baik Yang Bisa Kamu Lakukan di Bulan Ramadan

|

|

|

Ramadan adalah bulan yang istimewa bagi setiap umat Muslim. Pasalnya, umat Muslim memperingati bulan istimewa ini hanya selama setahun sekali.

Selain itu, Ramadan juga dikenal sebagai bulan yang penuh dengan kebaikan. Setiap amal kebaikan yang dilakukan akan dilipatgandakan. Juga dengan setiap dosa akan diampuni jika bersungguh-sungguh bertaubat.

Oleh karena itu, kamu jangan sampai melewatkan bulan yang mulia ini. Bulan yang penuh dengan ampunan dan kesempatan terbaik untuk bertaubat. Jangan sampai kamu hanya mendapatkan lapar dan haus. Untuk itu, kamu bisa melakukan atau menunaikan Ibadah Puasa Ramadan serta melakukan amalan baik.

Amalan ini dapat menjadi pelengkap atau penyempurna ibadah wajib kamu selama Bulan Ramadan. Berikut ini adalah beberapa amalan baik yang bisa kamu lakukan di Bulan Ramadan:

1. Rajin Melakukan Salat Tarawih

Ibadah Sunnah yang satu ini wajib dilakukan oleh umat Muslim selama Bulan Ramadan. Ibadah ini juga merupakan salah satu amalan baik di bulan Ramadan yang pahalanya besar. Maka dari itu, hendaknya sebagai umat Muslim melakukan shalat sunnah Tarawih sebagai bekal memperoleh pahala dan memperoleh ridha Allah SWT.

2. Itikaf

Salah satu amalan yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW di Bulan Ramadan adalah dengan mendekatkan diri kepada Allah. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan I’tikaf di masjid. Pada sebuah hadits disebutkan bahwa, “Dari Ibnu Umar RA (diriwayatkan bahwa) ia berkata: Rasulullah SAW selalu beri’tikaf pada sepuluh hari yang penghabisan di Bulan Ramadan”. (HR. Al-Bukhari No. 2025 dan Muslim No. 2838).

Menurut para ulama, hukum I’tikaf ini adalah sunnah, tidak wajib. Kecuali jika kamu telah bernazar untuk beri’tikaf karena sesuatu hal. Waktu untuk beri’tikaf adalah di akhir Bulan Ramadan atau 10 hari terakhir, sebagaimana hadits yang disampaikan ‘Aisyah ra, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam beri’tikaf pada sepuluh hari yang akhir dari Ramadan hingga wafatnya kemudian isteri-isteri beliau pun beri’tikaf setelah kepergian beliau”. (HR. Al-Bukhari No. 2016 dan Muslim No. 1172).

3. Memperbanyak Dzikir

Amalan baik selanjutnya yang bisa dilakukan di bulan Ramadan adalah dzikir. Keistimewaan dzikir sesungguhnya jika dilakukan pada malam dan siang hari di Bulan Ramadan. Pasalnya, malam dan siang hari di Bulan Ramadan merupakan waktu yang mulia.

Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan waktu tersebut untuk melakukan dzikir dan berdoa. Khususnya pada waktu-waktu yang istijabah, diantaranya saat berpusa hingga berbuka, saat malam terutama pada sepertiga malam terakhir, dan saat sahur.

4. Membayar Zakat

Amalan baik berikutnya yang bisa dilakukan di Bulan Ramadan adalah membayar zakat. Zakat menjadi hal yang menyempurnakan amalanmu pada saat melakukan ibadah di Bulan Ramadan. Oleh karena itu, diwajibkan bagi setiap umat Muslim untuk senantiasa mengingat untuk membayar zakat pada saat melakukan ibadah puasa di Bulan Ramadan agar ibadahmu semakin sempurna.

5. Perbanyak Sedekah

Amalan baik selanjutnya yang bisa kamu lakukan selama Bulan Ramadan adalah memperbanyak bersedekah. Rasulullah SAW merupakan orang yang paling dermawan di antara manusia lainnya, dan beliau semakin dermawan saat berada di Bulan Ramadan (HR. Al-Bukhari No. 4711 dan Muslim No. 2307).

Oleh karena itu, sudah semestinya kita sebagai umat Muslim untuk mencontoh beliau di bulan yang penuh barakah ini dengan perbanyak sedekah, baik untuk kepentingan fi sabilillah maupun kaum dhu’afa dan fakir miskin. Nah, salah satu bentuk sedekah yang dianjurkan selama Bulan Ramadan ini adalah dengan memberikan ifthar (hidangan berbuka puasa) kepada orang-orang yang berpuasa.

Dari Zaid bin Khalid al-Juhani, bahwasanya Nabi SAW bersabda, “Barangsiapa yang memberi ifthar kepada orang-orang yang berpuasa, maka ia mendapat pahala senilai pahala orang yang berpuasa itu. Tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut”. (HR. Ahmad, Turmudzi dan Ibnu Majah).

6. Mendukung Pemberdayaan Perempuan

Amalan baik terakhir yang bisa kamu lakukan di Bulan Ramadan adalah mendukung pemberdayaan perempuan. Amalan yang satu ini bisa kamu lakukan dengan bergabung menjadi pendana di Amartha. Sebagai informasi, Amartha sebagai pelopor fintech Peer to Peer Lending (P2P Lending) yang telah memiliki izin usaha dan terdaftar di OJK senantiasa mendukung pemberdayaan perempuan dalam sektor ekonomi di Indonesia.

Pasalnya, sejak berdiri di tahun 2010 ini, Amartha terus berfokus hingga kini untuk menyalurkan pembiayaan modal kepada para perempuan tangguh pengusaha mikro di pedesaan. Selama 11 tahun terakhir, Amartha telah menyalurkan pendanaan sebesar 3.24 Triliun kepada lebih dari 600.000 perempuan tangguh di Pulau Jawa, Sumatera, dan Sulawesi.

Tidak hanya menyalurkan modal usaha dari investor kepada perempuan tangguh pengusaha mikro, Amartha juga memberikan pendampingan usaha, pelatihan keuangan, hingga cek kesehatan gratis. Dengan begitu, para pendana Amartha juga turut menciptakan dampak sosial yang nyata.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Moms, Ini Lho Perkiraan Biaya Imunisasi Si Kecil

Buat bayi, imunisasi adalah hal yang sangat penting didapat mengingat daya tahan tubuhnya masih sangatlah lemah. Sebagai informasi, imunisasi merupakan cara meningkatkan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...