Alternatif Uji Covid-19 dengan Tes PCR Saliva, Ini Harga dan Tempatnya!

0
76
tes pcr
Sumber Foto: Pexels

Lakukan Uji Tes PCR Saliva di Salah Satu Tempat ini

Seringkali ketika melakukan tes pemeriksaan untuk Corona, kamu akan merasakan sakit ketika sample diambil, apalagi dengan tes PCR. Pengambilan sample yang berulang, yaitu dari hidung dan tenggorokan, membuat sakit pun terasa berkali-kali lipat. Untung sekarang sudah dikembangkan tes pemeriksaan untuk Corona tanpa sakit, yaitu dengan metode saliva. 

Mengenal Metode Saliva 

Sama seperti namanya tes PCR Saliva ini akan membantu pengecekan adanya virus corona dalam tubuh, namun menggunakan data dari saliva. Tes ini dinilai mirip dengan RT-PCR, namun tidak menyakitkan dan lebih mudah pengambilan datanya. 

Pengambilan sampel air liur akan dilakukan dengan cara meludahkannya di tabung sample. Hal ini tentu saja memberikan kemudahan dari tes-tes lainnya yang menggunakan sample darah, sample dari tenggorokan dan juga hidung. Selain itu, tes ini dianggap sangat baik digunakan untuk anak di bawah delapan belas tahun, karena kenyamanan dalam pengambilan samplenya. 

Sudah Teruji di Berbagai Negara

Jika kamu khawatir akan kredibilitas tes jenis ini maka kamu harus tahu bahwa tes ini sudah dilakukan di sejumlah negara lainnya. Negara-negara tersebut yaitu negara Singapura, negara Taiwan, juga negara Hong Kong. Ketiga negara tersebut sudah sepakat untuk menggunakan tes menggunakan metode saliva ini karena dianggap lebih mudah dan menyakitkan. 

Baca Juga: PeduliLindungi: Cara Cek dan Unduh Sertifikat Vaksin

Tempat dan Harga Tes PCR

Sumber Foto: Pexels

1. InnoLAMP

Walaupun sudah disetujui oleh banyak negara, namun penggunaan tes ini masih belum seumum tes-tes lainnya. Maka tempat tes PCR ini pun lebih jarang dan lebih mahal. Tempat tes PCR Saliva yang pertama yaitu buatan dalam negeri yaitu dari Kalbe Farma. 

Kalbe Farma merencanakan akan meluncurkan tes InnoLamp ini ke laboratorium-laboratorium yang berminat yang ada di Indonesia. Sehingga tidak hanya dapat dilakukan di laboratorium tertentu saja. InnoLAMP dibanderol dengan harga Rp 400.000 sampai Rp 500.000 saja. Untuk tes Corona tanpa sakit termasuk murah ya. 

2. Rumah Sakit Mayapada

Tempat tes dengan metode saliva selanjutnya adalah di Rumah Sakit Mayapada Jakarta Selatan. Di rumah sakit ini harga tes PCR Saliva terbilang lebih mahal daripada Kalbe Farma, yaitu dibanderol dengan harga Rp 700.000 hingga Rp 800.000 per orangnya. 

Untuk bisa mendapat tes di rumah sakit ini maka kamu perlu menghubungi nomor yang disediakan di website Rumah Sakit Mayapada Jakarta. Hal ini karena pemeriksaan dilakukan dengan terbatas. Hasil tes dengan metode ini nantinya akan langsung keluar di hari berikutnya, sehingga kamu tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mendapatkan tes. 

3. Rumah Sakit National Hospital Surabaya

Tempat ketiga yaitu di Rumah Sakit National Hospital. Sama seperti di Rumah Sakit Mayapada, tes dengan metode saliva di rumah sakit National Hospital juga harus dilakukan dengan reservasi melalui nomor yang tersedia. 

Reservasi tersebut bisa juga dilakukan di aplikasi yang disediakan oleh National Hospital Surabaya. Dengan tingkat akurasi yang hampir seratus persen, kamu bisa mengetahui hasil tes Corona ini tanpa sakit sama sekali. 

Itulah alternatif tes PCR dari harga hingga tempatnya yang bisa menjadi pilihan ketika ingin melakukan tes corona. Dari kasus Covid ini kita jadi tahu, bahwa kesehatan itu penting. Yuk, persiapkan kesehatanmu dengan perencaan keuangan yang tepat. Salah satunya dengan berinvestasi di P2P lending yang aman seperti Amartha.

Dengan investasi P2P lending di Amartha, kamu bisa dapat untung hingga 15% per tahunnya. Selain itu, kamu juga berjasa memberi modal pada para pebisnis perempuan yang ingin sukses namun terkendala akses modal di pedesaan, lho.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here