Alasan Bisnis Franchise Adalah Bisnis Terbaik Untuk Pemula

|

|

|

Apakah kamu pengusaha pemula yang ingin berbisnis? Bisnis franchise adalah salah satu bisnis terbaik yang bisa kamu coba. Apa alasannya?

Menjadi seorang pengusaha adalah pilihan banyak orang, apalagi generasi muda. Namun, membangun bisnis tidaklah mudah, ada banyak hal yang perlu disiapkan seperti modal, ide/konsep bisnis, sumber daya, serta strategi untuk meraih sukses.

Bisnis franchise atau bisnis waralaba adalah sebuah metode membuka bisnis dengan nama, merek dagang, produk, hingga bahan dari bisnis yang sudah ada. Bisnis franchise dipelopori oleh Howard Deering Johnson, pengusaha asal Amerika Serikat yang membuka bisnis restoran bernama Hojo.

Ketika membeli bisnis franchise, berarti kamu bisa menggunakan ide, brand, logo, sumber daya, dan proses dari seorang franchisor secara legal. Konsep bisnis ini disebut sistem franchise. Jadi, bila membeli sebuah perusahaan franchise dari seorang franchisor, kamu disebut seorang franchisee.

Selain berhak menggunakan merek dagang dan sistem bisnis seorang pemilik franchise, seorang franchisee juga berhak menjual kembali produk franchise-nya. Setelah membeli sebuah franchise, kamu harus menjalankan bisnis sesuai perjanjian dengan franchisor. Sebagai imbalan, franchisor kamu akan turut memelihara proses bisnis franchise tersebut.

Lantas, kenapa sih franchise ini bisa dibilang sebagai konsep bisnis menguntungkan? Berikut ini adalah 5 alasan kenapa franchise adalah bisnis terbaik untuk kamu!

5 Alasan Franchise Adalah Bisnis Terbaik untuk Pemula

 1. Minim Resiko

Dibandingkan dengan memulai bisnis yang baru, mengambil franchise terbilang lebih minim resiko. Mengapa?

Karena perusahaan-perusahaan franchise memiliki model bisnis yang telah teruji dan terbukti efektif. Selain itu, kamu juga tidak perlu berkali-kali mengeluarkan modal usaha karena umumnya usaha tipe ini memberlakukan sistem pembayaran di awal.

Misalnya, kamu harus membayar senilai 50 juta rupiah untuk mulai berbisnis franchise kedai kopi, dan selebihnya tinggal menjalankan bisnis tersebut tanpa harus menambahkan modal lagi ke bisnismu. Hal ini akan meminimalisir kemungkinan bisnis berhenti karena kehabisan modal.

2. Tidak Perlu Membangun Branding

Branding merupakan kegiatan yang cukup sulit ketika kamu memulai bisnis sendiri, karena harus berusaha keras memperkenalkan produkmu ke masyarakat luas di tengah sengitnya persaingan bisnis produk serupa.

Baca Juga: Inilah 3 Alasan Pentingnya Mencatat Keuangan Bagi UMKM

Berbeda halnya dengan mengambil franchise, kamu tidak perlu susah-susah untuk membangun brand produk tersebut. Sebab, biasanya produk-produk franchise sudah kuat dalam segi brand dan juga sudah memiliki segmentasi pasarnya masing-masing.

3. Mendapatkan Pelatihan dan Dukungan

Franchise adalah bisnis tim, sehingga franchisor akan selalu meningkatkan dan mempertahankan reputasi bisnis yang solid dengan memastikan bahwa semua franchisee beroperasi sesuai standar tertentu.

Untuk itu, pemegang bisnis franchise dan karyawannya akan mendapatkan pelatihan serta dapat mengandalkan dukungan dari franchisor. Termasuk aspek operasional, teknis, mengelola keuangan, cara mempekerjakan karyawan hingga membangun relasi yang baik dengan pelanggan.

4. Manajemen Bisnisnya Sudah Terbangun

Berbeda dengan merintis bisnis sendiri, sistem waralaba atau franchise adalah sebuah sistem yang telah dilengkapi manajemen bisnis yang matang.

Pada umumnya, para franchisor membuka bisnis waralabanya bagi yang berminat untuk membeli franchise-nya karena bisnis mereka telah mapan, memiliki pasar yang stabil, serta reputasi yang baik. Otomatis, manajemen maupun strategi bisnisnya hanya tinggal dilanjutkan saja.

5. Punya Peluang Keberhasilan yang Tinggi

Selain minim risiko, bisnis franchise juga memiliki peluang keberhasilan yang lebih tinggi dibandingkan dengan bisnis mandiri. Terlebih lagi apabila produk franchise yang kamu pilih merupakan sebuah produk yang sudah memiliki jumlah loyal customer yang sangat banyak. Bukan tidak mungkin bisnis yang kamu miliki juga akan berhasil seperti mitra-mitra franchise terdahulu.

Itulah 5 alasan kenapa franchise adalah bisnis terbaik untuk kamu. Selamat mencoba ya!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Semua Orang Bisa Jadi Sultan. Investasi di Amartha Mulai dari 100 Ribu Rupiah!

Good News From Amartha!  Dalam rangka mempercepat indeks inklusi keuangan di Indonesia sekaligus menjangkau lebih banyak pendana untuk mendorong...

Black Card, Bisa Punya Gak Ya?

Belum lama ini, muncul video viral di TikTok tentang charge card paling istimewa di Dunia yang disebut Black Card.

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...