Home Usaha Mikro dan UKM Agen BRILink: Cara Daftar dan Keuntungannya

    Agen BRILink: Cara Daftar dan Keuntungannya

    0
    506
    Sumber Foto: iStockphoto

    Agen BRILink adalah salah satu layanan yang menjadi pelopor branchless banking dan populer di Indonesia. Agen BRILink merupakan perpanjangan tangan dari layanan bank BRI yang dengan menjadikan nasabah sebagai Agen.

    Lewat Agen BRILink, masyarakat tidak harus datang ke bank untuk melakukan transaksi perbankan tertentu, seperti transfer, setor tunai, tarik tunai, dan pembayaran tagihan.

    Biasanya Agen BRILink sangat dibutuhkan di daerah pelosok, daerah yang jauh dari ATM BRI, atau masyarakat non-bankable (tidak memenuhi persyaratan atau sulit terjangkau bank).

    Nah, untuk lebih jelas seputar Agen BRILink, berikut pembahasannya!

    Jenis Layanan yang Disediakan Agen BRILink

    Pada dasarnya ada beragam jenis layanan yang bisa ditawarkan oleh Agen BRILink antara lain:

    1. T-Bank

    T-Bank merupakan layanan keuangan berbasis digital yang menggunakan server milik BRI. Pada jenis layanan ini, kamu cukup menggunakan nomor ponsel yang kemudian didaftarkan sebagai nomor rekening.

    Adapun, dengan menggunakan layanan T-Bank, nasabah bisa melakukan setoran tabungan, setoran pinjaman, ataupun tarik tunai melalui Agen BRILink.

    2. Lakupandai

    Layanan ini merupakan bagian dari keagenan BRILink sehingga agen dapat menyediakan berbagai layanan transaksi perbankan, tetapi tidak melalui jaringan BRI. Jenis layanan Lakupandai antara lain adalah fitur Cash In dan Cash Out, Report, setoran uang, tarik tunai, isi ulang pulsa, dan belanja di merchant pilihan.

    3. Mini ATM

    Jenis layanan ini memungkinkan Agen BRILink untuk melakukan transaksi nontunai menggunakan mesin EDC mini ATM BRI. Fitur yang tersedia pada jenis layanan ini antara lain registrasi mobile banking dan internet banking, transfer uang, pembayaran tagihan, isi ulang pulsa, dan setor tunai.

    Keuntungan Menjadi Agen BRILink

    Pada dasarnya siapa saja bisa menjadi Agen BRILink. Apalagi, dengan menjadi Agen BRILink, kamu bisa mendapatkan tambahan pendapatan sekaligus memberikan kemudahan akses bertransaksi di lingkungan tempat tinggalmu.

    Adapun, berikut ini adalah beberapa keuntungan lain yang bisa didapatkan dengan menjadi Agen BRILink:

    • Pendampingan dari tenaga pembina dari BRI yang jumlahnya ada puluhan ribu saat ini.
    • Fee kompetitif dari setiap transaksi yang berhasil dilakukan.
    • Menyediakan fitur yang paling lengkap.
    • Tanpa modal alat (khusus Agen BRILink Mobile).
    • Memperoleh asuransi yang memproteksi Agen BRILink dari kecelakaan atau kebakaran tempat usaha yang merangkap tempat tinggal.

    Cara Mendaftar Menjadi Agen BRILink

    Perlu diketahui, untuk mendaftar sebagai Agen BRILink dapat dilakukan oleh nasabah perorangan maupun badan usaha. Layaknya pembukaan rekening biasa, kamu perlu membawa identitas diri, mengisi formulir, dan mengikuti instruksi dari petugas bank BRI.

    Berikut ini cara mendaftar sebagai Agen BRILink:

    • Siapkan dokumen identitas. Nasabah perorangan ataupun badan usaha dapat menyiapkan identitas diri berupa KTP dan NPWP (untuk badan usaha harus pemilik).
    • Khusus bagi nasabah badan usaha perlu menyerahkan dokumen legalitas usaha, yaitu surat keterangan usaha dari RT/RW atau SIUP (Surat Izin Usaha perdagangan), SITU (Surat Izin Tempat Usaha), TDP (Tanda Daftar Perusahaan), akta pendirian, atau surat izin usaha lain yang sah.
    • Membawa rekening tabungan BRI ataupun rekening koran serta salinannya. Apabila belum menjadi nasabah BRI, kamu wajib membuka rekening terlebih dahulu.
    • Datang ke unit kerja bank BRI terdekat dan minta serta isi formulir Formulir Pengajuan Agen BRILink atau Perjanjian Kerja Sama. Selanjutnya, ikuti instruksi petugas bank BRI.

    Selain itu, ada beberapa syarat yang juga harus dipenuhi jika ingin menjadi Agen BRILink antara lain:

    • WNI perorangan/instansi non berbadan hukum.
    • Memiliki usaha minimal 2 tahun yang disertai Surat Izin Usaha minimal dari perangkat desa.
    • Memiliki rekening di BANK BRI.
    • Menyetor uang jaminan sebesar Rp 3.000.000, (khusus EDC). Selama menjadi agen saldo tersebut akan diblokir.
    • Memiliki smartphone minimal OS Android 4.4 (Kitkat), akses internet serta printer mobile (optional) bagi Agen BRILink Mobile.
    • Belum menjadi agen dari Bank penyelenggara Laku Pandai lainnya.
    • Status tempat usaha milik sendiri.

    Well, itulah penjelasan seputar Agen BRILink, keuntungan, serta cara mendaftarnya. Apakah kamu tertarik mendaftar?

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here