Affiliate Marketing: Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Sambil Rebahan

0
833
bisnis afiliasi atau affiliate marketing
Ilustrasi anak muda yang mengikuti bisnis afiliasi atau affiliate marketing

Di zaman yang canggih ini, cara mendapatkan uang dari internet dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, bahkan sambil rebahan. Aktivitas mendapatkan uang dari internet sambil rebahan adalah menjadi blogger, dropshipper, hingga affiliate marketing.

Apakah itu Affiliate Marketing?

Mengutip dari Redcomm, affiliate marketing adalah model bisnis yang menerapkan sistem pemberian komisi atas jasa seseorang yang telah membantu memasarkan produk atau jasa dari suatu perusahaan penyelenggara atau e-commerce.

Pemberian komisi ini dilakukan jika seseorang sudah berhasil memasarkan produk atau jasa dalam jumlah tertentu. Mengenai jumlah komisi yang diterima sebelumnya telah disepakati bersama. Misalnya Martha akan mendapatkan komisi sebesar Rp10.000 setiap ada dua orang yang membeli dari link yang disebar.

Affiliate marketing pertama kali berkembang di Amerika Serikat pada tahun 1994. Pengeluaran untuk affiliate marketing di Amerika bahkan mencapai 10,1% per tahun dan metode tersebut sudah dilakukan oleh pelaku UMKM.

Kelebihan dan Kekurangan Menjalani Affiliate Marketing

Bagi Anda yang ingin mendapatkan uang dari internet dengan menjalani affiliate marketing, pahami terlebih dahulu mengenai kelebihan dan kekurangannya. Kelebihan dari affiliate marketing adalah:

  1. Modal kecil atau bahkan tidak membutuhkan modal materi sama sekali
  2. Pendaftaran mudah
  3. Jam kerja fleksibel
  4. Bisa jadi sumber passive income
  5. Banyak produk yang bisa ditawarkan

Sementara kekurangannya yaitu:

  1. Penghasilan tidak tetap
  2. Butuh kesabaran dan kerja keras
  3. Bersaing dengan affiliate marketer lain

Cara Melakukan Affiliate Marketing

Setiap perusahaan penyelenggara atau e-commerce mewajibkan persyaratan dan ketentuan yang berbeda-beda pada program affiliate marketing.

Meskipun demikian, berikut ini beberapa cara umum yang dilakukan untuk mengikuti affiliate marketing:

1. Riset Program dan Mendaftarkan Diri

Ada banyak e-commerce di Indonesia. Itu artinya setiap e-commerce memiliki syarat tertentu yang mungkin berbeda. Cari tahu program sedetail mungkin dan pilihlah mana yang sesuai dengan Anda. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah relevansi produk atau layanan, komisi, pengguna afiliasi, dan support.

Setelah itu daftarkan diri Anda dengan menjalani prosedur yang berlaku.

2. Cari Tahu Produk atau Jasa Yang Ditawarkan

Agar komisi terus mengalir ke rekening Anda, pastikan Anda memahami seluk beluk produk atau jasa yang nantinya akan dipasarkan. Sampaikan informasi yang spesifik untuk meningkatkan kepercayaan calon pembeli.

3. Cari Media Promosi dan Melakukan Promosi

Karena Affiliate Marketing adalah memasarkan suatu produk atau jasa, maka memahami media promosi yang sesuai dengan produk yang akan dipasarkan adalah salah satu kunci suksesnya. Contoh dari media promosi adalah Instagram, Blog, Tiktok, hingga Youtube.

Selanjutnya promosikan produk atau jasa pada media promosi yang dipilih. Anda bisa mengikuti tren yang sedang cocok dengan produk yang akan dipasarkan. Hal ini bisa saja mendongkrak jumlah klik atau pembelian dari link Anda, lho.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai cara mendapatkan uang dari internet melalui program affiliate marketing.

Setelah Anda mendapatkan komisi, gunakanlah dengan bijak. Salah satunya dengan melakukan investasi di Amartha.

Amartha

Amartha merupakan pionir perusahaan P2P Lending di Indonesia yang menyalurkan dana Anda kepada perempuan pengusaha mikro di pedesaan melalui pendampingan dan pelatihan usaha. Anda bisa mendapatkan bagi hasil hingga 15% flat per tahun setiap mendanai satu mitra usaha Amartha.

Anda tidak perlu khawatir karena Amartha adalah perusahaan P2P Lending yang aman. Amartha sudah terdaftar dan memiliki izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak tahun 2019 lalu.

Tertarik berinvestasi di Amartha? Pelajari selengkapnya di website www.amartha.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here