Home News Ada Apa Dengan Bank Muamalat? Inilah Misi Penting Untuk Menyelamatkan Bank Muamalat!

Ada Apa Dengan Bank Muamalat? Inilah Misi Penting Untuk Menyelamatkan Bank Muamalat!

0
1319

Seperti yang kita ketahui, Bank Muamalat merupakan salah satu jenis Bank dengan basis syariah yang sudah berdiri sejak lama. Namun, akhir-akhir ini muncul berita tak sedap yang menimbulkan tanya banyak orang. Ada apa dengan Bank Muamalat? Sebagai Bank syariah paling tua di Indonesia, Bank ini dianggap harus diselamatkan sebelum ambruk hingga tutup.

Masalah yang dihadapi oleh Bank Muamalat ini, bahkan membuat banyak pihak atau lembaga tertentu yang turun tangan. Seperti misalnya OJK dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara. Sebenarnya, seberapa genting sih situasi dan kondisi di Bank Muamalat? 

Misi-Misi Penyelamatan Khusus Untuk Bank Muamalat

Persoalan yang dihadapi oleh Bank berbasis syariah ini, ternyata memang sudah terjadi sejak tahun 2015 silam. Sejak saat itu, Bank Muamalat memang sudah mengalami kekurangan modal. Bahkan kabarnya, para pemegang saham terlama di Bank tersebut juga tidak mau mengeluarkan dananya. 

Asal muasal kurangnya modal ini, diawali oleh kredit korporasi seperti dalam sektor pertambangan yang dianggap terlalu jor-joran alias besar-besaran. Itulah sebabnya Bank ini mengalami krisis keuangan. Banyak pihak yang menyebutkan juga, kalau strategi yang dilakukan Bank syariah ini salah. 

Inilah beberapa misi penyelamatan yang dilakukan khusus untuk membuat Bank Muamalat kembali berjaya :

  • Perkuat Modal? Itulah Misi Utama Untuk Bank Muamalat!

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah, menguatkan modal dan memperbaiki kualitas aset. Untuk sampai di tahap itu, Bank Muamalat diminta untuk mengatur strategi yang baru, dalam manajemen keuangannya. Karena akan sayang disayangkan ya, Bank syariah ini punya potensi besar dalam perkembangannya di Indonesia.

Karena nama yang dimiliki Bank Muamalat sebagai bank syariah pertama di Indonesia, yang membuat Bank ini layak untuk bangkit kembali.

  • Membentuk Panitia Khusus Dari DPR

Langkah kedua dalam misi penyelamatan ini yaitu, membentuk panitia kerja khusus dalam membahas persoalan ini yang bekerja sama juga dengan OJK. Panitia ini akan diambil dari masing-masing fraksi di DPR. Lalu tugasnya apa? Tentu mencari penyumbang modal bagi Bank Muamalat.

Sejauh ini, yang dianggap mungkin sebagai penanam modal terbesar adalah bank-bank BUMN.

  • Jangan Khawatir, Bank Mualamat Belum Sepenuhnya Bangkrut

Bagi Kamu yang menjadi nasabah di Bank ini, atau merasa cocok bekerja sama dengan Bank Muamalat jangan khawatir. Karena Bank syariah tertua ini, ternyata belum sepenuhnya bangkrut. Sehingga masih sangat mungkin diselamatkan. Ditambah lagi, fundamental dari Bank syariah ini dianggap masih sangat kuat dengan pencatatan laba bersih.

Sehingga, misi penyelamatan ini harus benar-benar dilakukan dengan strategi yang tepat supaya tidak dianggap ambruk/bangkrut.

Jelas sudah bahwa Bank Muamalat sebenarnya masih mampu berdiri kembali, asalkan dilakukan langkah yang tepat dalam penyelamatan tersebut. 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here