Home Syariah KURMA Ada 6 Orang Yang Tidak Wajib Puasa. Siapa Saja?

Ada 6 Orang Yang Tidak Wajib Puasa. Siapa Saja?

0
16512
KURMA - Orang Yang Tidak Wajib Puasa

Mengerjakan puasa pada bulan Ramadhan hukumnya wajib untuk setiap muslim, tetapi terdapat kelompok orang yang tidak wajib puasa.

Golongan orang yang diperbolehkan meninggalkan puasa Ramadhan terdiri dari mereka yang memang tidak kuat serta tidak mampu menjalankan puasa. 

Penyebabnya cukup beragam mulai dari kendala usia, orang yang dalam perjalanan hingga kesehatan yang sudah tidak memungkinkan. Siapa sajakah golongan tersebut? Yuk cari tahu di bawah ini!

Golongan Orang yang Tidak Wajib Puasa

Berikut beberapa golongan yang tidak wajib menjalankan puasa pada bulan Ramadhan, antara lain:

1. Anak kecil

Anak kecil dengan usia dibawah 7 tahun tidak wajib menjalankan ibadah puasa Ramadhan karena ia belum baligh. Namun, bila ia sudah haid, maka wajib untuk berpuasa. 

Puasa yang dapat dilakukan oleh anak-anak seperti berbuka ketika dzuhur atau yang sering disebut dengan puasa bedug, kemudian di didik secara bertahap sampai ia dapat berpuasa full hingga magrib. 

2. Orang gila

Kedua, orang yang tidak wajib puasa Ramadhan yang lainnya adalah orang gila atau orang yang hilang akal. Selain itu orang yang hilang akal tidak berdosa ketika tidak puasa serta tidak menjalankan shalat. 

Baca Juga: 5 Tips Kuat Puasa Ramadan Seharian dan Tetap Produktif

3. Orang yang sakit

Salah satu syarat wajib puasa adalah mampu menjalankan ibadah puasa. Sehingga, orang yang saskit tidak wajib meninggalkan puasa Ramadhan. Namun, keterangan sakit ini juga harus diperhatikan. 

Bila yang sakit merupakan anak muda dan hanya sakit biasa, ia wajib untuk berpuasa, bila tida, ia wajib untuk membayar qodho, karena sakit yang dimaksud ialah sakit yang menjadikan ia berat menjalankan puasa, mungkin penyakitnya dapat bertambah menurut dokter. 

4. Orang lanjut usia

Orang yang tidak wajib puasa berikutnya adalah orang yang sudah tua atau lansia serta tidak dapat menjalankan puasa. Orang yang sudah lanjut usia diberi kelonggaran tidak berpuasa. 

Dan sebagai gantinya, orang yang meninggalkan puasa Ramadhan karena sudah lansia diwajibkan untuk membayar fidyah yakni dengan memberi makan fakir miskin setiap ia tidak berpuasa. 

Sedangkan, ukuran satu fidyah yang harus dibayar adalah setengah sha’ kurma atau gandum. Dapat juga diganti beras sebesar 1.5 kg beras. Golongan yang satu ini tentu sudah banyak diketahui. 

Baca Juga: Selain Turun Berat Badan, Ini Dia Manfaat Puasa Lainnya!

5. Wanita yang sedang haid atau nifas

Beda dengan orang yang diperbolehkan meninggalkan puasa, wanita yang sedang dalam keadaan haid serta nifas bahkan dilarang untuk menjalankan ibadah puasa serta menjalankan ibadah yang lainnya. 

Wanita yang sedang haid serta nifas dilarang menjalankan ibadah puasa selama masa haid serta nifas tersebut. Namun, mereka diwajibkan untuk mengganti puasa di kemudian hari. 

6. Musafir

Untuk orang yang sedang berada dalam perjalanan jauh atau yang bisa disebut dengan musafir juga menjadi golongan yang diperbolehkan meninggalkan puasa Ramadhan. Bahkan hal ini tercantum di dalam Surat Al-Baqarah ayat 185. 

Sehingga, jika seseorang melakukan perjalanan jauh ketika berpuasa, ia diizinkan untuk tidak berpuasa bila kondisinya sedang berat serta menyulitkan. Akan tetapi, orang tersebut tetap diwajibkan untuk mengganti puasanya di kemudian hari. 

Menjalankan puasa merupakan ibadah yang wajib dilakukan. Namun, seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, terdapat kelompok orang yang tidak wajib puasa.

Meskipun sedang tidak wajib puasa, kamu tetap bisa melakukan hal baik agar mendapat berkah puasa, apalagi di bulan suci ramadan lho. Caranya dengan memberdayakan perempuan UMKM di desa melalui Amartha.

Dengan memberdayai mereka melalui akses modal usaha, kamu bisa mendapatkan imbal hasil sampai 15% flat per tahun, lho. Ayo modalin perempuan UMKM Amartha sekarang!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here