9 Naga: Rusdi Kirana Si Bos Lion Air Group

0
193
rusdi kirana 9 naga
Sumber Foto: The Jakarta Post

Sekilas Mengenal Anggota 9 Naga

9 naga, mungkin istilah ini sudah tidak asing lagi kamu dengar. Anggota dari penguasa ekonomi ini merupakan mereka yang mempunyai kekuatan finansial sehingga bisa mengatur hukum serta permainan politik yang berada di Indonesia. 

Tentu saja profil 9 naga ini tidak menyebutkan siapa saja, namun merujuk pada pribadi-pribadi tertentu seperti Sofjan Wanandi sebagai Pemilik Gemala Group, kemudian Tahir merupakan pendiri Mayapada. 

Nama-nama lainnya seperti James Riyadi, Jacob Soetoyo, Anthony Salim, Tommy Winata, Edwin Soeryadjaya, Robert Budi Hartono dan terakhir Rusdi K pendiri Lion Group. 

Baca Juga:
Jadi Pemilik Salim Grup dan Konglomerat di Indonesia, Ini Biografi Anthony Salim

Sepak Terjang Rusdi Kirana dalam Dunia Bisnis

Sebagai anggota dari 9 naga Indonesia, nama Rusdi memang begitu sering diperbincangkan. Sosok ini memang mengundang cukup banyak perhatian. Bahkan di bawah kendali yang dimilikinya, Lion Air sempat meneken kontrak pembelian Boeing dan Airbus dengan nilai tidak kecil. 

Pasti kamu penasaran bukan, seperti apa sebenarnya sepak terjang yang dimilikinya hingga bisa berada di tahap ini. Berikut selengkapnya:

1. Berasal dari Keluarga Pedagang

Rusdi berasal dari keluarga pedagang yang lahir di tahun 1963, tepatnya tanggal 17 Agustus. Didikan yang diberikan orangtuanya tumbuh menjadi seseorang yang pekerja keras dan hemat. 

Bahkan jiwa pebisnis yang dimilikinya juga terasah dari muda, ketika menempuh pendidikan di Universitas Pancasila Jakarta, Fakultas Ekonomi, Rusdi mencoba menjadi calo tiket di bandara. 

2. Mendirikan Biro Penjualan Tiket

Di tahun 1990, Rusdi dan kakaknya membuka biro penjualan tiket dengan nama Luon Tour. Usaha penjualan tiket yang dimilikinya terus menerus berkembang hingga di tahun 2000, dengan modal yang ia miliki, Rusdi mendirikan maskapai Lion Air.

Lion Air melayani penerbangan dengan biaya rendah, bahkan Lion Air memiliki tagline yang populer “We Make People Fly”. Pada awal pendiriannya, Lion beroperasi dengan 2 pesawat rute Jakarta ke Pontionak. 

3. Memborong Pesawat

Julukan 9 naga muncul setelah kehebohan Rusdi  memborong pesawat. Lion Group sempat melakukan ekspansi besar-besaran bahkan menarik perhatian dunia, tepatnya di tahun 2011, Rusdi membawa pulang 230 pesawat komersial Boeing dengan nilai 22,4 USD. Penandatanganan ini bahkan disaksikan oleh Barack Obama sebagai presiden Amerika Serikat di masa tersebut. 

Bukan hanya itu, Lion Air juga menggandeng Airbus di tahun 2013, Rusdi sepakat membawa pulang 234 pesawat dengan harga 100 juta USD per unitnya. Ia terbang langsung ke Prancis dan meneken kontrak yang disaksikan oleh Presiden Prancing di masa tersebut. 

4. Mencoba Masuk di Dunia Politik

Mempunyai profil sebagai pengusaha yang begitu kuat, siapa yang mengira jika Rusdi juga sempat mencoba dunia politik, di tahun 2014 ia bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa dan memiliki jabatan sebagai Wakil ketua Umum. 

Nama Rusdi bahkan begitu santer dikabarkan masuk di pemerintahan di bawah presiden Jokowi tahun 2014. Tetapi, prediksi meleset namun ia tetap masuk di dalam pemerintahan sebagai Wantimpres tahun 2015.

Tentu saja perjuangan yang harus dilalui oleh Rusdi tidak mudah. Banyak kegagalan-kegagalan yang mungkin ia alami namun tidak banyak dibahas di tengah publik. Jika ingin sukses seperti Rusdi, kamu bisa mulai melakukan investasi mulai dari sekarang. 

Dari berbagai macam investasi, P2P lending menjadi pilihan yang menarik. Amartha merupakan salah satu perusahaan penyedia P2P lending dengan imbal hasil menggiurkan. Tidak ada salahnya mengawali keinginan menjadi anggota naga 9 dengan melek investasi terlebih dulu. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here