9 Cara Cerdas Mengatur Keuangan Pribadi dengan Gaji Kecil

0
436
Ilustrasi cara mengatur keuangan pribadi. sumber: www.istockphoto.com
Ilustrasi cara mengatur keuangan pribadi. sumber: www.istockphoto.com

Mengatur keuangan pribadi adalah suatu keharusan. Sebab, dalam sistem saat ini yang serba kapitalis, uang merupakan hal yang gampang ‘menghilang’ atau dengan kata lain ‘habis’ karena disalurkan untuk kebutuhan dan keinginan yang tidak pernah surut. 

Bagi seseorang yang memiliki gaji atau pendapatan rendah, pengaturan keuangan pribadi harus dilakukan dengan cara cerdas. Agar kebutuhan dapat ter-cover dengan baik, begitupun dengan keinginan dan dana cadangan atau darurat. 

Nah, apakah kamu merupakan salah seorang yang berpenghasilan rendah tersebut? Jika iya, jangan berputus asa dan upgrade pengelolaan finansial sebaik mungkin. Belum tahu apa saja cara-caranya? Mari ikuti pembahasan dalam artikel satu ini!

Cara Mengatur Keuangan Pribadi Untuk Gaji Kecil

Gaji kecil adalah suatu hal yang relatif dan bergantung pada sudut pandang atau kacamata subjektif individu. Jadi, dapat diartikan bahwa setiap orang memiliki definisi mereka masing-masing tentang gaji kecil. 

Ada yang mengatakan bahwa gaji kecil memiliki kisaran di bawah UMR, ada pula yang mengatakan bahwa gaji kecil adalah UMR, ada juga yang mengartikan gaji kecil adalah pendapatan dengan nominal yang tidak mampu memenuhi gaya hidup mereka. 

Nah, apapun definisinya, ketahui cara mengatur keuangan pribadi agar tidak boros. Mulai dari melakukan pencatatan keuangan, menciptakan anggaran bulanan, hingga mengoptimalkan tabungan dengan investasi. Selengkapnya, ketahui poin-poin berikut:

1. Melakukan Pencatatan Pengeluaran

Langkah pertama mengatur keuangan pribadi bagi kamu bergaji kecil adalah dengan mencatat setiap pengeluaran yang terjadi di setiap kurun waktu tertentu, misalnya bulanan. Dengan begini, hal tersebut dapat dijadikan evaluasi atau acuan kedepannya. 

2. Menciptakan Anggaran Bulanan

Cara mengatur keuangan sederhana selanjutnya yaitu menciptakan anggaran bulanan. Kamu dapat membuat pos-pos pengeluaran dan membatasinya dalam persentase tertentu. Misalnya kebutuhan 70%, tabungan 10%, dana darurat 10%, dan lainnya. 

3. Membebaskan Pribadi dari Hutang

Ini merupakan cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji 2 juta atau di bawah UMR yang sangat wajib dilakukan. Caranya yakni dengan melunasi semua hutang-hutang yang ada dan memberi sugesti kepada diri sendiri untuk tidak berhutang lagi.

4. Menggunakan Voucher dan Promo

Promo dan voucher adalah suatu hal yang saat ini sangat marak eksistensinya di e-commerce dan outlet makanan tertentu. Manfaatkan hal ini agar kamu bisa semakin hemat karena mendapatkan harga yang lebih murah saat berbelanja atau makan. 

5. Menjual Barang yang Tidak Digunakan

Semua orang pastinya pernah menjadi konsumtif dalam suatu waktu karena dorongan impulsif, sehingga mereka secara tidak sadar membeli barang tidak berguna. Menyesal dengan hal ini? Jual saja barang-barang tersebut kembali!

Baca Juga: 6 Cara Mengatur Gaji, Dijamin Aman Meski Tanggal Tua

6. Membeli Barang Bekas

Sejumlah barang biasanya memiliki tingkat keawetan yang tinggi, sehingga layak untuk digunakan oleh pemilik selanjutnya. Fakta ini menyarankanmu untuk tetap hemat dengan membeli barang-barang bekas. 

7. Menggunakan Transportasi Umum

Pemerintah saat ini mencabut subsidi BBM tertentu dan tentu saja harganya menjadi naik. Mengetahui hal tersebut, mulailah mengatur keuangan pribadi dengan menggunakan transportasi umum saja.

8. Menjaga Kesehatan

Fisik dan psikis yang dalam kondisi tidak baik atau ‘sakit’ memerlukan penyembuhan yang berharga ‘mahal’. Mengetahui hal ini, mulailah menjaga kesehatan! Ini merupakan cara mengatur keuangan yang efektif.

9. Mempersiapkan Dana Darurat

Tidak dapat dipungkiri, hidup penuh kejutan dan tentu saja sangat sulit untuk diprediksi. Fakta pahit ini dapat kamu atasi dengan mempersiapkan dana darurat. Sisihkan sebagian penghasilanmu secara rutin dan disiplin untuk hal ini. Nah itu dia 9 cara cerdas mengatur keuangan pribadi untuk kamu berpenghasilan kecil. Mau tambah passive income untuk tabunganmu? Jangan lupa berinvestasi di microfinance marketplace Amartha dengan menjadi lender. Bagi hasilnya bisa mencapai 15% flat per tahun!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here