7 Tips Usaha Online di Media Sosial TikTok

    0
    27
    tips usaha online di tiktok
    Sumber Foto: Pexels

    Tips Usaha Online Melalui Media Sosial TikTok

    Platform TikTok saat ini tengah ada di puncak popularitas. Tak hanya digunakan sebagai media berbagi video dan konten-konten lucu bermanfaat, platform ini ternyata juga bisa jadi media promosi. Pelaku usaha online bisa menggunakan TikTok sebagai media untuk mengiklankan beragam jenis produk.

    Berikut ini Money+ bagikan 7 tips usaha online yang dapat dijalankan melalui media sosial TikTok:

    1. Gunakan Akun Bisnis

    Hal pertama yang sangat penting untuk dilakukan jika ingin berbisnis menggunakan media TikTok adalah membuat akun bisnis. Jika sebelumnya kamu sudah punya akun, maka ubahlah ke dalam format akun bisnis.

    Penggunaan akun bisnis ini akan membuat bisnismu terlihat lebih profesional. Tak hanya itu, melalui akun bisnis ini kamu bisa menggunakan beragam jenis fitur yang bisa menguntungkan bisnismu. 

    2. Buat Konten yang Menarik

    Jika sudah ada akun bisnis di TikTok maka jangan menunggu lama untuk membuat konten-konten promosi yang menarik. Segera unggah video konten yang bisa memperkenalkan bisnis dan produkmu.

    Mungkin bisa dimulai dengan konten-konten yang memperkenalkan nama bisnis demi membangun citra dan brand awareness. Selanjutnya bisa dibuat konten promosi yang jauh lebih kreatif dan menarik. 

    3. Optimalkan Pemakaian Fitur

    Tips usaha online sukses melalui platform TikTok berikutnya adalah manfaatkan semua jenis fitur yang tersedia. TikTok sendiri sudah menyediakan banyak sekali pilihan fitur yang bermanfaat dan bisa digunakan oleh pelaku usaha.

    Banyak juga fitur yang bisa mempercantik konten videomu di TikTok. Mulai dari fitur efek musik, voice changer, filter, timer, beautify, dan masih banyak lagi lainnya. Gunakan semua fitur ini secara optimal saat promosi bisnis. 

    4. Buat Caption yang Bagus

    Salah satu tips usaha online lewat TikTok yang juga memiliki pengaruh efektif adalah buat caption yang bagus. Setiap kali mengunggah konten, buatlah caption yang bagus dan menarik.

    Seringkali pengguna TikTok hanya fokus membuat konten menarik dan mengunggahnya tanpa peduli dengan fungsi caption. Padahal caption ini bisa memuat banyak informasi bermanfaat mengenai produk atau bisnis yang kamu jalankan. 

    5. Gunakan Hashtag

    Langkah berikutnya yang bisa dilakukan saat kamu berbisnis lewat TikTok adalah mempersiapkan hashtag yang tepat. Hashtag ini sama pentingnya dengan caption dan akan memperluas jangkauan target audiens untuk bisnismu.

    Di media sosial TikTok, fungsi hashtag ini punya pengaruh yang besar. Pilihlah jenis hashtag yang sesuai dan relevan dengan konten promosi yang kamu buat. 

    6. Buat Jadwal Posting

    Tak cukup hanya dengan membuat konten yang menarik dan pemberian caption maupun hashtag yang tepat. Tips usaha online shop lewat TikTok berikutnya adalah buat jadwal posting.

    Ternyata penyusunan jadwal posting ini juga sangat penting dan akan memberikan efek besar bagi kelancaran bisnismu. Unggahlah konten-konten promosi di jam yang tepat sehingga peluang konten ditonton oleh banyak audiens akan semakin besar. 

    7. Pasang Iklan di Platform TikTok

    Platform TikTok ini ternyata juga memiliki fitur TikTok Ads. Melalui fitur ini, kamu bisa mempromosikan bisnis atau produk secara efektif. Ini menjadi salah satu tips usaha online pemula yang wajib dicoba demi mendapatkan banyak pelanggan.

    Jenis iklan yang bisa dipilih sangat beragam mulai dari pre-roll ads, in-feed ads, promoted hashtag challenges, juga branded effects. Pilih jenis iklan yang sesuai kebutuhan juga pas dengan bujet.

    Itulah tadi 7 tips usaha online yang bisa kamu terapkan. Kalau sudah dapat banyak pelanggan dan keuntungan melimpah, segera sisihkan untuk investasi. Alokasikan dana investasimu ke platform investasi Amartha yang menawarkan bagi hasil hingga 15% flat per tahun.

    Yuk investasi sekarang!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here